4 Hal Yang Wajib Di Ketahui Setelah Lulus SMA

Setelah Lulus SMA Kerja atau Kuliah Masih ragu dan bingung dalam menentukan tujuan karier, setelah lulus sma kerja atau kuliah. Ragu setelah selesai menempuh pendidikan SMA  mau ngapain, sesuatu yang wajar. Pada posisi ini, kita harus bisa menentukan pilihan antara Kuliah atau Kerja ? bingung

terkadang situasi dan kondisi seperti ini, hanya akan menekan dan memaksa diri kita untuk memprioritaskan salah satu diantara pilihan pilahan yang ada. Nah di saat seperti kita harus belajar bersikap dewasa, dalam menghadapi persoalan tersebut.

Mungkin masa sekolah adalah masa yang paling menyenangkan untuk kita, karena banyak sekali  momen-momen menurut kita sangat berharga pada masa SMA. Karena pada saat saat sma ini, adalah momen momen terakhir kita mengenakan seragam sekolah.

Dan ujian nasional di sma, bukanlah akhir dari perjuangan, akan tetapi awal untuk memulai episode baru, untuk di perjuangkan. Bagi anda yang baru lulus sma. pertanyaanya?

 

Mau kemana anda setelah lulus nanti.!!

setelah lulus sma bisa kerja apa
sportbeem.com

Anda mau kuliah/belajar melanjutkan pendidikan anda, atau mau kerja untuk memenuhi kebutuhan anda. atau anda ingin langsung nikah dengan pasangan anda, setelah lulus SMA nanti.

dan lain hal lagi, apa anda hanya ingin menjadi seorang pengangguran, tanpa ada kerjaan yang jelas. Dan hanya membebankan kehidupan anda kepada orang tua anda saja.

Nah pertanyaan pertanyaan dan jawaban di atas, akan muncul setelah anda lulus SMA mau ngapain.

Hidup adalah pilihan, mungkin dari kita akan menyadari dan akan merasakan, akan betapa pentingnya waktu-waktu pada saat ini, yang telah kita sia-siakan untuk masa depan kita.

memang kita harus mampu, dalam menentukan satu dari sekian banyak pilihan, dalam ke hidupan ini. Karena semua itu, akan menjadi satu kesatuan dan suatu kesulitan bagi kita. Jika kita harus menjalani berbagai hal dalam satu kesempatan.

 

Menentukan skala prioritas 

setelah lulus sma kuliah atau kerja
tandapagar.com

dalam menentukan pilihan hidup, mungkin itu sebuah tindakan yang bijaksana. Dan semua itu tidak akan menjadi sesuatu hal yang sia-sia, karena di setiap perjuangan pasti akan memiliki hasil akhir, yang akan menentukan diri anda sendiri.

bagi anda yang sedang menempuh pendidikan menengah atas, yang pada akhirnya anda juga harus menentukan nasib diri anda sendiri. Mesti kemana anda setelah lulus sma kerja atau kuliah.

tentunya ada jawaban, di setiap pertanyaan pertanyaan tersebut. diantara anda ingin kuliah, kerja, nikah atau ingin istarahat dulu (nganggur)

Jawaban seperti ini pasti memiliki dasar dan landasan, sendiri sendiri tergantung bagaimana anda menyikapi dan menanggapinya.

Saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran pada anda, mengenai pertanyaan tersebut.

Ada beberapa pilihan, yang dapat anda lakukan, bagi anda yang baru lulus SMA atau SMK, pilihan itu diantaranya, adalah.

  1. Kuliah
  2. Kerja
  3. Nikah
  4. Nganggur

dari empat pilihan diatas, semua memiliki tingkat resiko masing-masing. yang berbeda beda, tentunya harus di imbangi dengan ke dewasaan berfikir, dan kebijakan setiap individu masing-masing.

Namun jika bicara masalah ideal pilihan yang mana setelah lulus SMA kerja atau kuliah, sebenarnya pilihan yang paling dalam menentukan apakah anda setelah lulus sma kuliah atau kerja. Sebaiknya terlebih dulu harus mengetahui tentang semua itu, sebelum kita memilih.

Dalam hal ini saya akan memberikan gambaran kepada anda, 4 pilahan dari pertanyaan-pertanyaan diatas, mau melakukan dan memilih yang mana setelah lulus SMA mau ngapain.

 

1. “Kuliah” Setelah Lulus Sma 

setelah Lulus sma kerja atau kuliah
facultyfocus.com

Jika kita di beri pertanyaan setelah lulus SMA kerja atau kuliah “apakah kamu mau kuliah?”, maka dari mereka yang di beri pertanyaan seperti itu. Pasti kebanyakan diantara mereka 80% akan menjawab “pengen kuliah”.

tetapi, seandainya anda ingin melanjutkan kuliah, ada beberapa hal, yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu. Sebelum anda melanjutkan kuliah.

beberapa hal tersebut yang harus anda pertimbangkan adalah.

 

Kamu ingin jadi apa? 

setelah lulus sma bisa kerja apa
static6.com

seandainya kamu menginginkan, menjadi seorang pengacara. maka yang harus anda lakukan adalah Masuk ke Fakultas Hukum.

Seandainya anda ingin menjadi seorang dokter, maka yang harus anda lakukan adalah Masuk ke Fakultas Kedokteran. Apa yang anda inginkan, jika anda ingin menjadi seorang guru. Maka yang harus anda lakukan adalah masuk Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalam mengambi sebuah jurusan kuliah, harus anda fikirkan matang-matang terlebih dahulu. Perlu anda pertimbangkan, dalam segi minat dan cita-cita yang ingin anda capai.

Semua tadi harus anda tentukan terlebih dahulu, sebelum memilih jurusan kuliah. Jangan sampai anda kuliah, tidak memiliki arah tujuan dan maksud, mengapa anda kuliah.

Selain akan menyulitkan kita setelah lulus sms kerja atau kuliah, nanti,  juga akan membuat hasil usaha yang kita lakukan. Tidak akan bisa memperoleh hasil secara optimal.

 

Ukurlah Kemampuan Kita Terlebih Dahulu

setelah lulus sma kerja atau kuliah
kafeinkode.com

Jangan sampai kita memilih bidang yang salah, semisal kemampuan kita ada bidang pengetahuan alam. Akan tetapi kita mengambil di bidang pengetahuan sosial.

Pasti akan jelas, anda nanti akan ke teteran dalam mengikuti mata perkuliah, alhasil waktu kita dalam menempuh perkuliahan akan lebih lama. Tentunya akan memakan biaya kuliah lagi. dan juga hasil yang kita tempuh tidak akan bisa maximal.

 

Ukur Kemampuan Finansial Kita “biaya

kompasiana.com

Dengan kita mengukur dan mengetahui, seberapa jauh finansial kita yang mampu kita keluarkan. Janagan sampai kita kuliah, kemudian berhenti di tengah jalan, akibat kekurangan finansial. Yang kita miliki.

Selain itu dengan finansial yang bisa di bilang, tentunya akan mendorong kita. Untuk memperoleh biaya siswa kuliah, jika kita bisa berprestasi dalam segi akademik.

Jika seandainya anda ingin melanjutkan kuliah, pasti akan muncul beberapa pertanyaan-pertanyaan, seperti di bawah ini.

  1. Mau Kuliah Dimana?
  2. Ambil Jurusan Apa?
  3. Menghabiskan Biaya Berapa Untuk Kuliah?
  4. Menempuh Program Apa?
  5. Setelah Lulus Nanti Apa Bisa Mendapat Pekerjaan?

Tentunya kita juga harus bisa menjawab pertanyaan di atas, jika kita ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. pertanyaan tersebut bisa kita jawab dengan baik, dan secara bijaksana.

Satu hal yang harus anda Ingat, jangan sampai, jawaban dari pertanyaan pertanyaan, di atas anda dapatkan dari orang lain. Malah bukan dari kita sendiri.

hal ini, untuk menghindari dari yang namanya ke tidak sesuaian antara, minat dan bakat anda. Saat anda menempuh di bangku kuliah nanti.

Dengan demikian hal yang harus anda lakukan minimal adalah, menentukan dan melihat hal-hal berikut.

  1. Pilahan Perguruan TInggi dengan beberapa pilihan tertentu.
  2. Jurusan yang akan Anda Tempuh
  3. Estimasi Perhitungan Biaya untuk Kuliah
  4. Diploma atau sarjana yang akan kita ambil
  5. Informasi tingkat kebutuhan lapangan kerja, pada 3 atau 4 tahun mendatang setelah lulus.

Setelah kurang lebih limah hal di atas, telah anda penuhi, maka baru kita mencoba melangkah untuk maj, melanjutkan bidang studi “Kuliah”, tentu saja dengan semangat dan motivasi dari diri sendiri, bukan sekedar ikut-ikutan teman atau hal yang lainya. Simak Vidio Berikut Untuk Anda Yang Salah Jurusan Kuliah.

 

2. “Kerja” Setelah Lulus SMA

Kerja Setelah Lulus Sma
bahayapedia.com

 

Jika sudah lulus sekolah, banyak sekali di antara dari siswa-siswi tingkat SMA dan SMK, yang menginginkan langsung bekerja. Itu tidak sedikit, bahkan mayoritas, setelah lulus yang di lakukan adalah sibuk mencari pekerjaan.

Tentunya bagi seorang yang lulusan SMA, harus memiliki skill yang lebih agar memperoleh pekerjaan setelah lulus, berbeda dengan lulusan SMK, yang sudah diasah skill atau kemampuan saat belajar di bangku menengah atas.

Secara kasat mata, tentunya lulusan SMA akan kalah bersaing dengan orang-orang yang kukusan SMK. Jika langsung terjun ke dunia kerja.

Sebagai solusi untuk kalian, lulusan SMA yang belum atau tidak melanjutkan kuliah. Maka salah satu solusinya adalah, dengan belajar di lembaga-lembaga keahlian paling tidak selama satu tahun.

Jika kita sudah memikirkan ingin segera bekerja, tentunya kita sudah memiliki dan menyiapkan. Diri untuk mampu bersaing dengan kompetitor kompetitor yang ada.

Hal terpenting dalam memilih atau membuat pekerjaan, yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus memiliki skill lebih, dibanding dengan kompetitor yang lainya
  2. Kita harus memiliki motivasi yang kuat untuk membangun usaha atau pekerjaan yang kita lakukan.
  3. Kita harus siap untuk berkompetisi, setelah membuka usaha, atau bekerja
  4. Kita harus menentukan target pribadi, dalam waktu satu tahun mendatang, tentang pekerjaan kita.
  5. kita harus menentukan, kita ingin bekerja dengan orang lain (karyawan) atau Menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Catatan: jangan sampai kita sebagai pemuda, pejuang masa depan, hanya  Mengikuti arus dimana kemana arus membawanya, maka ia hanya akan mengikuti arus tersebut.

Seperti ikan, ikan yang sehat adalah ikan yang mampu melawan arus, bukan mengikuti arus, jadilah pemuda yang bermanfaat untuk generasi anda selanjut .

Maka dari itu, kita harus memiliki target, target apa yang harus kita capai. Usaha apa yang harus kita pilih.

Sebelum terlambat, alangkah baiknya jika anda memulai, bersiap-siap dari sekarang. Dalam mengasah kemampuan dan pengetahuan. Membuka wawasan yang belum kita ketahui sebelumnya, belajar dan terus belajar.

 

 

3. “Nikah” Setelah Lulus SMA 

setelah lulus sma kerja atau kuliah
sepedakwitang.wordpress.com

Ini solusi untuk anda yang sudah memiliki kemauan untuk menikah muda, agar anda terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan sebelum menikah.

akan tetapi diharapkan sebelum anda untuk memutuskan menikah setelah lulus SMA, dengan pasangan anda. anda juga harus memikirkan kedepan.

Ada Beberapa hal yang perlu anda pikirkan, secara matang-matang terlebih dahulu dan ada beberap hal yang harus diperhatikan, karena apa yang akan anda lakukan itu adalah pilihan anda.

Karena menikah tidak hanya sekedar menikah, akan tetapi banyak hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu, karena menikah itu kita harus mempersiapkan ilmu, dan memperluas pengetahuan, bagaimana membangun rumah tangga yang baik.

Dan juga beberapa hal yang lainnya, yang perlu anda ketahui dan perlu anda persiapkan. Beberpa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda Harus Siap lahir dan batin
  2. Anda Harus Siap untuk menafkahi dan dinafkahi
  3. Anda Harus Siap untuk menjadi orang tua
  4. Anda Harus Siap untuk melepas masa-masa kebebasan
  5. Anda Harus Siap untuk bertanggung jawab semua langkah dan perbuatan kita

Hal diatas hanyalah sedikit gambaran sederhana untuk anda yang hendak menikah, setelah lulus sma, berkaitan tentang. Tingkat pemahaman dan landasan berpikir setiap individu berbeda, dan pilihan akan tetap pada pribadi kita masing-masing secara individu.

 

4. “Nganggur” Setelah Lulus SMA Mau Ngapain

setelah lulus sekolah kuliah atau kerja
dw.com

Dalam fase ini, sebenarnya bukanlah pilihan yang mungkin kita sendiri tidak menginginkan, akan tetapi proses karena proses yang kita jalani tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan setelah lulus sma kerja atau kuliah, atau melakukan kegiatan lainya.

Kita jangan sampai menjadi seorang yang nganggur, akan menjadikan beban kedua orang tua kita. Tetapi jika kondisi yang memang membuat kita sampai nganggur ya mau bilang apa lagi.

Saran saya kepada anda selama masih nganggur, alangkah lebih bermanfaat jika waktu-waktu kosong anda gunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan menghasilkan, siapa tau hal tersebut nantinya dapat mengubah sesuatu dari kita.

Pada dasarnya semua keputusan yang anda pilih, semua akan berdampak pada proses atas apa yang anda impikan, oleh karena itu pikirkan yang terbaik, dan pikirkan jalan keluar, beranikan diri untuk melakukan tindakan yang bisa menguubahmu dari keputusasaan, dan coba lakukan yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.

 

Setelah Lulus SMA Kerja Atau Kuliah

Lulus sma mau ngapain
sportsbeem.com

Tidak ada kata terlambat untuk merubah semuanya, bersikaplah dewasa untuk menentukan keputusan demi tujuan yang ingin kita, capai untuk orang tua kita, dan untuk orang-orang di sekeliling kita. jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain. maka dari itu cobalah. Bismillah!

semoga sedikit tulisan ini mampu memberikan sebuah gambaran dalam wacana berpikir kita. Dan silakan anda untuk memilih mana yang terbaik bagi kehidupan kita kedepan. Terima kasih semoga bermanfaat dalam pembahasan Setelah lulus sma kerja atau kuliah. Simak Vidio Dibawah ini, Kuliah Bukan Untuk Cari Kerja.

 

Tinggalkan komentar