Tujuan Hukum Dan Pendapat Dari Para Ahli

Tujuan hukum – Dalam kehidupan bernegara tentu kata sangat membutuhkan sebuah aturan yang harus ditaati oleh setiap warga negara agar tercipta kerukunan serta ketentraman. Aturan yang dibuat harus disesuaikan dengan keadaan suatu negara untuk mencapai tujuan yang baik.

Setiap warga negara wajib mentaati peraturan tersebut dan apabila melanggar akan ada konsekuensi yang harus di terima. Peraturan tersebut sering kita sebut dengan hukum. Indonesia adalah salah satu negara yang menjunjung tinggi hukum yang berlaku.

Hukum harus bersifat adil dan tidak memihak agar dapat mencapai keadilan untuk setiap orang atas haknya masing-masing. Setiap warga negara harus mengetahui apa tujuan dari hukum dan berikut akan dijelaskan tentang tujuan hukum.

Tujuan Hukum

Tujuan Hukum

Tujuan Hukum

Hukum adalah sebuah norma yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat. Norma ini dibuat agar tercipta keteraturan dalam masyarakat serta perlindungan atas hak setiap orang. Selain itu hukum juga mempunyai tujuan.

Dalam literaturnya hukum mempunyai dua teori yang mengacu pada tujuan yaitu Teori Etis dan Teori Utilities. Teori Etis adalah teori yang berdasarkan pada etika. Pada teori ini isi hukum ditentukan oleh keyakinan tentang keadilan dan tidak.

Dalam teori etis, tujuan hukum ialah semata-mata untuk mencapai keadilan dan memberikan hak kepada setiap orang. Hukum mempunyai tujuan yang universal seperti menciptakan ketentraman, ketertiban, serta kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan adanya peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat ini diharapkan setiap perkara dapat diselesaikan dengan baik melalui perantara Hakim dan Pengadilan. Hukum juga mengatur agar setiap orang tidak merampas hak orang lain dan menghakimi dirinya sendiri serta orang lain.

Sedangkan menurut Teori Utilities, hukum bertujuan untuk memberikan faedah sebanyak-banyaknya kepada seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Karena pada hakikatnya hukum harus mempunyai manfaat serta menciptakan keadilan dan kebahagiaan untuk semua orang. Selain itu hukum juga mempunyai tujuan lain yaitu:

  1. Mendatangkan kemakmuran karena setiap orang pasti mempunyai tujuan
  2. Memberi petunjuk serta mengatur kehidupan seseorang dalam masyarakat
  3. Menciptakan kehidupan yang damai
  4. Menjamin atas hak seseorang
  5. Sebagai sarana penggerak dalam sebuah pembangunan
  6. Sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan

Selain itu berikut akan dijelaskan pula tujuan hukum menurut beberapa ahli :

  1. Aristoteles

Aristoteles mempunyai teori tentang tujuan hukum yang disebut Teori Etis. Pada teorinya Aristoteles mengatakan bahwa tujuan hukum semata-mata adalah untuk mencapai keadilan. Artinya adalah memberikan hak kepada setiap orang atas apa yang telah menjadi haknya. Teori ini disebut Teori Etis karena isi hukum ditentukan oleh kesadaran etis tentang segala sesuatu yang dianggap adil dan tidak adil.

  1. Jeremy Bentham

Jeremi Bentham memiliki teori tentang tujuan hukum yang disebut dengan Teori Utilitis. Pada teorinya Jeremy Bentham mengatakan bahwa tujuan hukum adalah untuk mencapai kemanfaatan. Ini berarti hukum harus menjamin kebahagiaan bagi semua orang.

  1. Geny (D.H.M. Meuvissen: 1994)

Menurut Geny tujuan hukum adalah untuk mencapai sebuah keadilan. Keadilan juga harus memiliki unsur kepentingan daya guna dan kemanfaatan.

  1. Van Apeldorn

Menurut Van Apeldorn tujuan dari hukum adalah mengatur kehidupan manusia agar tercipta damai. Hukum harus menghendaki perdamaian dengan cara melindungi kepentingan hukum manusia. Kepentingan hukum manusia yaitu merasa dilindungi atas kehormatan, kemerdekaan jiwa, serta harta bendanya dari tindakan orang yang berniat merugikan.

  1. Profesor Subekti S.H.

Menurut Profesor Subekti tujuan hukum adalah menyelenggarakan keadilan dan ketertiban agar tercipta kemakmuran dan kebahagiaan

  1. Purnadi Dan Soerjono Soekanto

Menurut Purnadi dan Soerjono Soekanto tujuan hukum adalah menciptakan perdamaian yang meliputi ketertiban serta ketenangan antar pribadi masing-masing orang.

Leave a Reply