Inilah Pengertian Hujan Dan Bagaimana Proses Terjadinya Hujan

Proses terjadinya hujan – Bagi warga Indonesia tentunya sudah tak asing lagi dengan hujan. Karena memang setiap tahun Indonesia pasti akan mengalam hal tersebut.

Tentunya karena memang potensi dan letak geografis Indonesia sangat mempengaruhi proses terjadinya hujan. Jika anda belum mengetahui tentang proses hujan seperti apa, maka alangkah lebih baik jika anda menyimak artikel di bawah ini.

Pengertian Hujan Dan Proses Terjadinya Hujan 

Proses Terjadinya Hujan

Proses Terjadinya Hujan

A. Pengertian Hujan

Rasanya kita semua sudah kenal dengan yang dinamakan hujan. Hujan dalam pengertian adalah proses jatuhnya sejumlah zat cair yang berasal dari atmosfer bumi. Yang berwujud cair maupun beku yang turun ke dasar bumi.

Proses Terjadinya hujan juga sangat di pengaruhi adanya atmosfer dalam sebuah proses untuk menemukan suhu yang sesuai dengan titik leleh es di dekat dan dia atas permukaan titik bumi ini.

Dalam pengertian lain hujan juga menjadi sebuah fenomena yang terjadi dan dinamakan proses kondensasi. Yaitu sebuah proses perubahan dari sebuah benda ke dalam benda yang lain. Hal ini dikarenakan proses terjadinya hujan sendiri adalah penguapan air yang terjadi di dalam atmosfer menjadi butiran air yang nantinya akan jatuh ke dalam bumi.

B. Proses Yang Menyebabkan Hujan Terjadi

Nah setelah kita mengetahui mengenai bagaimana pengertian hujan dan dari mana hujan itu berasal maka selanjutnya kita akan membahas mengenai proses yang menyebabkan hujan terjadi seperti di bawah ini

Ada 4 tahapan dalam proses terjadinya hujan

1. Bantuan Panas Matahari

Faktor terpenting dalam terjadinya hujan adalah sinar matahari. Tanpa adanta bantuan dari panas matahari, maka akan sangat mustahil hujan akan terjadi. Panasnya sinar matahari tentunya akan memberikan efek terhadap air baik itu yang ada di laut, sungai, danau dan juga samudra. Hal ini akan membantu terjadinya penguapan. Penguapan ini juga akan terjadi pada manusia dan juga makhluk lainnya.

2. Pemadatan Uap Air Karena  Suhu yang Tinggi

Setelah bantuan dari sinar matahari yang mengakibatkan air yang ada di bumi naik ke angkasa dan sudah berwujud uap, suhu yang panas pun akan ikut berperan dalam mengubah uap air tadi menjadi zat padat seperti embun.  Embun yang banyak tersebut selanjutnya akan menggabungkan diri dan berkumpul untuk menjadi besar dan akan menjadi gumpalan awan.

3.Dengan  Bantuan Angin 

Dengan bantuan suhu tadi titik awan di langit akan membentuk awan yang semakin besar dan akan saling bertabrakan sehingga membentuk awan yang lebih besar. Setelah besar maka awan tersebut akan naik  ke dalam langit yang lebih tinggi untuk menemukan suhu yang dirasa lebih rendah. Dan pada akhirnya warna awan tersebut akan berubah menjadi warna kelabu.

4.Terjadi  Turun Hujan 

Setelah awan tadi berkumpul dan naik ke dalam suhu yang lebih rendah, maka awan akan berubah warna menjadi kelabu. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan air yang ada dalam awan tersebut.  Setelah awan cukup besar dan airnya pun cukup banyak sehingga tidak bisa untuk membendung lagi karena memang beratnya yang luar biasa, maka butiran kecil dari air akan ikut turun ke bumi. Hal ini yang biasa disebut sebagai hujan.

Lebih singkatnya proses terjadinya hujan dapat disimpulkan di bawah ini

  1. Penguapan air di muka bumi yang disebabkan oleh panas matahari
  2. Uap air yang naik ke atas akan membentuk awan
  3. Awan kecil akan dibawa angin sehingga akan bertemu dan berkumpul sehingga menjadi awan yang besar
  4. Semakin berkumpulnya air di dalam awan besar, maka awan besar tersebut akan merubah warna menjadi kelabu karena banyaknya air yang terkandung. Setelah itu air yang ada di awan tersebut turun ke bumi terjadilah proses terjadinya hujan.