Tujuan Pembangunan Berkelanjutan : Manfaat dan Penjelasan Singkat

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan – Memasuki era serba digital seperti ini, dengan pertumbuhan penduduk yang menjadi perhatian penting pemerintah. Dimana saat ini sudah banyak sekali lahan digundulkan untuk pemenuhan tempat tinggal bagi ledakan penduduk ini. Sangat disayangkan jika populasi manusia meningkat tapi lingkungan rusak. Padahal tujuan pembangunan berkelanjutan sangat menyoroti masalah ini.

Padatnya penduduk juga berdampak pada semakin semakin beragamnya kebutuhan, meningkatnya aktivitas ekonomi dan semakin luasnya areal industri juga berdampak buruk pada lingkungan. Dimana dalam industri dikenal dengan pemusatan area yang akan menimbulkan banyak sekali polemik, seperti kerusakan lingkungan dan polusi udara.

Untuk itulah diperlukan adanya perhatian khusus untuk menangani masalah yang menjadi masalah besar ini. Perlu adanya pembaruan serta peran serta untuk turut menjaga apa yang alam telah sediakan dengan sangat berlimpah. Itu semua bisa dilakukan dengan menerapkan kebijakan pembangunan berkelanjutan.


Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Contoh Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan merupakan pemanfaatan sumber daya untuk kebutuhan sekarang, tetapi tetap memperhatikan kelestariannnya. Kelestarian ini dimaksudkan agar potensi sumber daya tidak hilang dan tetap mampu dimanfaatkan oleh generasi mendatang. Pembangunan berkelanjutan berkaitan erat dengan pembangunan ekonomi, dimana untung tanpa menghabiskan modal alam.

Baca Juga: Tujuan Prakerin


Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Contoh Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan

Dalam menjalankan sesuatu haruslah berdasarkan prinsip, apalagi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang mencakup banyak pihak. Adapun prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan program pembangunan berkelanjutan, berupa keseimbangan ekologi, peran serta masyarakat, ekonomi, dan prinsip pemerataan.

Prinsip pemerataan sendiri adalah adanya pemerataan. Ini menjadi tujuan utama dari pembangunan berkelanjutan, hal ini dianggap mampu meminimalisir masyarakat baik secara ekonomi, budaya, dan sosial. Serta mampu memberikan kesempatan yang sama bagi masyarakat untuk mengambil peran serta.

Prinsip ekonomi, pada pembangunan berkelanjutan menitikberatkan kepada bagaimana untuk meningkatkan keahlian para pekerja dalam bersaing secara ekonomi. Dalam hal ini, tentang bagaimana pekerja mendapatkan pekerjaan yang layak, serta meningkatkan kemampuan dalam hal membangun infrastruktur.

Prinsip ekologi adalah sebuah prinsip dimana menekankan pada kelestarian lingkungan. Pembangunan harus berpegang pada keberlanjutan dan kelangsungan alam itu sendiri. Dimana dalam pelaksanaannya tidak boleh ada eksploitasi dan berpotensi merusak lingkungan sekitar.

Dalam pelaksanaannya, pembangunan berkelanjutan haruslah mengikutsertakan segala pihak. Dimana pemerintah berperan sebagai fasilitator yang dilakukan dengan optimalisasi peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Baca Juga: Tujuan Otonomi Daerah


Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Contoh Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan

Suatu program yang dilaksanakan pastilah memiliki tujuan dan maksud yang ingin dicapai. Begitu pun dengan pembangunan berkelanjutan, kebijakan ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan dan kemakmuran orang banyak. Serta harus berdasarkan asas keberlanjutan. Adapun tujuan dari otonomi daerah adalah :

1. Membentuk Pola Perilaku Dalam Mengolah Sumber Daya Alam

Tujuan pembangunan berkelanjutan yang pertama adalah adanya pengetahuan tentang bagaimana seharusnya alam diperlakukan. Artinya, manusia mengambil manfaat tapi tidak lupa menjaga kelestariannya untuk dimanfaatkan dalam jangka panjang. Adanya prinsip pembangunan berkelanjutan ini membuat masyarakat tahu bagaimana mengolah sumber daya alam dengan baik.

2. Mendayagunakan Teknologi

Dalam memajukan sebuah program berskala besar, tidak hanya membutuhkan sumber daya modal dan manusia mumpuni. Akan tetapi juga membutuhkan adanya kemampuan menggunakan teknologi terbarukan agar pembangunan berkelanjutan dapat berjalan dan menghasilkan impact yang besar bagi kehidupan masyarakat banyak.

3. Kesehatan Dan Pemenuhan Nutrisi

Seperti kita ketahui bahwa pembangunan berkelanjutan berbicara tentang bagaimana infrastruktur bisa bermanfaat dan berdasarkan pada hak asasi manusia, pemenuhan nutrisi, lingkungan hidup dan pembangunan sosial. Hal itu sangat penting dan menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah disepakati sebelumnya oleh pihak terkait.

4. Pendidikan Merata Diseluruh Daerah

Bukan hanya sebagai sarana mewujudkan pembangunan berkelanjutan, tetapi sebaliknya pembangunan ini diharapkan mampu menjadikan pendidikan merata di seluruh wilayah negara. Pendidikan adalah usaha sadar agar bagaimana nantinya masyarakat mampu mengembangkan kehidupan berkelanjutan di masa depan.

5. Kesetaraan Gender

Ruang publik tidak diperuntukkan untuk kaum laki-laki saja, tetapi kaum perempuan punya tempat untuk menggapai hak-hak universal. Hak ini menyangkut banyak hal, salah satunya kehidupan yang lebih layak. Inilah yang menjadi salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan, bagaimana perempuan juga mampu mengambil peran dalam pembangunan.

6. Ketersediaan Air dan Sumber Daya Yang Berkesinambungan

Seperti dua sisi uang koin, ketersediaan sumber daya mendukung pembangunan, dan pembangunan berkelanjutan akan menjaga kelestarian sumber daya. Itulah mengapa sangat diperlukan ilmu tentang bagaimana mengolah dan memanfaatkan segala potensi dan kekayaan yang dimiliki negara.

7. Akses Energi Yang Berkesinambungan,Terpercaya, dan Terjangkau

Seperti yang telah disepakati sebelumnya, bahwa pembangunan berkelanjutan harus memberikan masyarakat akses akan air minum yang terjangkau. Bukan hanya mengambil air atau sumber daya alam begitu saja tanpa adanya pengelolaan lanjutan. Karena hal itu akan mengakibatkan air perlahan akan menjadi langka.

8. Membangun Infrastruktur Yang Berkesinambungan Dan Relevan Dengan Kebutuhan

Selanjutnya adalah tentang pembangunan itu sendiri, pemerintah sebagai penggerak utama dari pembangunan berkelanjutan ini haruslah bijak. Dalam hal ini membangun negara sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dasar atau urgent dari masyarakat itu sendiri. Bukan pada kuantitas pembangunan, tetapi pada kualitas.

9. Tata Kelola Kota Yang Baik

Sebuah daerah apalagi dihuni oleh banyak manusia haruslah dibangun melalui banyak pertimbangan. Bagaimana daerah itu dapat menghasilkan, ataukah dengan pembangunan malah akan merusak ekosistem sekitarnya. Ini terkait dengan dampak jangka panjang, dimana jika dalam pengelolaan kota tidak menerapkan sistem berkelanjutan, maka akan rusaklah lingkungan.

10. Untuk Menekan Angka Kemiskinan

Tujuan utama pembangunan berkelanjutan adalah adanya kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat. Tentunya standar dari sebuah kesejahteraan negara tergantung lada kecilnya angka kemiskinan itu sendiri. Jika pembangunan berkelanjutan berjalan sesuai dengan prosedur yang ada, maka segala tujuan akan tercapai.


Contoh Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan

Contoh Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan

Dalam pembangunan berkelanjutan sendiri, ada 3 sektor utama yang menjadi pilar. Yaitu sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan. Ketiga sektor ini memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Yang dimana apabila sektor ekonomi berjalan lancar maka akan mempengaruhi kelancaran sektor yang lainnya pula.

Seperti pembangunan infrastruktur, pemanfaatan teknologi terapan, membangun rumah ramah lingkungan. Dalam hal pembangunan sosial itu seperti pemerataan pendidikan, peningkatan layanan kesehatan masyarakat, sanitasi yang aman dan terjangkau.

Poin penting dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan ini adalah, adanya inovasi, teknologi, kewirausahaan. Ketiga poin berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan kesejahteraan ekonomi. Sedangkan inovasi didapatkan melalui institusi.

Institusi terkait yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berinovasi adalah institusi pendidikan. Pendidikan diharapkan mampu membentuk karakter dan menumbuhkan jiwa wirausaha dalam setiap diri generasi.

Itulah mengapa segala pembangunan harus berasaskan pada kesinambungan, bukan hanya pemenuhan pada saat sekarang tetapi juga mampu dimanfaatkan dimasa yang akan datang oleh generasi selanjutnya.

Itulah tadi Beberapa informasi mengenai tujuan pembangunan berkelanjutan dan banyak aspek lainnya. Semoga artikel ini mampu menjadi referensi bagi semua orang.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published.