Mengenal Lebih Dekat Struktur Sosial di Masyarakat

Struktur Sosial – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak lepas dari hubungan antar manusia. Setiap hari pasti melakukan interaksi sosial, baik di lingkungan rumah, sekolah, tempat kerja, jalan raya, dan lingkungan sosial lainnya. Dalam lingkungan sosial itu sendiri terdapat yang namanya struktur sosial.

Berbicara mengenai struktur sosial, banyak definisi yang dapat kita ambil. Secara umum, struktur sosial adalah susunan sosial yang dibentuk dari hubungan unsur masyarakat untuk membuat keputusan bagi kepentingan bersama. Apa fungsi dari struktur sosial itu sendiri? Bagaimana membentuk struktur sosial yang baik? Di sini kami akan membahas fungsi dari struktur sosial dan bagaimana cara membentuk struktur sosial yang baik :

Fungsi Struktur Sosial

Struktur sosial merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu mayarakat tertentu dan dapat menjadi pembeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. Struktur sosial berfungsi sebagai alat penyelenggaraan suatu tatanan kehidupan masyarakat dari semua aspek kehidupan.

Juga berfungsi sebagai rantai yang menghubungkan setiap aspek dalam kehidupan dan menciptakan keadaan yang teratur dan harmonis. Mayor mengungkaapkan fungsi struktur sosial sebagai berikut :

1. Berfungsi Sebagai Pengawas Sosial

Struktur sosial sebagai penekan terhadap pelanggaran nilai dan norma kelompok masyarakat. Contohnya adalah pembentukan lembaga kepolisian, lembaga pendidikan, lembaga agama, lembaga pengadilan, dan yang lainnya.

2. Berfungsi Sebagai Dasar Menanamkan Suatu Disiplin Sosial

Struktur sosial berasal dari kelompok masyarakat itu sendiri. Kesadaran sikap, kebiasaan, dan kepercayaan kelompokmasyarakat didapat dari kelompok masyarakat itu sendiri.

3. Berfungsi Sebagai Fungsi Pembelajaran

Masyarakat menjadi tempat setiap individu dalam menjalin interaksi, sehingga banyak hal yang dapat dipelajari dari setiap individu melalui struktur sosial yang ada di masyarakat.

Elemen Dasar Struktur Sosial

Untuk membentuk suatu struktur sosial yang baik, harus memenuhi empat elemen dasar. Elemen tersebut adalah status sosial, peranan sosial, kelompok sosial, dan institusi sosial.

1. Status Sosial

Masyarakat merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu sama lain. status sosial setiap individu dalam struktur sosialnya memegang peranan sangat penting dalam melakukan tindakan ataupun diberlakukan di kelompok masyarakat tersebut. Status sosial dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ascribed status, achieved status, dan assigned status.

2. Peranan Sosial

Peranan sosial mempunyai fungsi yang sangat penting dalam membentuk struktur sosial dalam kelompok masyarakat. Hal ini berkaitan dengan pola perilaku seseorang dalam masyarakat yang di dasarkan pada norma yang berlaku di kelompok masyarakat. Setiap individu memiliki peranan yang berbeda-beda dengan hak dan kewajiban yang berbeda pula. Apabila anda dapat melakukan hak dan kewajibannya dengan baik, maka dapat dikatakan bahwa anda telah melakukan peranan sosial dengan baik. Contoh : seorang dokter memiliki peranan yang berbeda dengan seorang guru.

3. Kelompok Sosial

Tanpa adanya kelompok sosial, struktur sosial juga tidak akan terbentuk. Kelompok sosial merupakan sejumlah individu yang secara sadar dapat berinteraksi dalam suatu kelompok masyarakat. Individu-individu tersebut tentunya mempunyai keberagaman yang berbeda, namun setelah mereka masuk dalam kelompok masyarakat, mereka harus menaati aturan-aturan yang ada dalam kelompok tersebut. Misalnya adalah kelompok karang taruna.

4. Institusi Sosial

Institusi merupakan aspek yang paling mendasar dalam sebuah struktur sosial. Tujuan dari institusi untuk memenuhi kebutuhan dasar sosial dalam masyarakat. Melalui institusi, struktur sosial yang ada di masyarakat juga akan terlihat dan menjadi aspek yang sangat penting. Misalnya dibentuknya sekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat, puskesmas atau rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan kesehatan, dan masih banyak lagi.

 

Demikian penjelasan kami mengenai struktur sosial di masyarakat. Tak hanya di masyarakat, struktur sosial juga dapat kita jumpai di lingkungan sekolah dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply