Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah Dan Jenis-Jenisnya

Teks Cerita Sejarah – Teks cerita sejarah pada umumnya menjelaskan sebuah kejadian yang sudah berlalu ataupun kejadian masa lalu. Akan tetapi teks dari cerita sejarah berupa kejadian yang fakta.

Teks cerita peristiwa yakni teks yang menyebutkan dan menceritakan tentang fakta dan tentang era seterusnya yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah. Untuk lebih jelasnya mengenai teks dari cerita sejarah, berikut ini penjelasannya.


Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah merupakan salah satu teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan mengenai fakta maupun kejadian masa lalu. Biasanya fakta tersebut akan  menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah tersendiri.


Struktur Teks Cerita Sejarah

Teks Cerita Sejarah

Teks Cerita Sejarah

Struktur teks merupakan salah satu kerangka acuan yang berfungsi untuk mengembangkan suatu teks menjadi paragraf yang utuh. Pada umumnya struktur teks mempunyai isi yang berorientasi pada cerita sejarah. Selain itu di dalamnya juga berisikan rangkaian peristiwa yang diikuti oleh re orientasi.

Struktur teks sendiri dibagi menjadi 4 bagian yaitu judul, pendahuluan atau orientasi, rekaman peristiwa, penutup. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai keempat bagian dari struktur teks.

1. Judul

Judul merupakan sebuah kata kunci yang mewakili semua dari isi cerita. Di dalam teks inilah judul sendiri bisa berupa nama tempat, dan benda peristiwa. Pada umumnya judul sendiri di awali dengan kata asal mula, asal usul, sejarah dan kata lainnya.

2. Pendahuluan

Pendahuluan atau orientasi merupakan sebuah pembuka ataupun pengantar dari pembicaraan. Dengan begitu pembaca sendiri tidak langsung di bawa pada inti dari cerita yang akan  dibahas. Pada umumnya pendahuluan berisi dengan pengenalan awal peristiwa sejarah dan bersifat opsional.

3. Rekaman Peristiwa

Rekaman peristiwa merupakan sebuah bagian dari teks yang di dalamnya berisikan inti dari teks cerita sejarah tersebut. Di dalam rekaman peristiwa sejarah ini di uraikan secara lengkap dan jelas mulai dari awal sampai akhir secara kronologis.

4. Penutup

Penutup merupakan sebuah teks yang di dalamnya  berisikan cerita akhir ataupun kesimpulan dari kejadian yang diceritakan sebelumnya. biasanya penutup sendiri berupa akibat ataupun konsekuensi  dari sebuah rangkaian peristiwa sebelumnya.


Kaidah Kebahasaan Teks Cerita

Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Editorial

Di dalam kaidah kebahasaan teks dari cerita sejarah pada umumnya ditandai dengan adanya pronomina, frasa adverbial, verba material dan konjungsi. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan dari kaidah kebahasaan.

1. Pronomina

Pranomina atau sering disebut dengan kata ganti merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menggantikan benda. Selain itu pronomina juga dapat menamai seseorang ataupun sesuatu secara tidak langsung.

2. Frasa Adverbial

Frasa adverbial merupakan sebuah kata yang menunjukkan suatu kejadian, peristiwa, waktu, dan tempat.

3. Verba Material

Verba material merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menunjukkan suatu aktivitas ataupun perbuatan nyata yang dilakukan oleh seorang partisipan. Pada umumnya kata kerja dari verba material menunjukkan perbuatan fisik ataupun sebuah peristiwa.

4. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal atau sering disebut kata sambung waktu merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menata urutan-urutan peristiwa yang diceritakan. Pada umumnya teks dari cerita sejarah sering memanfaatkan ataupun menggunakan konjungsi temporal (kata penghubung).


Jenis Isi Teks Cerita Sejarah

Pada umumnya jenis isi teks dari cerita sejarah dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu cerita sejarah fiksi dan cerita sejarah non fiksi. Cerita sejarah fiksi merupakan sebuah cerita sejarah yang ceritanya tidak nyata.

Pada umumnya jalan cerita teks dari sejarah fiksi disusun berdasarkan kisah dari dunia nyata. Jenis-jenis dari cerita sejarah fiksi berupa novel, cerpen dan legenda.

Sedangkan teks cerita sejarah non fiksi merupakan sebuah cerita sejarah yang benar-benar real ataupun nyata. Selain itu teks dari cerita sejarah non fiksi juga harus berdasarkan data-data yang objektif.

Jenis-jenis dari cerita sejarah non fiksi sendiri berupa biografi, autobiografi, cerita perjalanan dan cerita sejarah.


Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Adapun tanda-tanda dari teks cerita sejarah yaitu:

  • Disajikan secara rangkaian atau rangkaian moment atau rangkaian kejadian.
  • Bentuk teks cerita kembali (recount)
  • Struktur teks terdiri dari orientasi, rangkaian peristiwa, reorientasi.
  • Sering gunakan konjungsi temporal.
  • Isinya berwujud fakta.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Adapun susunan teks cerita sejarah yaitu:

a. Orientasi, yaitu anggota yang berisi mengenai pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.

b. Urutan Peristiwa, yaitu anggota yang berisi mengenai rekaman moment sejarah yang terjadi, kebanyakan disampaikan didalam rangkaian kronologis.

c. Reorientasi, yaitu anggota berisi komentar khusus penulis mengenai moment atau mengenai sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah permintaan penulis teks cerita sejarah tersebut


Teks Cerita Sejarah Fiksi

  • Novel yakni karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, umumnya di dalam wujud cerita. Penulis novel disebut novelis
  • Cerpen yakni cerita pendek bersifat prosa naratif fiktif. Cerpen condong padat dan segera terhadap obyek dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang umumnya memadai panjang.
  • Legenda yakni cerita prosa rakyat yang diakui oleh lebih berasal dari satu orang adalah suatu perihal yang terlampau terjadi.
  • Roman yakni model karya sastra bersifat prosa yang melukiskan perbuatan pelaku menurut watak dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga kisah percintaan.

Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

  • Biografi yaitu keterangan kehidupan seseorang yang ditulis orang lain.
  • Autobiografi yaitu kisah atau keterangan hidup yang ditulis orang itu sendiri.
  • Cerita Perjalanan yaitu teks yang menceritakan mengenai perjalanan.
  • Catatan Sejarah yaitu teks yang menceritakan fakta atau mengenai masa lantas yang menjadi latar belakang suatu perihal punya nilai sejarah.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

Contoh Teks Cerita Sejarah

Contoh Teks Cerita Sejarah

Berikut ini umpama teks cerita sejarah beserta strukturnya:

Sejarah Instagram

Orientasi

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang terlalu barangkali pengguna mengambil alih foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke bermacam fasilitas jejaring sosial, termasuk punya Instagram sendiri.

Kata “insta” berasal dari kata “instan”, layaknya kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat


Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang cuma berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telpon genggam. Pada awalannya Burbn, Inc.

sendiri punya fokus yang terlalu banyak di didalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger menegaskan untuk lebih fokus pada satu perihal saja.

Setelah satu minggu mereka coba untuk sebabkan sebuah gagasan yang bagus, pada kelanjutannya mereka sebabkan sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya tetap tersedia sebagian perihal yang belum sempurna.

Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah mampu digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan mengawali kembali dari awal, namun kelanjutannya mereka cuma memfokuskan pada anggota foto, komentar, dan termasuk kekuatan untuk menyukai sebuah foto.

Itulah yang kelanjutannya menjadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram mampu disita alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar didalam wujud tunai dan saham.


Reorientasi

Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang mempunyai account instagram karena makin tenar nya aplikasi ini. Dengan instagram kita mampu melihat kegiatan teman-teman kita melalui foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul mengenai Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap. Semoga mampu bermanfaat.

Leave a Reply