Provinsi di Indonesia Yang Memiliki Sumber Daya Alam Paling Potensial

By | 14 October 2020
Provinsi Di Indonesia

Provinsi Di Indonesia – Sumber daya alam Indonesia memang sangat melimpah. Hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Kekayaan sumber daya alam itu berupa sumber daya terbarukan dan tak terbarukan.


Sumber Daya Terbarukan

Provinsi Di Indonesia

Sumber daya terbarukan adalah jenis sumber daya yang bisa digantikan melalui proses alam secepat manusia menggunakannya dan hadir dalam jumlah yang bisa dikembalikan . Contohnya seperti angin, cahaya matahari, dan makhluk hidup.

Baca Juga: perundingan renville


Sumber Daya Tidak Dapat Terbarukan

Provinsi Di Indonesia

Sumber daya yang tidak dapat terbarukan adalah potensi yang ada dalam jumlah yang tetap. Artinya, keberadaannya tidak bisa digunakan secara terus-menerus. Contoh sumber daya tak terbarukan ini seperti gas alam, minyak bumi, dan bahan bakar fosil lainnya.

Baca Juga: tumbuhan langka di indonesia


Daftar Provinsi Di Indonesia Dengan Kekayaan Potensi Sumber Daya Alam

Provinsi Di Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak menyimpan sumber daya alam, baik terbarukan maupun tidak. Dibawah ini beberapa provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya alam yang sangat potensial :

1. Provinsi Banten

Banten merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa serta menghubungkan dua pulau besar yang ada di Indonesia, yaitu Jawa dan Sumatera. Banten sendiri memiliki peran penting dalam roda perekonomian kedua pulau tersebut. Dengan kondisi geografis Banten, daerah ini sangat potensial dan mempunyai peluang ekonomi yang besar.

Banyak sekali sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan di Banten, seperti pada sektor pertanian, peternakan, pertambangan, dan juga sektor pariwisata. Seperti dalam sektor pariwisata ini, Provinsi Banten banyak memiliki potensi wisata. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan potensi alam tersebut diperlukan adanya pembangunan infrastruktur.

2. Provinsi Bangka Belitung

Terletak diantara perairan Selat Malaka serta terpisah dari daratan Kalimantan dan Sumatera dengan luas provinsi mencapai 82.724,5 km2. Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu provinsi di Indonesia ternyata banyak menyimpan sumber daya alam potensial. Seperti yang dirasakan masyarakat setempat, kehidupannya sangat bergantung pada kekayaan tambang.

Dikarenakan Bangka Belitung adalah daerah padanan dengan banyak endapan sehingga kaya akan tambang dan timah. Tak hanya itu, Bangka Belitung juga kaya akan sumber galian industri yang mampu dikembangkan secara komersial. Dengan pengembangan yang serius, daerah ini akan memberikan banyak manfaat bagi banyak pihak.

3. Provinsi Kaltim

Provinsi dengan luas hampir mencapai satu setengah kali luas pulau Sumatera, Kalimantan Timur memiliki potensi alam yang mampu meningkatkan perekonomian. Kekayaan sumber daya yang diolah dengan baik akan menjadi produk unggul. Dimana produk unggul ini mampu bernilai ekonomi tinggi.

Kalimantan Timur dengan kekayaan sumber dayanya mampu dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Seperti mengolah sumber daya pada sektor perkebunan, hasil hutan, hasil laut, hingga objek wisata yang bisa dikelola oleh masyarakat setempat sebagai sumber mata pencaharian untuk keberlangsungan hidup masyarakat.

4. Provinsi Gorontalo

Sebagai provinsi termuda yang ada di Indonesia, Gorontalo memang masih tergolong muda. Akan tetapi, tidak dengan kekayaan sumber dayanya. Terletak dibagian utara Pulau Sulawesi menjadikan Gorontalo termasuk kedalam lokasi strategis. Dimana, Gorontalo terletak tepat pada mulut Lautan Pasifik yang berhadapan langsung dengan Negara Korea dan Jepang.

Kekayaan alam yang dimiliki Gorontalo berupa hasil hutan. Dimana hutan ini menghasilkan banyak bahan baku meubel seperti damar, jati dan rotan. Tak hanya itu, hutan Gorontalo juga sangat cocok untuk budidaya lebah madu. Selain potensi hasil hutan, Gorontalo juga kaya akan hasil laut dan juga tambang.

5. Provinsi Sulawesi Tenggara

Masih berbicara tentang potensi yang dimiliki Pulau Sulawesi, kali ini daerah dengan kekayaan sumber daya alam potensial selanjutnya adalah Sulawesi Tenggara. Terkenal dengan luas perairan melebihi luas daratan membuat daerah ini kaya akan objek wisata. Bukan hanya wisata pantai Wakatobi saja, banyak objek wisata yang tersebar hampir diseluruh wilayah ini.

Tak hanya objek wisata, ternyata Sulawesi Tenggara memiliki banyak sumber daya alam yang sangat potensial. Seperti hasil hutan, laut, pertanian dan juga tambang. Hasil tambang provinsi ini meliputi marmer, biji nikel, dan aspal. Pemerintah sendiri tengah mengembangkan produksi aspal Buton karena kualitasnya tak kalah dengan aspal impor.

6. Provinsi Papua

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari pegunungan tinggi, dataran tinggi, dataran rendah, dan rawa. Dikenal sebagai daerah dengan penghasil mineral dengan nilai ekonomi tinggi membuat daerah ini sangat potensial. Tak kalah penting, Papua yang memiliki sumber daya sungai dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga besar.

Selain kaya akan hasil tambang seperti emas, tembaga, batu gamping dan lempung Papua juga kaya akan sumber daya hutannya. Sebagai daerah yang sebagian besar masih berupa hutan tropik yang lebat menjadikan Papua banyak menghasilkan komoditas. Komoditas dari hasil hutan ini berupa kayu, rotan, dan tak kalah menarik adalah hadirnya burung-burung indah langka yang menghuni hutan Papua.

7. Provinsi Sumatera Utara

Salah satu media massa memberitakan bahwa Sumatera Utara akan bekerjasama dengan perusahaan asing dalam mengembangkan sumber dayanya. Tidak heran, dikarenakan provinsi ini memang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Luas areal perkebunan seluas 1.999.403 hektar, yang artinya 27,89 persen dari luas Sumatera Utara.

Dengan potensi hasil pertanian seperti sayuran, buah-buahan, dan tanaman holtikuktura lainnya sudah memasuki pangsa pasar internasional. Begitu pula dengan hasil perikanannya, dimana hasil produksi perikanan laut Selat Malaka mencapai jumlah 239.000 ton per tahunnya. Diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi pengusaha dunia untuk bekerjasama dengan Indonesia.

8. Provinsi Kalimantan Tengah

Provinsi selanjutnya dengan potensi sumber daya alam melimpah adalah Kalimantan Tengah. Sebuah provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan dengan luas wilayah 15,38 juta hektar yang terdiri dari 61.1 lautan, dan 17, 79 hektar daratan. Provinsi ini didominasi oleh hutan yang luasnya mencapai 80 persen dari luas daratan.

Karena didominasi oleh hutan yang sebagian besar telah menjadi perkebunan membuat Kalimantan Tengah kaya akan kelapa sawit, karet dan juga rotan. Selain itu, Kalimantan Tengah memiliki penangkaran satwa yang dilindungi seperti owa-owa, beruang, paus air tawar, dan banyak satwa lainnya.

9. Provinsi Maluku Utara

Maluku Utara atau biasa disebut Maloku Kei Raha yang berarti gugusan empat pulau dengan banyak potensi sumber daya alam. Berada tepat di bibir Samudera Pasifik membuat Maluku Utara diperkirakan akan mendapat keuntungan ekonomi dimasa yang akan datang. Hal ini dikarenakan provinsi ini memiliki potensi alam yang sangat bernilai jual tinggi.

Selain hasil perkebunan kakao yang banyak diminati oleh banyak pihak, Maluku juga memiliki potensi kelautan yang bernilai milyaran dollar. Bagaimana tidak? Perairan Maluku Utara dikenal dengan tempat tumbuh berkembangnya ikan tuna dan cakalang. Tak hanya itu kekayaan nikel provinsi ini diketahui berkisar 220 juta ton.

Itulah tadi beberapa provinsi di Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam paling potensial. Sebagai negara yang kaya akan sumber daya, seharusnya sebagai warga negara yang baik mampu menjahmga kelestarian lingkungan agar mampu dirasakan juga generasi Indonesia di masa yang akan datang.

Provinsi Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.