Mengenal Pengertian Teks Tanggapan Kritis Dan Strukturnya

Teks Tanggapan Kritis – Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang teks tanggapan kritis? Di sekolah mungkin kamu pernah mempelajari tentang hal ini. Ya, materi teks tanggapan kritis memang menjadi salah satu materi pembelajaran siswa SMA kelas XI dan XII dalam kurikulum 2013.

Nah disini kita akan mencoba sedikit membahas mengenai beberapa hal tentang teks tanggapan kritis. Walaupun kamu sudah pernah mempelajarinya di sekolah, tidak ada salahnya bukan jika kembali mengulang pelajaran di sekolah dengan membaca artikel ini?

Definisi Teks Tanggapan Kritis

Sebenarnya teks seperti apakah yang dimaksud dengan teks tanggapan kritis itu? Pengertian atau definisi dari teks tanggapan kritis adalah sebuah bacaan atau tulisan yang isinya memuat tentang pendapat, ide atau gagasan yang dikemukakan oleh seseorang terhadap sebuah permasalahan yang dihadapi.

Permasalahan tersebut dapat timbul oleh karena adanya kenyataan yang ternyata berbeda dengan harapan. Permasalahan tersebut akan dikritisi oleh seseorang yang berdasar kepada fakta, alasan ataupun kenyataan yang dapat membuat orang lain diyakinkan mengenai pendapat yang kita kemukakan.

Oleh sebab itu dalam tanggapan kritis diperlukan pemahaman yang betul-betul mendalam terhadap fakta ataupun kenyataan yang dapat digunakan sebagai kekuatan untuk mengkritisi suatu hal. Tanggapan kritis yang dikemukakan bisa saja menjadi pedang bermata dua.

Artinya tanggapan tersebut bisa saja membuat pendapat lebih kuat atau justru malah sebaliknya yakni pendapat menjadi lebih lemah. Hal itu semua tergantung pada fakta atau kenyataan yang digunakan untuk mengkritisi sesuatu hal tersebut.

Pendapat Lain Tentang Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Ada juga pendapat lainnya yang mengemukakan tentang pengertian teks tanggapan kritis. Pendapat tersebut menyatakan bahwa teks tanggapan kritis adalah sebuah teks yang dibuat untuk memberikan kritikan pedas yang ditujukan kepada sebuah kesalahan.

Biasanya teks ini dipakai dalam sebuah forum yang mengharuskan kita melakukan analisa terhadap sebuah pendapat serta menerima kritik dari anggota yang lain yang memiliki perbedaan pendapat.

Nah dari berbagai pendapat di atas kita bisa menarik kesimpulan untuk merumuskan definisi teks tanggapan kritis secara sederhana. Jika disederhanakan dari berbagai pendapat di atas, teks tanggapan kritis bisa kita mengerti sebagai sebuah teks yang dibuat.

Sebagai mengkritisi atau menanggapi suatu hal atau pendapat berdasarkan referensi yang bisa menguatkan tanggapan atau kritikan yang dikeluarkan tersebut. Referensi disini sangat penting karena akan bertindak sebagai bukti dari tanggapan atau kritikan tersebut.

Lalu hal apa yang ditanggapi? Semua hal bisa ditanggapi termasuk peristiwa atau fenomena sosial yang sedang terjadi akhir-akhir ini ataupun sesuatu yang sedang viral. Intinya segala sesuatu yang mengundang kritikan atau tanggapan dapat ditanggapi dengan menggunakan teks yang berisi tanggapan kritis.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Adapun teks yang berupa tanggapan kritis memiliki beberapa unsur yang menjadi strukturnya. Ke 3 unsur struktur teks yang berisi tanggapan kritis itu adalah evaluasi, deskripsi serta penegasan ulang. Berikut in sedikit penjelasannya.

a. Evaluasi

Evaluasi pada teks yang berisikan tanggapan kritis akan menyajikan tentang pernyataan-pernyataan yang bersifat umum mengenai persoalan yang akan dikritisi. Dalam teks yang berisikan tanggapan kritis, evaluasi selalu menjadi permulaan.

b. Deskripsi Teks

Setelah evaluasi, kemudian menyusul bagian deskripsi teks. Di sini akan disajikan tentang informasi. Informasi yang dimaksud adalah informasi yang berkaitan dengan alasan atau referensi yang akan memperkuat pernyataan atau menolak pernyataan tersebut.

c. Penegasan Ulang

Di dalam struktur ini akan disajikan penegasan ulang mengenai sesuatu yang sudah diputuskan ataupun telah dilakukan oleh seseorang.

Leave a Reply