Setelah di Perangko, Affandi Muncul di Doodle Google Hari ini

Google Doodle pada hari ini, mengingatkan kita pada sesosok yang bernama Affandi Koesoema, seorang tokoh dan seniman terkenal di Indonesia. Salah satu karya lukis dari Affandi pun muncul sebagai doodle di halaman utama situs Google di Indonesia, Senin 1 Mei 2017.

Hari ini adalah ulang tahun kelahiran Affandi umur yang ke-110, dia lahir di Cirebon tahun 1907. Tanggal 1 Mei diyakini sebagai tanggal lahirnya. Dia meninggal pada 23 Mei 1990. Affandi tak lain adalah seorang seniman pelukis yang sangat dikenal sebagai seorang Maestro Seni Lukis Indonesia. Tak hanya sekedar terkenal di Indonesia

Affandi Koesoema juga terkenal di berbagai negara karena karya lukisnya, sampai kemana seperti penggiat seni lukis di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. affandi mulai dikenal  pada tahun 1950-an ia pernah menggelar pameran tunggal di negara-negara tersebut.

Indonesia telah banyak melahirkan pelukis-pelukis besejarah, salah satunya adalah Affandi, pelukis sangat aktif yang lahir pada tahun 1907 hingga tutup usia pada tahun 1990. Sebelum Affandi masuk ke duina lukis, Affandi bekerja sebagai penggambar papan iklan.

gambar Affandi hari ini

Karena sebuah karyanya potret Affandi juga pernah diabadikan pada sebuah perangko. Seri perangko seniman Indonesia pada tahun 1997. Gambar seperti ini pada sekarang juga muncul lagi pada gambar halaman utama google doodle 1 Mei 2017.

Dalam bekerja, sosok Affandi sering menyimpan sisa cat, dari tempat kerjanya untuk digunakan sebagai pembelajarannya dalam mengembangkan bakat melukisnya. Belajar sendiri tanpa bantuan orang lain, atau bisa disebut dengan belajar outodidak, dia belajar hanya meniru sebuah lukisan dari london yang ia punya.

Dia memulai dan telah menemukan tekniknya sendiri dalam melukis yaitu melukis dengan cat dari wadah tabungnya pada kanvas. Kemudian, menggunakan tangannya sendiri, dia menyapu cat alih-alih menggunakan kuas yang ia genggam.

Hari ini, Google mengenang Affandi, supaya indonesia tidak lupa terhadap para seniman dengan cara menampilkan Google doodle dengan gaya gambar lukisan sapuan khas Affandi tersebut. Ciri khas gambar Affandi. dijadikan sebgai ucapan ”Selamat ulang tahun Affandi.” hari ini Demikian ucapan dari Google melalui situsnya.

 

Tinggalkan komentar