Pengertian Dan Macam-Macam Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan – Pada dasarnya setiap negara berhak memilih sistem pemerintahan yang akan dianut. Misalnya negara kita Indonesia, saat ini menganut sistem presidensial. Di mana sistem tersebut kekuasaan tertinggi di pegang oleh presiden.

Lalu apakah kamu tahu pengertian ataupun macam-macam sistem pemerintahan? Jika kamu belum tahu, berikut ini informasi mengenai pengertian ataupun macam-macam dari sistem pemerintah.

Pengertian Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan

Istilah dari sistem pemerintah sendiri pada dasarnya berasal dari dua kata, yaitu sistem dan pemerintah. Sistem sendiri artinya kesatuan pengaturan, sedangkan pemerintah artinya pihak yang berhak memberikan perintah ataupun memutuskan suatu kebijakan-kebijakan tertentu.

Jika kedua kata tersebut digabungkan mempunyai arti kesatuan pengaturan yang digunakan oleh pihak untuk memutuskan suatu kebijakan ataupun memberikan perintah

Sistem pemerintahan merupakan suatu sistem yang digunakan pemerintah untuk mengatur negaranya mereka. Sistem dari pemerintahan umumnya berisi sekumpulan aturan-aturan dasar tentang kepemimpinan, dan pengambilan keputusan.

Selain itu didalam sistem pemerintah juga terdapat pola pengambilan kebijakan, dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan pemerintahan. Setiap negara juga berhak memilih sistem pemerintah yang dianutnya.

Macam-Macam Sistem Pemerintahan

Pengertian Sistem Pemerintahan

Pengertian Sistem Pemerintahan

Setelah mengetahui informasi mengenai pengertian pemerintahan, saatnya kita mengetahui juga macam-macam dari sistem pemerintah. Sistem pemerintah sendiri dibagi menjadi enam, yaitu sistem parlementer, presidensial, pemerintahan komunis, demokrasi liberal, liberal dan pemerintahan semi presidensial. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian dari keenam sistem tersebut.

1. Sistem Parlementer

Sistem parlementer merupakan sistem yang mana parlemen mempunyai peran yang sangat besar di dalam pemerintahan tersebut. Di dalam sistem parlementer, parlemen yang duduk di pemerintahan berhak ataupun mempunyai wewenang untuk mengangkat perdana menteri.

Selain itu parlemen juga berhak atau mempunyai wewenang untuk menjatuhkan pemerintahan yang sedang memimpin negara. Akan tetapi ketika ingin menjatuhkan pemerintahan, parlemen harus melalui ataupun mempunyai beberapa macam alasan.

2. Sistem Presidensial

Sistem presidensial merupakan sistem pemerintah yang kekuasaan tertinggi ada di tangan Presiden. Di dalam sistem presidensial, Presiden berhak mengambil berbagai macam keputusan karena presiden sendiri sebagai pemerintahan tertinggi. Selain itu di sistem presidensial ini, Presiden juga berhak mengambil suatu kebijakan yang berkaitan dengan negara.

Sistem presidensial sendiri mempunyai berbagai macam ciri. Misalnya Presiden bertanggung jawab kepada rakyat, menteri bertanggung jawab kepada presiden dan DPR parlemen tidak bisa membubarkan suatu menteri.

Selain itu sistem ini dikepalai oleh presiden, dan kekuasaan presiden harus dijalankan berdasarkan kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat tersebut juga dipilih oleh rakyat juga.

3. Pemerintahan Komunis

Sistem pemerintah komunis merupakan sistem yang menganut asas komunisme. Maksud dari asas komunisme di sini adalah sistem yang tidak mengakui keberadaan Tuhan di muka bumi.

Di dalam sistem komunis ini, setiap orang harus hidup sama rata dan juga setara. Biasanya sistem ini juga tidak memandang miskin ataupun kaya, semuanya harus saling dukung dan saling membantu.

4. Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem demokrasi liberal merupakan suatu pemerintahan  gabungan antara sistem pemerintah demokrasi dengan sistem pemerintah liberal. Dalam sistem ini, kepala pemerintahan yang mengendalikan kekuasaan. Dengan melakukan pemilihan secara langsung oleh rakyat.

5. Pemerintahan Liberal

Sistem yang satu ini merupakan sistem yang menganut asas kebebasan sebagai landasan penetapan dari kebijakannya. Dalam sistem ini, pemerintah sendiri tidak begitu banyak menetapkan suatu kebijakan. Karena mayoritas aktivitas di dalam negara, dijalankan oleh pihak dari swasta.

6. Pemerintahan Semi Presidensial

Sistem pemerintahan semi presidensial adalah gabungan dari sistem parlementer dengan sistem presidensial. Di dalam sistem ini, kekuasaan tertinggi terdapat pada kedua belah pihak. Kekuasaan di tangan presiden (sebagai pemimpin negara) dan kekuasaan di tangan parlemen (sebagai wakil rakyat).

Nah itu dia beberapa sistem pemerintahan yang dapat anda pelajari, dengan berbagai pembahasannya, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply