Tugas Wakil Presiden : Wewenang dan Kewajiban Harus di Lakukan

Tugas Wakil Presiden

Tugas Wakil Presiden – Wakil presiden bersama dengan presiden dipilih oleh rakyat dalam pemilihan umum. Kedudukan wakil presiden berada di bawah presiden, dengan tugas utama membantu dan mendampingi presiden. Tugas wakil presiden sendiri cukup penting dan menjadi orang pertama yang akan menggantikan presiden jika tidak bisa memenuhi tugasnya.

Peran wakil presiden kadang disepelekan oleh sebagian orang apalagi jika sosoknya terlihat pasif. Namun wakil presiden sendiri memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari para menteri. Jadi sebenarnya posisi ini cukup penting dalam pemerintahan dan tak boleh diremehkan.


Tugas Wakil Presiden

Sebagai salah satu pembantu presiden dalam melaksanakan tugasnya, wakil presiden memiliki beberapa tugas penting. Pada pemerintahan, wakil presiden merupakan seseorang yang bertanggung jawab utama dalam menggantikan presiden dalam berbagai acara. Wakil presiden juga bisa naik jabatannya menjadi presiden saat posisi presiden tersebut kosong. Punya peran penting, berikut ini beberapa tugas wakil presiden:

1. Mendampingi Presiden

Wakil presiden bertugas mendampingi presiden saat ada acara atau even kenegaraan. Jika ada acara-acara penting, wakil presiden perlu mendampingi sosok presiden. Namun tak selalu wakil presiden hadir bersama presiden, kadang keduanya berada di tempat berbeda jika ada dua acara bersamaan. Wakil presiden biasanya mendampingi presiden di acara-acara kenegaraan seperti upacara kemerdekaan.

2. Membantu dan Mewakili Presiden

Tugas wakil presiden berikutnya yaitu membantu presiden dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negara. Pada acara-acara yang tak bisa dikunjungi presiden maka wakil presiden bisa mewakilinya. Kegiatan presiden yang cukup padat kadang tidak bisa semuanya dilakukan sendirian sehingga wakil presiden harus siap untuk bisa mewakili.

3. Melakukan Tugas Teknis Pemerintahan

Wakil presiden juga bertugas untuk melakukan tugas-tugas teknis pemerintahan. Ada banyak surat-surat yang perlu diperiksa ataupun ditandatangani. Wakil presiden perlu melakukan pemeriksaan terhadap administrasi terkait kepresidenan.

4. Melakukan Koordinasi Antar Lembaga Pemerintahan

Wakil presiden berkewajiban untuk melakukan koordinasi antara lembaga pemerintahan. Ini diperlukan agar antar lembaga bisa terjadi kerja sama yang baik. Setiap lembaga pemerintahan seharusnya bisa melaksanakan tugas yang berjalan beriringan dengan lembaga lainnya bukan bertabrakan. Oleh karena itu, sosok wakil presiden bisa berperan dalam melakukan koordinasi antar lembaga dan dinas-dinas terkait.

5. Memperhatikan dan Mengusahakan Penyelesaian Terkait Kesejahteraan Masyarakat

Rakyat yang sejahtera merupakan salah satu tujuan berjalannya sebuah pemerintahan. Sebagai wakil presiden maka wajib untuk dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Wakil presiden juga bisa mengusahakan adanya penyelesaian dengan mengusulkan program pro rakyat.

6. Melakukan Pengawasan Pembangunan

Tak hanya masalah kesejahteraan rakyat, wakil presiden bertugas melakukan pengawasan terhadap pembangunan. Di negara berkembang seperti Indonesia, pembangunan gencar dilakukan sehingga perlu diawasi agar berjalan di jalurnya. Tugas wapres yang satu ini dibantu oleh departemen-departemen lainnya.

Baca Juga: Tugas Dprd


Wewenang Wakil Presiden

Tugas Wakil Presiden

Selain memiliki beberapa tugas, wakil presiden juga memiliki wewenang. Wewenang ini merupakan hak wakil presiden dalam melakukan sesuatu atau memerintah pihak lain. Beberapa wewenang dari wakil presiden antara lain:

1. Sebagai Wakil dari Presiden

Wewenang wapres salah satunya yaitu menjadi mewakili tugas dari presiden setelah mendapatkan perintah dari presiden. Jadi wakil presiden berwenang untuk mewakili presiden dalam berbagai kesempatan setelah mendapatkan kuasa dari presiden.

2. Sebagai Pembantu Presiden

Salah satu wewenang wakil presiden yaitu membantu presiden dalam menjalankan pemerintahan berdasarkan dengan undang-undang yang berlaku. Wewenang dan tugas wakil presiden yang satu ini membuat wakil presiden bisa mendorong presiden dalam menjalankan kebijakan. Wakil presiden juga dapat membantu presiden dengan memberikan saran kebijakan baru.

3. Sebagai Pengganti Presiden

Posisi presiden bisa kosong karena beberapa hal seperti meninggal dunia, pengunduran diri, halangan, ataupun hal lainnya. Wakil presiden berwenang untuk menggantikan presiden yang tidak bisa memenuhi perannya tersebut

4. Sebagai Jabatan Mandiri

Selain peran wakil presiden yang berkaitan dengan presiden, ada juga kewenangan sebagai jabatan mandiri. Kewenangan ini misalnya wakil presiden mengisi kegiatan sebagai pembicara tanpa perlu persetujuan atau perintah dari presiden.

Baca Juga: Tugas Humas


Wakil Presiden Di Indonesia

Tugas Wakil Presiden

Indonesia merupakan negara republik yang memiliki kepala negara sekaligus kepala pemerintahan seorang presiden. Dalam melaksanakan tugasnya, presiden mendapat bantuan sosok wakil presiden. Pemilihan presiden dan wakil presiden awalnya ditunjuk langsung namun saat ini harus melalui proses pemilihan umum.

Wakil presiden pertama Indonesia ditetapkan sehari setelah kemerdekaan. Sosok yang ditunjuk yaitu Mohammad Hatta dikenal sebagai salah satu pejuang kemerdekaan. Ia kemudian dipilih oleh yang lain sebagai wakil presiden sejak tahun 1945 – 1949 dan tahun 1950 – 1956. Saat itu Indonesia harus mengalami serangan kembali oleh Belanda sehingga bentuk pemerintahan sempat menjadi republik serikat.

Jabatan wakil presiden Indonesia kembali lowong mulai Desember 1956 sampai Maret 1973. Pada masa itu terjadi pergantian presiden dari Soekarno menjadi Presiden Soeharto. Selanjutnya wapres yang ditunjuk yaitu Hamengkubuwana IX. Wakil presiden berikutnya antara lain Adam Malik, Umar W., Soedharmono, dan Try Sutrisno.

Setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 1998, Wakil Presiden BJ Habibie kemudian menggantikannya menjadi presiden. Pergantian ini sesuai dengan tugas wakil presiden. Ia menduduki jabatan presiden hanya sampai Oktober 1999. Setelah itu baru dipilih lagi presiden dan wakil presiden yang baru oleh DPR.

Wakil presiden perempuan pertama Indonesia yaitu Megawati Soekarnoputri yang menjabat dari tahun 1999 sampai 2001. Ia kemudian menggantikan posisi Presiden Abdurrahman Wahid yang dimakzulkan oleh MPR. Setelah Megawati menjadi presiden, ditunjuk Hamzah Haz sebagai wakil presiden.

Pada tahun 2004, Indonesia mengadakan pemilihan umum untuk presiden dan wakil presiden pertama kalinya. Pemenang pemilihan presiden tahun 2004 adalah Jusuf Kalla sebagai wakil presiden dan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden. Pada pemilihan tahun 2009, SBY kembali menang dengan didampingi Boediono sebagai wakil presiden.

Tahun 2014, pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla menang dalam pemilihan presiden dan wakil presiden. Jusuf Kalla kembali menduduki jabatan wapres untuk tahun 2014 – 2019. Sedangkan pada tahun 2019, wakil presiden yang akan dilantik yaitu KH. Ma’ruf Amin.


Wakil Presiden di Negara Lain

Tugas Wakil Presiden

Tugas wakil presiden di negara lain yang juga berbentuk republik secara umum sama dengan yang ada di Indonesia. Kebanyakan setiap negara memiliki satu wakil presiden namun ada beberapa yang rupanya memiliki beberapa presiden. Misalnya Iran yang memiliki 12 wakil presiden yang ditunjuk oleh presiden.

Di banyak sistem negara presidensial, wakil presiden tidak terlalu memiliki kekuatan politik. Namun sosok wapres masih menjadi anggota penting dalam kabinet. Beberapa wakil presiden di Amerika memiliki posisi sebagai President of the Senate.

Tugas wakil presiden di luar negeri juga untuk menghadiri acara yang tidak bisa dihadiri oleh presiden. Wakil Presiden Amerika Serikat misalnya sering mendatangi acara pemakaman dari pemimpin dunia untuk mewakili sang presiden. Di sistem parlementer atau semi-presidensial, wakil presiden berdampingan dengan Perdana Menteri.

Keberadaan wakil presiden ini cukup penting karena bisa meringankan tugas dari presiden. Wakil presiden juga bisa berperan aktif dalam pembangunan dan kesejahteraan rakyat dengan memberikan saran dan usulan. Peran penting tugas wakil presiden ini harus diisi oleh orang yang kompeten dan loyal sehingga presiden bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Tugas Wakil Presiden

Leave a Reply

Your email address will not be published.