Profil Negara Laos : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

By | 27 July 2020

Profil Negara Laos – Setiap negara yang ada didunia memiliki profil dan ciri khasnya masing-masing. Baik dilihat dari segi bahasa, agama serta budayanya. Namun, setiap negara harus tetap menghargai satu sama lain demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bersama.

Laos adalah salah satu negara yang wilayahnya dikelilingi oleh daratan, yakni terletak di semenanjung Indochina Asia tenggara. Negara ini memiliki nama lengkap Republik Demokratik Rakyat Laos. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak profil negara Laos di bawah ini:


Profil

Profil Negara Laos

  • Nama Lengkap : Republik Demokratik Rakyat Laos
  • Nama Asli : Sathanalat Paxathipatai Paxaxon Lao
  • Nama Internasional : People’s Democratic Republic of Laos
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
  • Bentuk Negara : Republik Demokrasi
  • Ibukota : Vientiane (Kota Kayu Cendana)
  • Pemerintah lokal : 13 Provinsi
  • Lagu Kebangsaan : Pheng Xat Lao
  • Bahasa Resmi : Bahasa Lao
  • Semboyan : Perdamaian, Kemerdekaan, Demokrasi, Persatuan dan Kemakmuran
  • Hari Kemerdekaan : 19 Juli 1949
  • Mata Uang : Kip
  • Kode Negara : 856
  • Zona Waktu : UTC+7.

Baca Juga: Profil Negara Vietnam


Sejarah

Nama Laos secara istilah berasal dari kata Ian xang yang artinya kerajaan jutaan gajah. Istilah ini sudah ada sejak abad XIV-XVIII. Laos juga merupakan satu-satunya negara yang tidak memiliki wilayah daratan, karena wilayahnya terjepit. Maka dari itu negara Laos dijuluki The Land Locked Country.

Negara Laos masuk golongan negara termiskin di dunia. Hal tersebut disebabkan negara Laos sering dijajah oleh bangsa asing sejak 1893. Adapun negara-negara yang menjajah yakni Perancis, Amerika Serikat, Jepang, Pathet Lao dan Vietnam.

Akhirnya, Laos berhasil memerdekakan diri saat penjajahan negara Jepang pada tahun 1949. Dahulu awalnya Laos merupakan sebuah kerajaan Nanzhao, kemudian berubah menjadi Lan Xang lalu akhirnya dijajah oleh Jepang dan juga Perancis.


Letak Geografis & Astronomis

Profil Negara Laos

selain profil negara Laos dan sejarahnya diatas. Yang penting untuk diketahui adalah letak astronomis Laos yakni pada 14° LU-22° LU dan 100° BT-107° BT. Sedangkan secara geografis, Laos berbatasan dengan negara-negara berikut ini:

  • Pada bagian Utara bersebelahan dengan Republik Rakyat China (RRC)
  • Di sebelah Timur berdampingan dengan Vietnam
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Thailand dan juga Kamboja
  • Pada bagian Barat berbatas dengan Myanmar serta Thailand.

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa Laos memang sebuah negara dengan wilayah terjepit daratan dan tidak memiliki wilayah lautan. Sedangkan luas wilayahnya sekitar 236.800 Km² atau sama dengan luas wilayah yang ada di Indonesia yakni Kalimantan Timur digabung dengan Kalimantan Selatan.


Bentang Alam

Profil Negara Laos

Laos terletak di semenanjung Indochina Asia tenggara atau sebelah utara dari Semenanjung Malaka. Wilayah dari negara Laos di jepit oleh wilayah daratan.

Negara ini wilayahnya terdiri atas gunung-gunung dan juga hutan yang cukup lebat. Bahkan pada sebelah Timur ada jurang yang sangat curam. Jurang ini asalnya dari Pegunungan Kordilera Annam.

Hampir seluruh batas antara Laos dan Vietnam adalah Pegunungan Kordiera Annam. Adapun puncaknya disebut dengan Gunung Phou Bia yang memiliki ketinggian 2.820 m di atas permukaan laut. Laos juga mempunyai topografi yang terdiri atas dataran tinggi dan rendah.

Selanjutnya di bagian barat, terdapat Sungai Mekong yang menjadi pembatas negara Laos dan Thailand. Sungai Mekong ini terdiri dari lembah-lembah kecil yang dijadikan sebagai tempat pertemuan anak sungai yang lebih besar.

Selain itu, Sungai Mekong juga berperan penting bagi masyarakat Laos. Pasalnya sungai ini digunakan sebagai sarana prasarana lalu lintas, untuk irigasi lahan pertanian dan juga sebagai pembangkit listrik.

Baca juga: Profil Negara Inggris


Iklim Negara Laos

Profil Negara Laos

Negara Laos beriklim tropis dengan suhu rata-rata antara 26°C-28°C. Karena memiliki iklim tropis maka negara Laos mengalami dua musim, yakni musim hujan dan kemarau. Musim hujan berlangsung antara bulan Mei hingga November, sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan Desember -bulan April.

Terjadinya musim hujan akibat adanya angin pasat barat daya yang datang dari kawasan Pasifik Barat. Rata-rata curah hujannya yaitu 1500-2500 mm/tahun. Jadi, bisa Anda simpulkan bahwa profil negara Laos dilihat dari iklimnya hampir sama dengan Indonesia.


Flora dan Fauna

Hampir dua per tiga dari negara Laos ditutupi oleh hutan lebat, maka wilayahnya pun kelihatan masih hijau. Pada bagian pegunungannya pun juga ditutupi dengan hutan lebat di permukaannya.

Namun, sangat berbanding terbalik dengan yang ada di bagian selatan. Bukan lagi berwujud hutan lebat akan tetapi berbentuk padang rumput. Walaupun masih terdapat pohon yang tumbuh dengan jumlah yang sedikit.

Perbedaan flora tersebut dikarenakan adanya kelembaban udara dengan tingkat yang lebih rendah. Sementara itu, untuk faunanya yang terdapat di negara Laos adalah gajah, kerbau liar dan juga harimau. Faunanya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat.

Pemanfaatan tersebut misalnya tenaga gajah yang dimanfaatkan untuk membantu membawa kayu olahan oleh warga setempat.


Sosial Budaya

Profil negara Laos lainnya yakni dilihat dari sosial budaya yang berkembang di sana. Seperti suku yang berkembang di negara Laos cukup kompleks adalah Etnis Lao dengan persentase sebesar 80% dari jumlah seluruh penduduk.

Jumlah penduduknya sendiri berdasarkan survey yang dilakukan tahun 2008 sebanyak 6.677.534 jiwa. Angka ini menggambarkan pertumbuhan penduduk yang tinggi, yaitu sekitar 4,5%. Sedangkan untuk pendapatan perkapitanya hanya sekitar US$ 250.

Meskipun Etnis Leo memiliki jumlah mayoritas, bukan berarti tidak ada etnis lain yang berkembang di sana. Etnis Lao hanya ada di dataran rendah, sedangkan di wilayah pedesaan ada etnis Lao Theung dan Lao Soung.

Baru-baru ini ada pula etnis yang juga ikut berkembang di Laos yaitu Meo atau Hmong, Yao dan Thai. Untuk agama yang dianut masyarakat Laos adalah Budha.


Sektor Ekonomi dan Sumber Daya Alam

Profil Negara Laos

Dikarenakan negara Laos sebagian besar wilayahnya berbentuk hutan, maka sektor ekonomi yang berkembang di sana adalah pertanian. Tumpuan hidup masyarakat Laos adalah dari hasil pertanian.

Sektor pertanian ini selain didukung dari segi lahan juga ditambah dengan adanya curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga berpengaruh dengan melimpahnya hasil pertanian berupa beras, jeruk, jagung, kopi dan tembakau.

Namun, disisi lain tersedianya lahan yang memadai disalahgunakan oleh sebagian masyarakat untuk menanam ganja secara ilegal. Padahal Laos juga kaya akan hasil pertambangannya seperti timah dan juga kayu.

Selain sektor pertanian, sektor industri pun turut meramaikan ekonomi masyarakat Laos. Meskipun masih terbatas hanya pada pengolahan kayu. Keterbatasan ini didasarkan pada kurangnya jalan penghubung seperti kereta api.

Transportasi yang digunakan penduduk Laos adalah jalan raya, penerbangan dan angkutan melalui sungai.

Diatas merupakan penjelasan mengenai profil negara Laos yang beribukota di Vientiane. Salah satu negara di Benua Asia yang beriklim tropis serta mengedepankan sektor pertanian sebagai mata pencaharian.

Berdasarkan profil negara Laos di atas, semoga dapat membantu Anda dan membuat Anda memiliki gambaran keadaan disana.

Profil Negara Laos

Leave a Reply

Your email address will not be published.