Profil Negara Inggris : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

By | 3 August 2020
Profil Negara Inggris

Profil Negara Inggris – Inggris adalah salah satu negara maju dan terkaya yang ada di dunia. Memiliki ibukota London, Inggris juga termasuk salah satu negara modern yang berdiri pertama kali. Oleh karenanya, menyimak profil negara Inggris menjadi hal yang sangat menarik untuk mengenal lebih dalam negara yang satu ini.

Ada banyak hal yang menarik dari Inggris untuk diketahui. Negara ini menjadi salah satu negara yang hingga kini masih menganut sistem kerajaan yang berada di Eropa. Selain itu, Inggris juga membentuk persatuan kerajaan Britannia Raya dengan beberapa negara tetangga.

Negara tetangga yang masuk dalam kerajaan ini adalah Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Karena menggunakan sistem kerajaan, Inggris diperintah oleh seorang ratu dengan gelar Elizabeth II. Sang ratu inilah yang memegang kendali terbesar untuk negara Inggris.


Profil Lengkap Negara Inggris

Profil Lengkap Negara Inggris

Selain Perancis dan Amerika, Inggris adalah negara republik yang pertama kali berdiri di dunia. Negara ini juga memegang peranan yang sangat besar dalam kolonialisme, terutama di wilayah Asia dan Afrika di masa lalu.

Oleh karena itu, membahas profil negara Inggris bisa memberikan pandangan yang lebih luas tentang negara kerajaan ini. Ada beberapa hal yang perlu dibahas terkait profil dari Inggris seperti di bawah ini.

Baca Juga: Profil Negara Kamboja

  • Batas Wilayah dan Letak Astronomis

Dari segi astronomis, Inggris terletak di 49 derajat lintang utara hingga 59,5 derajat lintang utara dan 11 derajat bujur barat dan 2 derajat bujur timur. Karena letaknya ini, Inggris memiliki iklim sub-tropis dimana akan ada empat musim yang berganti sepanjang tahun.

Sedangkan untuk batas wilayah, Inggris dikelilingi oleh wilayah yang berbeda. Adapun batas wilayah Inggris secara lengkap adalah sebagai berikut:

  • Batas sebelah utara adalah Samudera Atlantik
  • Batas sebelah timur adalah Laut Utara
  • Batas sebelah selatan adalah Selat Inggris
  • Batas sebelah barat adalah Irlandia dan Samudera Atlantik.

Adanya batas-batas tersebut menunjukkan bahwa Inggris terletak di posisi yang cukup strategis. Letak wilayah ini menjadikan Inggris sebagai garis penghubung dari benua Eropa dan benua Amerika. Oleh karena itu, Inggris menjadi salah satu negara yang paling ramai di dunia.

  • Keadaan Alam

Negara Inggris memiliki wilayah dengan bentuk kepulauan. Akan tetapi, kepulauan di Inggris termasuk yang dangkal sehingga disebut dengan kepulauan kontinental.

Selain berbentuk kepulauan, keadaan alam di Inggris juga cukup bervariasi. Bagian timur dan selatan Inggris adalah wilayah yang begitu subur dengan lembah hijau yang sejuk. Sedangkan bagian utara Inggris adalah pegunungan yang cukup terjal dengan puncak ketinggian sekitar 1.313 meter di atas permukaan laut.

Lalu, Inggris bagian selatan dipenuhi dengan pegunungan yang menjadi batas wilayah dengan Wales. Di lokasi yang sama, juga terdapat sungai yang dalam, wilayah yang memiliki batu pasir sangat banyak dan menjadi tempat industri.

  • Budaya Inggris

Meskipun masuk dalam kategori negara modern, namun Inggris tetap memiliki budaya yang dijaga hingga saat ini. Bentuk negara yang merupakan kerajaan, membuat upacara peringatan menjadi hal yang terus dilakukan di Inggris hingga saat ini.

Selain itu, Inggris juga memiliki warna budaya yang menarik, terutama perihal seni rupa dan juga seni musik. London menjadi pusat dari kebudayaan yang ada di Inggris. Di kota tersebut terdapat museum tua yang berusia ratusan tahun, yaitu museum The Victoria dan Albert.

  • Perekonomian Inggris

Inggris termasuk negara maju dengan kondisi perekonomian yang sangat baik. Penyumbang kegiatan ekonomi terbesar di Inggris adalah bidang teknologi, sastra dan juga ilmu pengetahuan. Selain itu, menurut data yang beredar, perekonomian Inggris senantiasa tumbuh dalam persentase yang tinggi dari waktu ke waktu.

Ada beberapa bidang sektor perekonomian yang memegang kendali dari pertumbuhan perekonomian di Inggris. Beberapa bidang yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Inggris memiliki sektor pertanian yang cukup berkembang. Hasil dari pertanian yang ada di Inggris adalah kentang, gandum, sayur-sayuran dan juga haver. Selain itu, Inggris juga memiliki peternakan yang sangat maju dengan pengerjaan yang sangat intensive.

Binatang yang banyak menjadi objek peternakan di Inggris adalah unggas, babi, biri-biri dan juga lembu. Untuk masalah peternakan, Inggris memiliki padang rumput yang sangat luas untuk support pakan hewan tadi.

Baca Juga: Profil Negara Myanmar

  • Pertambangan

Wilayah Inggris termasuk salah satu wilayah di Eropa yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Inggris termasuk salah satu negara yang menghasilkan batubara dalam jumlah besar di dunia.

Tambang batubara Inggris ada di beberapa bagian wilayah yang berbeda, seperti Wales bagian selatan, Sungai Tyne, Pegunungan Peak dan dataran rendah yang ada di Skotlandia. Dengan wilayah tambang yang tersebar luas, wajar jika hasil tambang Inggris melimpah.

  • Industri

Inggris menjadi negara dengan kemajuan sektor industri yang begitu pesat. Industri di Inggris bisa dikatakan sangat terkenal dengan wol sebagai salah satu produk utama. Selain wol, Inggris juga memiliki produksi kain lenan, katun, sutra dan beberapa jenis tekstil lainnya.

  • Penduduk

Terkait penduduk, dalam catatan profil negara Inggris, negara ini termasuk salah satu negara yang paling padat di Eropa. Sekitar 90 persen penduduk di Inggris tinggal di wilayah perkotaan yang menjadi sebuah bukti bagaimana tingkat kesejahteraan di Inggris sangat bagus.

Dalam keseharian, penduduk Inggris berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Namun, ada pula bahasa lain yang cukup sering digunakan, seperti bahasa Jerman.

Hal lain terkait penduduk Inggris adalah agama. Anglikan menjadi salah satu agama yang cukup banyak dianut oleh penduduk Inggris. Selain itu, ada beberapa agama lain yang dianut oleh penduduk Inggris seperti Katolik Roma, Baptis, Yahudi, Hindu dan juga Islam dengan jumlah yang bervariasi.

  • Bentuk Pemerintahan

Inggris adalah negara dengan sistem monarki parlementer atau yang kerap disebut dengan istilah kerajaan dengan konstitusi. Kepala pemerintahan Inggris dipegang oleh seorang perdana menteri dan ratu sebagai kepala negara.

Terkait politik di Inggris, ada tiga partai besar yang menjadi wakil dari suara rakyat. Ketiga partai tersebut adalah Partai Konservatif, Partai Buruh dan juga Partai Liberal. Ketua partai yang berkuasa tersebut ditunjuk oleh ratu. Partai-partai juga memiliki kekuasaan untuk menentukan berbagai kebijakan politik yang akan dijalankan oleh pemerintahan.

Inggris menjadi salah satu negara yang bisa dikatakan cukup penting dalam peta dunia. Selain sebagai negara yang maju, Inggris adalah negara yang menjadi patokan jam dunia dengan lintang 0 derajat yang melewati Greenwich.

Selain itu, kerajaan Inggris menjadi salah satu monarki paling kuat hingga saat ini di mana banyak kecenderungan negara-negara Eropa sudah meninggalkannya dan berganti sistem demokrasi. Meskipun, tentu banyak negara yang mengkritik sistem yang dianut oleh Inggris.

Demikian beberapa ulasan mengenai profil negara Inggris yang cukup penting untuk disimak. Sejarah panjang Inggris sebagai salah satu negara maju di Eropa memberikan banyak sekali pelajaran untuk diambil.

Profil Negara Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published.