Tujuan ASEAN : Sejarah, Manfaat dan Latar Belakang Berdirinya

By | 13 September 2020
Tujuan ASEAN

Tujuan ASEAN – ASEAN atau singkatan dari Association of South East Asian Nations kini sudah berdiri selama lebih dari lima puluh tahun. Selama bertahun-tahun tersebut

Negara-negara anggotanya terus berupaya untuk menjaga apa yang menjadi tujuan ASEAN yang sudah disepakati. Dalam perkembangannya, negara-negara anggota ASEAN juga terus meningkatkan peran organisasi tersebut.


Latar Belakang Pembentukan ASEAN

Tujuan ASEAN

ASEAN sudah berdiri lebih dari lima puluh tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 1967. Sebuah organisasi antar negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini berdiri didasari karena banyaknya kesamaan nasib yang dialami, terutama pada masa penjajahan. Negara-negara Asia Tenggara merasa perlu membentuk suatu organisasi yang mampu memajukan kesejahteraan.

Persamaan letak geografis di kawasan Asia bagian tenggara yang sangat strategis, sehingga perlu diadakan organisasi agar dapat meningkatkan keamanan untuk menghindari gesekan antar negara, juga menjadi alasan yang melandasi berdirinya ASEAN. Akhirnya pada tanggal 8 Agustus 1967 ada lima negara yang membuat sebuah kerja sama yang dikenal sebagai Deklarasi Bangkok.

Baca Juga: Tujuan Hidup


Tujuan Pembentukan ASEAN

Tujuan ASEAN

Sama seperti berbagai organisasi antar negara yang ada di dunia seperti PBB, ASEAN juga memiliki berbagai tujuan-tujuan tertentu. Berbagai prinsip dibuat agar tujuan ASEAN dibentuk tetap terjaga dan terus dilaksanakan oleh negara-negara anggotanya. Adapun beberapa tujuan pembentukan ASEAN yang disepakati oleh anggota-anggotanya antara lain.

1. Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi, Sosial, dan Perkembangan Kebudayaan

Negara-negara ASEAN memiliki kesamaan nasib, yakni menjadi bekas negara jajahan. Karena itu, ASEAN kemudian dibentuk untuk mempercepat pembangunan dan ekonomi terutama di kawasan Asia Tenggara agar tidak tertinggal dengan negara-negara di belahan dunia yang lain. Selain itu, dengan adanya ASEAN juga diharapkan tercipta kerja sama yang saling menguntungkan di bidang pembangunan dan ekonomi.

2. Meningkatkan Perdamaian dan Stabilitas Regional

Berada di kawasan Asia Tenggara yang menjadi pintu bagi setiap pelayaran perdagangan di seluruh dunia, membuat lokasinya yang strategis ini sangat rawan terjadi konflik. Konflik yang biasa terjadi adalah konflik wilayah antar negara tetangga. Untuk menghindari hal ini, ASEAN kemudian dibentuk sebagai wadah untuk terus menjaga perdamaian terutama di kawasan Asia Tenggara.

Berkat adanya ASEAN sendiri, berbagai konflik wilayah yang terjadi bisa diselesaikan tanpa harus melalui peperangan. Salah satunya adalah konflik pulau perbatasan antara Indonesia dan Malaysia beberapa waktu yang lalu. Melalui sebuah penyelesaian yang baik, konflik-konflik yang terjadi diharapkan selesai dengan solusi-solusi terbaik tanpa melalui peperangan yang justru merugikan.

3. Kerja Sama Yang Baik Dan Saling Membantu Pada Berbagai Bidang

Berdasarkan persamaan nasib pada berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi dan kesejahteraan, perlu dibentuk sebuah kerja sama yang baik agar terjadi peningkatan pada regional Asia Tenggara. Kerja sama yang baik dan saling menguntungkan tentu mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan ASEAN yang sudah disepakati.

Berbagai kerja sama dalam berbagai bidang untuk saling membantu terus dilakukan, terutama pada bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sosial. Dengan adanya kerja sama yang baik dan saling menguntungkan negara-negara di Asia Tenggara, peningkatan taraf ekonomi dan sosial negara-negaranya bisa tercapai.

4. Peningkatan Bidang Pelatihan dan Pendidikan

Untuk mencapai tujuan agar terjadi peningkatan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, negara-negara ASEAN melakukan kerja sama terutama di bidang pelatihan dan pendidikan. Salah satu bentuknya adalah kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. Negara Indonesia mengirimkan guru ke negara Malaysia, sehingga Malaysia bisa belajar dari perkembangan Indonesia kala itu.

Selain itu, beberapa kerja sama di bidang pendidikan lainnya tampak dari kerja sama yang saling menguntungkan antara beberapa universitas di Asia Tenggara. Berbagai beasiswa dan pertukaran pelajar kerap dilaksanakan, sehingga mahasiswa bisa belajar tentang budaya dan pendidikan di negara lain. Kerja sama seperti ini tidak akan terjadi tanpa adanya sebuah tujuan yang baik dan saling menguntungkan.

5. Pemanfaatan Industri Di Berbagai Bidang

Sejak semula dibentuk, ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi bagi negara anggotanya. Tujuan ASEAN yang sangat baik ini dapat terlihat dan tercapai melalui kerja sama dalam pemanfaatan dan pengembangan industri di berbagai bidang, terutama bidang pertanian. Hal ini karena mayoritas negara-negara di Asia Tenggara sangat mengandalkan bidang pertanian sebagai komoditas utama.

Pengembangan, penelitian, dan kerja sama di bidang industri pertanian terus dilakukan mampu meningkatkan pendapatan negara dari bidang pertanian. Penelitian untuk pengembangan teknologi juga tidak luput dari kerja sama tersebut.


Negara Anggota ASEAN

Tujuan ASEAN

Pada tanggal 8 Agustus 1967, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina mengadakan sebuah pertemuan dan menghasilkan sebuah deklarasi yang dikenal sebagai Deklarasi Bangkok. Deklarasi Bangkok ini kemudian menjadi latar belakang lahirnya asosiasi negara-negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Sementara tanggal disepakatinya deklarasi tersebut dijadikan sebagai tanggal lahir ASEAN.

Total kini ASEAN terdiri dari sepuluh negara anggota. Brunei Darussalam memutuskan untuk bergabung bersama pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam kemudian menyusul bergabung pada tanggal 28 Juli 1995 yang disusul oleh Laos dan Myanmar pada tanggal 23 Juli 1997. Kamboja menjadi negara kesepuluh yang bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Baca Juga: Tujuan Hukum


Kerja Sama ASEAN Dengan Negara Asia Lain

Tujuan ASEAN

Demi mencapai berbagai tujuan ASEAN yang telah disepakati, maka diperlukan kerja sama dengan beberapa negara-negara yang kuat. Baik itu kuat secara finansial, politik, maupun militer, dengan harapan dapat meningkatkan taraf ekonomi negara-negara ASEAN.

1. Jepang

Sebagai salah satu negara yang kuat tidak hanya di Benua Asia saja melainkan di dunia, kerja sama dengan Jepang tentu diharapkan mampu membawa berbagai keuntungan positif. Kekuatan teknologi Jepang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dimanfaatkan oleh ASEAN untuk mencapai tujuan terutama bidang pengembangan, penelitian, pendidikan, dan teknologi.

Selain itu Jepang dikenal masih memiliki kedekatan dengan berbagai negara di wilayah Asia Pasifik. Hal ini tidak bisa dilepaskan karena Jepang sempat menguasai wilayah tersebut pada perang dunia kedua. Karena hal tersebut, Jepang merasa harus memberikan kestabilan di wilayah regional Asia Pasifik, termasuk dalam hal pengembangan teknologi dan energi.

2. Tiongkok

Tiongkok saat ini menjadi salah satu poros kekuatan ekonomi dunia. Bahkan Amerika Serikat juga menganggap Tiongkok sebagai pesaing terkuatnya. Tiongkok juga dianggap akan menjadi kekuatan terkuat di masa depan, karena itu kerja sama di bidang ekonomi dengan Tiongkok akan sangat baik bagi peningkatan taraf ekonomi negara-negara ASEAN.

Tujuan utama Tiongkok ke depan yang terfokus pada pengembangan ekonomi negara Asia tentu sesuai dengan tujuan ASEAN. Kekuatan finansial ekonomi dan pembangunan Tiongkok diharapkan mampu menular pada negara-negara ASEAN setelah terjadi kerja sama.

3. Korea Selatan

Memiliki grafik perkembangan tercepat, Korea Selatan sangat menjanjikan sebagai rekan kerja sama bagi negara-negara ASEAN. Peningkatan di bidang teknologi informasi Korea Selatan yang cukup pesat juga membuat negara-negara ASEAN bekerja sama dalam bidang ini. Kerja sama dengan Korea Selatan juga meningkatkan perdagangan di antara ASEAN dan Korea Selatan.

Angka perdagangan antara ASEAN dan Korea Selatan terus meningkat sejak kali pertama bekerja sama. Hal ini disambut baik oleh Presiden Korea Selatan dan berencana untuk semakin meningkatkan kerja sama dengan ASEAN. Selain itu, kerja sama antara ASEAN dengan Korea Selatan juga merambah ke bidang budaya dan pendidikan.

Penguatan kerja sama antar anggotanya mutlak diperlukan untuk memenuhi setiap tujuan ASEAN di berbagai aspek. Indonesia, sebagai salah satu pendiri dan anggotanya juga turut serta berpartisipasi aktif dalam organisasi antar negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

Tujuan ASEAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.