Unsur Unsur Budaya : Contoh, Pengertian dan Penjelasan Singkat

By | 6 October 2020
Unsur Unsur Budaya

Unsur Unsur Budaya – Budaya merupakan suatu kebiasaan yang diwarisi secara turun temurun dari generasi ke generasi. Biasanya hanya berlaku di suatu daerah tertentu dan hanya dipahami oleh masyarakat daerah tersebut. Namun seiring berjalannya waktu unsur unsur budaya yang biasanya tertutup sudah mulai bisa dilihat bahkan dipelajari oleh dunia asing.

Sebagai suatu pemikiran tidak heran jika budaya mengalami perkembangan. Ada banyak jenis budaya seperti, budaya daerah, budaya membaca, budaya menulis, dll. Hal ini dikarenakan budaya sendiri yang memiliki arti singkat yakni kebiasaan. Sehingga sering digunakan dalam istilah yang mengandung kebiasaan. Namun apakah arti budaya yang sebenarnya?


Pengertian Budaya

Unsur Unsur Budaya

Kata budaya dipercaya berawal dari Buddhayah yang berasal dari bahasa sanksekerta. Buddhayah sendiri merupakan kata jamak dari budi yang bisa juga berarti akal sehat. Kata yang bersifat jamak ini memiliki arti semua hal yang terkait dengan akal sehat, dan pikiran manusia serta kebiasaan yang sering dilakukan oleh manusia.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa budaya atau tradisi berasal dari bahasa latin yakni colore. Colore sendiri berarti mengatur atau mengerjakan. Sehingga budaya bisa berarti cara hidup sekelompok orang di dalam suatu daerah yang dipahami secara bersama. Semua hal itu dilakukan secara turun temurun berdasarkan tradisi tanpa berpikir lebih lanjut, dan hanya berdasar keyakinan yang ada.

Baca Juga: Budaya Politik


Wujud Budaya

Unsur Unsur Budaya

Setelah membahas definisi dari Budaya sekarang membahas perwujudan dari budaya itu sendiri. Penjelmaan atau perwujudan budaya ini terdiri dari sebuah hal yang bisa diamati oleh para anggota budaya. Hal yang biasanya dapat diamati adalah bagaimana anggota dari suatu budaya mengekspresikan, menegaskan, dan mengomunikasikan isi dari budaya yang ada.

Ketiga hal tersebut biasanya dituangkan dalam gagasan, aktifitas, serta hasil dari perwujudan budaya. Gagasan yang berarti pemikiran dapat memunculkan sebuah pola pikir, dari sinilah terwujud suatu kebiasaan yang nantinya akan menjadi sebuah tradisi dan budaya. Selain itu gagasan juga menjadi implementasi dari mengekspresikan suatu budaya.

Selanjutnya adalah aktifitas. Implementasi ini sejalan dengan perwujudan budaya yakni berkomunikasi. Keaktifan masyarakat untuk tetap menggunakan budaya daerahnya membuat budaya ini tetap terwujud baik dalam bentuk kegiatan maupun dalam bentuk lisan. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan serta komunikasi yang dilakukan bersama-sama oleh masyarakat.

Hal terakhir dari perwujudan budaya adalah penegesan. Penegasan ini biasanya diberikan dalam bentuk hasil budaya. Hasil budaya ini dapat berupa unsur unsur budaya yang akan dibahas dalam bahasan selanjutnya. Namun bentuk paling nyata dan terkenal dari hasil budaya biasanya adalah kesenian.

Baca Juga: Akulturasi Budaya


Unsur Unsur Budaya

Unsur Unsur Budaya

Setelah membahas beberapa wujud budaya maka sekarang saatnya membahas unsur unsur budaya. Unsur-unsur ini biasanya merupakan hasil budaya yang terdapat dalam aspek perwujudan budaya. Beberapa faktor tersebut diantaranya.

1. Simbol

Setiap budaya pasti diisi dengan simbol atau suatu hal yang mewakili sesuatu lainnya. Beberapa simbol biasanya benar-benar digunakan sebagai komunikasi nonverbal. Bahkan sebuah simbol faktanya dapat menjadi materi dari suatu hal. Berkomunikasi melalui bahasa simbolik juga dipercaya dapat membuat interaksi sosial menjadi lebih mudah.

2. Bahasa

Selanjutnya adalah hal yang paling penting dari penggunaan simbol pada tingkat yang lebih lanjut adalah bahasa. Bahasa dinilai sebagai unsur budaya yang paling penting karena berfungsi sebagai alat komunikasi. Dengan bahasa manusia dapat menyampaikan budaya yang ada, sehingga budaya tersebut dapat diadaptasi dan terus berlanjut.

3. Norma

Budaya biasanya memiliki perbedaan yang besar dalam norma yang berlaku, atau standarisasi berperilaku yang diharapkan. Norma biasanya dibagi menjadi dua jenis yakni norma tertulis, dan tidak tertulis. Biasanya norma yang tidak tertulis juga sering disebut dengan adat istiadat dan kebiasaan.

4. Pengetahuan

Unsur unsur budaya selanjutnya adalah pengetahuan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa budaya merupakan akal pikiran manusia, maka dari pola pemikiran ini akan terbentuk sebuah pengetahuan. Pengetahuan ini nantinya yang akan menjadi dasar perbuatan sekelompok manusia yang menjadi anggota budaya.

5. Sistem Religi (Ritual)

Berbeda budaya tentu berbeda juga ritual keagamaan yang ada. Seperti yang diketahui bahwa ritual merupakan ceminan, serta dapat mengirimkan norma budaya yang ada dari satu generasi ke generasi. Sistem religi juga dapat diartikan sebagai suatu perbuatan yang teratur antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berkaitan dengan hal yang tidak dapat dijelaskan oleh akal.

6. Nilai

Unsur terpenting lainnya dari suatu budaya adalah nilai. Hal ini termasuk menilai mana yang baik dan yang buruk. Hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, hasrat mana yang termasuk ke dalam hasrat baik dan buruk. Serta hal lain yang saling berkaitan. Nilai-nilai perilaku ini sering masuk ke dalam penjelasan norma.

7. Sistem Masyarakat

Budaya yang ada menghasilkan sekelompok orang tertentu yang berbuat berdasarkan keyakinan. Pola seperti ini membentuk suatu sistem yakni sistem masyarakat, atau sistem kehidupan bermasyarakat. Jaringan bermasyarakat merupakan organisasi kerakyatan yang anggotanya merasakan kebersamaan biasanya meliputi persatuan, perhimpunan, serta perkumpulan.

8. Peralatan Hidup

Hal ini berkaitan dengan warisan budaya. Sebuah peralatan yang digunakan sehari-hari biasanya muncul dari kebiasaan cara melakukannya. Sehingga masyarakat bisa mengetahui alat apa yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan. Contoh budaya yang ada di masyarakat pesisir pantai, biasanya alat hidup yang digunakan berhubungan dengan laut. Seperti tombak, untuk menangkap ikan.

9. Sistem Mata Pencaharian

Sebuah usaha atau upaya manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan disebut mata pencaharian. Mata pencaharian ini biasanya dipengaruhi oleh budaya masyarakat setempat. Setiap mata pencaharian tersebut dapat berupa bertani, berlayar, mengumpulkan makanan, berbisnis, dan masih banyak yang lainnya.

10. Kesenian

Kesenian diartikan secara sederhana sebagai hasrat atau keinginan manusia kepada hal-hal yang bersifat indah. Wujud dari keindahan tersebut biasanya muncul dari pemikiran atau imaginasi kreatif manusia. Dengan mendapatkan barang yang bernilai seni biasanya dapat memberikan kepuasan batin tersendiri kepada seseorang.


Upaya Melestarikan Budaya

Unsur Unsur Budaya

Upaya melestarikan budaya yang ada akan memberikan manfaat besar salah satunya adalah terjaganya budaya daerah masing-masing. Faktanya tidak banyak orang yang berusaha untuk menjaga kelestarian budaya yang ada. Justru beberapa orang sudah melupakan budayanya masing. Sesungguhnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya, diantaranya.

  • Menimbulkan perasaan cinta terhadap budaya. Perasaan cinta ini nantinya diharapkan dapat menimbulkan sebuah niat untuk mengetahui, mempelajari, serta memahami budaya yang ada. Dari hal ini diharapkan budaya tersebut tidak kehilangan pamor, dan penggemar serta masih terjaga keberadaannya.
  • Melihat Jejak Budaya. Di masa modern sekarang masyarakat lebih senang menghabiskan waktunya di pusat perbelanjaan dibandingkan museum. Salah satu penyebabnya mungkin karena anggapan bahwa museum merupakan tempat yang membosankan. Tapi sekarang, banyak museum di Indonesia yang menyajikan pertunjukan budaya dalam kemasan yang menarik dan tidak membosankan.
  • Mengenalkan Budaya. Mempromosikan budaya asli Indonesia kepada masyarakat dunia luar bukanlah hal yang sulit, apalagi di zaman sekarang. Masyarakat bisa memanfaatkan fitur media sosial dan mengenalkan budayanya kepada dunia luar. Bila sebuah budaya sudah populer baik di dalam maupun di luar negeri maka budaya tersebut akan secara otomatis dinobatkan menjadi warisan budaya oleh lembaga yang berwenang.

Budaya yang merupakan kebiasaan lama warisan nenek moyang tentu harus dijaga keberadaannya. Hal itu tentu dapat dilakukan dimulai dari menjaga unsur unsur budaya yang ada. Sehingga tidak usah merasa kesulitan dalam melestarikan budaya yang ada.

Unsur Unsur Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.