Tugas Wali Kelas : Menurut Permendikbud dan Strategi yang Baik

Tugas Wali Kelas

Tugas Wali Kelas – Setiap tingkatan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA/K selalu ada guru yang diberi tugas menjadi seoarng wali kelas. Menjalankan tugas wali kelas dengan baik sangat berpengaruh pada lancarnya proses pendidikan peserta didik karena wali kelas memiliki tugas administrasi sekaligus komunikasi kepada siswa dan juga wali murid.


Siapa Wali Kelas Itu?

Tugas Wali Kelas

Wali Kelas sebenarnya adalah guru sebagaimana ia memiliki tanggungjawab mengajar sesuai dengan mata pelajarannya, akan tetapi mereka memiliki tugas tambahan untuk mengelola sebuah kelas. Lingkup mengelola kelas ini bisa berupa mengelola administrasinya, melakukan pembimbingan dan monitoring terhadap perilaku siswa anggota kelas, berkomunikasi dengan pihak wali murid terkait siswanya.

Baca Juga: Tugas Perkembangan Remaja


Tugas Wali Kelas

Tugas Wali Kelas

Secara umum terbagi menjadi 4 fungsi dasar penyiapan kelas, pendampingan dan monitoring siswa, dokumentasi dan pencatatan, dan fungsi komunikasi dan informasi. Berikut ini penjelasannya :

1. Melakukan Kesiapan Kelas

Sebuah kegiatan belajar di kelas dapat berjalan dengan baik apabila kelas tersebut dapat secara kondusif terkondisikan siap dalam menerima kegiatan belajar mengajar. Kesiapan tersebut biasanya diwujudkan dalam berbagai hal mulai dari kesiapan siswa, kesiapan perangkat dokumentasi pembelajaran (presensi), kesiapan perangkat pembelajaran kelas (spidol, papan, proyektor, kebersihan kelas, dll).

Oleh karena itu butuh adanya pihak yang menjalankan fungsi-fungsi itu. Tugas Wali kelas sebagai pengelola kelas memiliki tanggungjawab agar perangkat-perangkat persiapan itu bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini wali kelas bertanggungjawab menyiapkan kelengkapan pengurus kelas sepeti ketua kelas, sekretaris petugas piket, dll.Agar membantu proses berjalannya belajar yang kondusif.

Berikut tugas yang biasanya terkait dengan pengelolaan kelas:

  • Membentuk pengurus kelas: ketua kelas, sekretaris, piket dll
  • Memastikan adanya perangkat pencatatan seperti papan presensi, buku presensi, denah duduk siswa, dll
  • Menggerakkan ungsi-fungsi pengurus kelas agar bergerak sesuai tugasnya

2. Melakukan Pendampingan dan Montoring Siswa

Tugas wali kelas yang selanjutnya adalah terkait dengan pendampingan dan monitoring siswa anggota kelas. Di sini wali kelas menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang bertugas membimbing, mengarahkan dan memotivasi siswa-siswa anggota kelasnya agar bersemangat untuk berprestasi dan membantu anggota kelasnya untuk menghadapi hambatan umum belajar selama di sekolah.

Biasanya dalam proses pendidikan di sekolah terdapat kegiatan-kegiatan yang menunjang selain kegiatan belajar di kelas. Semisal kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan OSIS, kegiatan lomba, dan lain sebagainya. Dalam hal ini tugas wali kelas memotivasi siswanya untuk ikut aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan itu.

Terkait dengan tugas ini wali kelas juga bertugas untuk membimbing para anggota kelasnya agar bertindak sesuai dengan tata tertib sekolah serta menjaga sopan santun dan tata krama selama di sekolah. Dengan demikian wali kelas diharapkan dapat memonitor perkembangan perilaku anggota siswanya.

Selain itu wali kelas juga diharapkan mengetahui kondisi siswa, termasuk hal-hal yang mungkin menghambat pembelajaran agar dapat dibantu agar belajar siswa tidak terganggu. Misal terkait dengan kondisi ekonomi, hambatan psikologis, gangguan terhadap bullying dan lain-lain. Wali kelas dapat berkoordinasi dengan wali murid, bimbingan konseling dan kepala sekolah.

Berikut ini adalah tugas yang biasanya terkait dengan tugas mendampingi dan memonitor siswa :

  • Memotivasi untuk terlibat dalam kegiatan sekolah
  • Mengajak siswa untuk berperilaku sesuai peraturan sekolah, sopan santun dan tata krama yang berlaku
  • Membantu hambatan-hambatan umum siswa anggota kelasnya selama belajar di sekolah
  • Memonitor kondisi anggota kelasnya mulai ketertiban, kedisiplinan, potensi hal yang mengganggu belajar dari anggota kelasnya

3. Melakukan Dokumentasi, Pencatatan Terkait Kelas

Tugas wali kelas juga terkait dengan pencatatan atau dokumentasi mengenai kelas. Pencatatan dan dokumentasi ini menjadi penting sebagai sarana bagi wali kelas serta bagi sekolah dan orang tua untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa.

Pekerjaan pencatatan yang menjadi tugas wali kelas antara lain:

  • Membuat Denah Siswa
  • Mengumpulkan presensi siswa
  • Mencatat Jurnal kelas
  • Mencatat perpindahan (mutasi) peserta didik
  • Mengisi laporan hasil belajar peserta didik
  • Mencatat perkembangan belajar peserta didik

4. Sebagai Sumber Informasi dan Komunikasi

Tugas berikutnya bagi wali kelas adalah sebagai sumber informasi terkait kondisi kelas. Tugas wali kelas ini sangat berguna bagi kesinambungan pendidikan antara di sekolah dan di rumah yang mana yang menjadi subyek pendidik adalah orang tua.

Selain itu juga berguna bagi Kepala Sekolah untuk input data yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan sekolah. Wali kelas memiliki tugas melaporkan kondisi kelas kepada kelapa sekolah, sehingga kepala sekolah dapat memonitor kondisi kelas maupun sekolah secara umum.

Terkait dengan tugas ini, wali kelas juga dapat menjalin komunikasi dengan wali murid. Komunikasi itu biasanya di zaman sekarang bisa melalui adanya grup-grup komunkasi dengan wali murid maupun melalui tatap muka apabila diperlukan. Termasuk diantaranya menyampaikan hasil belajar peserta didik kepada wali muridnya.

Pekerjaan informasi dan komunikasi yang menjadi tugas wali kelas antara lain:

  • Memberikan laporan hasil belajar kepada wali murid
  • Berkoordinasi dengan wali murid terkait kondisi dan perkembangan siswa
  • Melaporkan keadaan kelas kepada Kepala Sekolah serta pihak lain seperti BK dan lainnya yang berkepentingan

Baca Juga: Tugas Operator Sekolah


Tips Menjadi Wali Kelas yang Baik

Tugas Wali Kelas

Menjadi wali kelas yang baik tidak hanya bisa dijalankan sambil lalu saja, karena tugas wali kelas bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut ini adalah tips agar bisa menjadi wali kelas yang baik.

1. Bangun Kedekatan Dengan Siswa Anggota Kelas

Ini adalah modal dasar untuk sukses menjadi wali kelas yang baik. Dengan memiliki kedekatan dengan siswa wali kelas bisa menjalankan beberapa fungsi dengan mudah. Dengan kedekatan yang dibangun kepada siswa, wali kelas dengan mudah menggerakkan siswa yang menjadi pengurus kelas agar menjalankan tugas-tugasnya.

Selain itu juga membuat siswa tidak canggung untuk curhat menyatakan kesulitan-kesulitannya dalam belajar. Selain itu kedekatan interaksi juga menjadikan peka terhadap siapa siswa yang sedang bermasalah, sehingga bisa ditindaklanjuti.

2. Gerakkan Siswa dan Pengurus Kelas Menjalankan Tugasnya

Tugas menyiapkan kesiapan kelas adalah tugas yang sangat mudah apabila pengurus kelas berjalan. Bahkan apabila ada pengurus kelas yang rajin bisa membantu proses administrasi seperti mencatat presensi, memastikan jurnal kelas terisi dan lain-lain.

3. Bekerjasama dengan Guru Lain

Memonitor kelas dan keadaan tiap siswa terkadang ada yang luput dari pengamatan wali kelas. Maka dari itu ada baiknya wali kelas juga bekerjasama dengan guru lain yang juga mengajar di kelas tersebut untuk mengetahui pendapatnya mengenai kondisi kelas. Bisa mengenai kondisi satu persatu siswa maupun kelas secara umum.

4. Rutin Komunikasi Dengan Orang Tua Siswa

Bangun komunikasi dengan wali murid tidak hanya pada saat pengambilan rapor saja, tetapi pada saat pertengahan masa belajar mengajar juga diperlukan. Dengan demikian para orang tua akan membnatu wali kelas menjalankan pendidikan terhadap anak mereka di rumah.

Kebanyakan wali murid akan sangat berterima kasih apabila komunikasi bisa terjalin dengan baik dan konsisten. Apalagi apabila terkait dengan siswa tertentu yang memang memiliki kebutuhan penanganan yang intensif.

5. Kerjakan Laporan Sebaik Mungkin

Mau tidak mau laporan menjadi salah satu tugas wali kelas yang harus diselesaikan. Laporan tertulis sebaiknya tetap dituliskan secara sungguh-sungguh karena hal itu terkait dengan penilaian keadaan yang sebenarnya, baik penilaian terhadap perkembangan belajar siswa maupun tingkat keberhasilan guru dan sekolah dalam memberikan pendidikan.

Itulah penjabaran mengenai tugas wali kelas beserta tips-tips menjadi wali kelas yang baik. Dengan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh seorang wali kelas biasanya akan menjadi guru yang senantiasa diingat oleh muridnya di kemudian hari.

Tugas Wali Kelas

Leave a Reply

Your email address will not be published.