Rumus Volume Tabung | Pembahasan Lengkap Beserta Soal dan Jawabannya

Rumus Volume Tabung – Rumus matematika basic pada mulanya telah mengkaji mengenai Rumus Luas Permukaan Tabung dan Cara Menghitungnya . Kali ini bakal dijelaskan mengenai materi lain yang tetap terkait bersama dengan tabung atau silinder yaitu rumus cara mencari volume tabung.

Tabung adalah sebuah bangun yang memiliki area 2 rusuk yang menghubungkan antara alas dan tutup yang bersifat lingkaran. Bidang segi yang ada pada tabung tersedia 3 bagian yakni alas, selimut dan tutup. Kemudian bagaimanakah cara mengetahui volume atau mengisi berasal dari sebuah tabung?

Tabung merupakan sebuah bangun tempat tiga dimensi yang memiliki tutup dan alas yang bersifat lingkaran bersama ukuran yang serupa bersama di selimuti oleh persegi panjang.


 

Rumus Volume Tabung

Volume Tabungs

Untuk mengkalkulasi volume sebuah tabung kita bisa menggunakan rumus = Luas alas x tinggi.

Oleh dikarenakan itu sebelum saat mengkalkulasi volumenya maka kita mesti paham luas alas berasal dari tabung tersebut.

Karena alas tabung berbentuk lingkaran maka rumu luasnya adalah alas tabung = π x r2  ( Lihat disini rumus luas lingkaran )

Nah sehabis kita paham rumus alasnya maka kita bisa menggabungkan rumus volume sebuah tabung menjadi

V = π x r2 x t

Dimana : V = volume tabung.
                π = phi ( 22/7 atau 3,14 ).
                r  = jari-jari alas.
                t  = tinggi tabung.


Rumus Luas Permukaan Tabung dan Luas Selimut

Luas permukaan merupakan luas berasal dari jumlah sisi-sisi yang di punyai tabung yaitu dua buah alas lingkaran yang serupa besar dan satu buah selimut berbentuk persegi panjang.

Rumus luas permukaan tabung  = 2 x π x r x ( t + r )

Rumus luas selimut tabung = 2 x π x r x t 

Dimana :
π = phi ( 22/7 atau 3,14 ).
r  = jari-jari alas.
t  = tinggi tabung.

Rumus berkenaan luas selimut diatas diperoleh berasal dari = Keliling lingkaran x tinggi tabung. ( memandang rumus keliling lingkaran disini ).

Sedangkan luas permukaan tabung di peroleh berasal dari = dua kali luas lingkaran + luas selimut yang berbentuk persegi panjang.

Setelah anda telah mengetahui mengenai pembahasan rumus di atas bagaimana pendapat kamu, Mudah bukan ? Semoga pembahasan berkenaan rumus volume tabung dan rumus luas permukaan tabung berguna bagi pembaca semua.


Materi Soal Volume Tabung

Mencari volume berasal dari sebuah tabung, kita harus mengerti jari-jari ataupun diameter berasal dari penampang (alas/tutup) tabung tersebut. Perlu diingat bahwa diameter nilainya serupa bersama dengan dua kali jari-jari (diameter = 2 x jari-jari).

Volume tabung mampu diketahui bersama dengan cara mengalikan luas alas tabung bersama dengan tinggi berasal dari tabung tersebut. Dikarenakan alas tabung yang memiliki bentuk lingkaran, maka rumus volume mampu disusun dengan mengalikan rumus luas lingkaran bersama dengan tinggi tabung. Kurang lebih rumusnya adalah sebagai berikut ini:

V = phi x jari-jari x jari-jari x tinggi
V = π x r x r x t
V = πr2 x t

Jika yang diketahui adalah diameternya, maka rumusnya mampu diubah menjadi:

V = 1/4 x π x diameter x diameter x t

Mungkin satu diantara kalian ada yang masih ada yang bingung mengenai, masalah dalam menjawab rumus volume tabung, yang masih bingung perihal bentuk tabung. Bentuk tabung dapat kami temukan berasal dari benda-benda disekitar kita.

Misalnya, gelas. Bentuk gelas yang panjang dan melingkar dikedua ujungnya sama identik bersama dengan beberapa ciri tabung. Selain gelas, drum juga punya bentuk tabung.

Sebenarnya apa seh tabung itu? tabung adalah bangun area yang membawa tiga sisi. Sisi berikut meliputi sisi alas dan tutup yang sama besar bersifat lingkaran dan sebuah sisi lengkung. Sisi lengkung ini kecuali kami rentangkan akan
membentuk bangun persegi panjang. Setelah memahami pengertian tabung beserta ciri-cirinya, volume tabung adalah perihal seterusnya yang akan kami bahas. Berikut adalah ulasanya:


Cara Mencari Volume Tabung dan Pembahasan

Soal Volume Tabung #1

diketahui sebuah tabung punya jari-jari 7 cm dan punya tinggi 5 cm. hitunglah luas permukaan dan volume berasal dari tabung tersebut.

Penyelesaian:
luas permukaan tabung = π x r2
luas permukaan tabung = 22/7 x 72
luas permukaan tabung = 154 cm2

untuk mengerti volume tabung kita cukup mengalikan luas permukaan alas bersama dengan tinginya:

V = Luas permukaan x t
V = 154 x 5 = 770 cm3

Soal Volume Tabung #2

Bila jari-jari berasal dari sebuah tabung diketahui 21 cm dan tingginya aalah 13, maka hitunglah volume berasal dari tabung tersebut!

Penyelesaian:
V = πr2 x t
V = 22/7 x 212 x 13
V = 1386 x 13
V = 18018 cm3

Soal Volume Tabung #3

Seorang penjual minyak punyai sebuah drum bersifat tabung yang ia pakai untuk menyimpan minyak dagangannya. Jari-jari alas yang dimiliki drum itu adalah 70cm dan punyai tinggi 100m. Berapa liter minyak yang mampu ditampung didalam drum tersebut?

Penyeesaian

V = π x r2 x t

V = x 702 x 100

V = 1.540.000 cm3 = 1. 540 dm3 = 1.540 liter

Jadi mampu disimpulkan bahwa jumlah minyak yang mampu ditampung didalam drum selanjutnya sebanyak 1.540 liter.


Begitulah kurang lebih penjelasan mengenai materi Cara Menghitung Rumus Volume Tabung dengan beberapa contoh soal dan pembahasannya. Demikianlah penjelasan rumus volume tabung yang dapat saya sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi anda dalam memahami volume tabung ini.