Tugas Marketing : Bidang dan Tanggung Jawab yang Harus di Lakukan

Tugas Marketing

Tugas Marketing – Sebuah perusahaan sangat erat kaitannya dengan marketing, betapa tidak? Marketing memberi dampak yang besar terhadap pengenalan produk atau jasa suatu perusahaan kepada konsumen.

Perusahaan akan merekrut seseorang yang ahli marketing untuk menjalankan bisnis perusahaan. Bagi yang belum mengetahui apa itu marketing dan apa saja tugas marketing, mari simak ulasan berikut ini.


Marketing Adalah?

Tugas Marketing

Marketing merupakan proses pengenalan produk kepada konsumen melalui berbagai usaha agar produk tersebut dapat diminati oleh banyak orang. Jadi marketing tidak hanya sebatas memasarkan produk saja, tetapi juga tentang strategi penjualan dan tingkat kepuasan konsumen. Saat ini kebanyakan orang salah kaprah dalam memahami arti dari marketing, mereka beranggapan bahwa marketing sama dengan sales. Padahal sudah jelas bahwa marketing merupakan pemasaran sedangkan sales berarti penjualan.

Sebelum melakukan pemasaran produk, marketer melakukan riset pasar kepada konsumen agar dapat mengetahui kebutuhan konsumen sehingga pemasaran produk dapat dilakukan sesuai target. Marketer akan melakukan pengembangan produk, penentuan harga, melakukan promosi agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan.

Marketing sangat erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari dengan objeknya adalah seorang konsumen. Konsumen dijadikan sumber informasi yang dibutuhkan dalam menyusun strategi marketing. Karena kepuasan konsumen menjadi hal yang paling utama yang harus diperhatikan dalam kegiatan pemasaran. Loyalitas pelanggan terhadap produk perusahaan harus dijaga dengan baik dengan cara menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Baca Juga: Tugas Direktur


Fungsi Marketing

Marketing memiliki fungsi yang penting dalam suatu perusahaan, marketing menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen. Marketing menjembatani barang dari produsen agar dapat sampai kepada konsumen dengan baik. Beberapa fungsi marketing dalam suatu perusahaan antara lain :

1. Fungsi Pertukaran

Fungsi marketing yang pertama yaitu fungsi pertukaran, yang dimaksud fungsi pertukaran disini adalah konsumen dapat melakukan proses pembelian produk dari produsen dengan menggunakan uang sebagai alat tukar. Konsumen tidak hanya dapat melakukan pertukaran uang dengan produk tetapi barter antara produk dengan produk. Produk yang telah dibeli konsumen dapat digunakan sendiri maupun untuk dijual kembali.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi marketing yang kedua yaitu fungsi distribusi fisik, pada fungsi ini dilakukan pengangkutan dan penyimpanan produk. Proses pendistribusian produk dari produsen disalurkan kepada konsumen melalui jalur darat, air maupun udara. Proses pendistribusian tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Sedangkan penyimpanan produk dilakukan dengan menjaga pasokan produk pada gudang agar tidak sampai terjadi kekurangan ketersediaan produk.

3. Fungsi Perantara

Fungsi marketing yang ketiga yaitu fungsi perantara, agar produk dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen dilakukan pemasaran atau marketing sebagai perantara. Aktivitas marketing menjadi penghubung dalam kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik suatu barang. Fungsi perantara memiliki aktivitas pendukung lain diantaranya seperti pembiayaan, pencarian informasi dan pengelompokan produk dan lain-lain.


Konsep Marketing

Tugas Marketing

Seorang marketer harus benar-benar memahami apa itu marketing sebelum benar-benar terjun ke dunia marketing. Pemahaman tentang marketing akan mempermudah seorang marketer dalam menjalankan tugasnya, karena marketing memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Selain memahami apa itu marketing, seorang marketer harus memahami konsep dasar marketing, berikut ulasannya :

1. Produksi

Seorang marketer harus memahami produk yang sedang banyak dicari oleh para konsumen dengan rajin melakukan riset pasar terhadap perilaku konsumen. Selain meriset minat konsumen, marketer juga harus mengetahui harga produk yang beredar di pasaran. Hasil riset tersebut yang kemudian dapat dijadikan acuan suatu perusahaan untuk menghasilkan produk yang diminati konsumen.

2. Produk

Banyak konsumen yang memilih produk dengan melihat kualitas produk terlebih dahulu. Agar dapat menarik minat konsumen, perusahaan selalu berinovasi membuat produk-produk baru yang unik dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Selain itu perusahaan selalu melakukan peningkatan mutu dan kualitas produk demi memenuhi kebutuhan konsumen.

3. Penjualan

Konsep yang ketiga yaitu penjualan, suatu perusahaan mengenalkan produknya agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Dalam proses berjualan seorang marketer harus mempromosikan produknya agar konsumen lebih tertarik memiliki produk yang ditawarkan.

4. Pemasaran

Konsep yang terakhir yaitu pemasaran, tujuan dari marketing yaitu memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan strategi pemasaran yang baik akan meningkatkan hasil penjualan dan juga berimbas pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga dianggap tujuan marketing telah terpenuhi.

Baca Juga: Tugas Pps


Tugas Marketing

Tugas Marketing

Tak seperti sales yang tugasnya hanya berjualan, marketing memiliki tugas yang lebih kompleks. Marketing memegang kunci utama keberhasilan bisnis suatu perusahaan. Kegiatan marketing tidak hanya berfokus pada produk saja, tetapi lebih terpaku pada kepuasan konsumen. Agar lebih mengetahui tugas marketing, simak ulasan berikut ini :

1. Merencanakan Produk

Tugas marketing yang pertama yaitu merencanakan produk sebelum dipasarkan, biasanya marketer melakukan pengamatan terhadap keadaan pasar. Dari hasil pengamatan tersebut dapat diketahui minat konsumen pada suatu produk. Sehingga perusahaan dapat menjual produk yang nantinya dapat laris di pasaran.

2. Menetapkan Harga

Tugas marketing yang kedua yaitu menetapkan harga, sebelum melabeli harga suatu produk ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu harga yang laku di konsumen. Setelah mengetahui rata-rata harga di pasaran, marketing dapat memberikan range harga yang sesuai untuk produk yang akan dijual ke pasaran.

3. Merencanakan Promosi

Agar produk dikenal konsumen dilakukan kegiatan promosi, dalam kegiatan promosi biasanya dilakukan publikasi atau pengenalan produk dan pemberian promo produk. Publikasi produk ini bisa dilakukan melalui media digital maupun media cetak. Sedangkan promo produk dilakukan untuk menarik konsumen, karena biasanya konsumen lebih tertarik dengan adanya promo.

4. Merencanakan Distribusi

Setelah dilakukan promosi langkah selanjutnya yaitu melakukan perencanaan distribusi produk. Marketer harus mampu merencanakan pendistribusian produk agar produk dapat sampai di tangan konsumen tepat waktu. Masalah distribusi juga merupakan salah satu bagian yang krusial karena jika tidak direncanakan dengan baik konsumen dan perusahaan akan dirugikan.

5. Pelayanan Konsumen

Tugas inti dari marketing adalah pelayanan konsumen, seorang marketer harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan konsumen agar tercipta citra yang baik perusahaan di mata konsumen. Hubungan yang baik dengan konsumen akan meningkatkan penjualan produk perusahaan. Semakin meningkat penjualan maka semakin besar keuntungan yang diperoleh perusahaan.

6. Menghasilkan Pendapatan Perusahaan

Marketing sebagai penghasil pendapatan perusahaan dengan menjual produk yang dihasilkan perusahaan. Selain menjual produk, marketing juga harus menjaga kepercayaan konsumen agar konsumen tetap setia membeli produk yang dipasarkan. Semakin banyak produk yang terbeli maka pendapatan perusahaan juga akan semakin bertambah.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian, fungsi, konsep dan tugas marketing yang harus diketahui dan dipahami. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa marketing merupakan strategi dalam berbisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Tentunya keuntungan suatu perusahaan sangat tergantung dari proses marketing yang dilakukan. Tujuan utama marketing adalah memenuhi permintaan pasar supaya tercipta kepuasan pelanggan.

Tugas Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published.