Pola Aliran Sungai dan Beberapa Contoh Nama Sungai Terkenal di Dunia

By | 13 October 2020
Pola Aliran Sungai

Pola Aliran Sungai – Sungai adalah aliran air yang umumnya memanjang yang bergerak dari hulu ke hilir dengan aliran yang cukup besar. Aliran pada sungai memiliki beberapa perbedaan.

Pola aliran sungai dibedakan karena perbedaan struktur, kemiringan, topografi, dan litologi bantuan yang menjadi dasarnya. Setiap sungai memiliki struktur tempat yang berbeda-beda.

Di setiap daerah sungai terdapat sungai yang mengalir di bawah tanah. Sungai tersebut disebut sungai bawah tanah. Di Indonesia terdapat sungai bawah tanah yaitu di Gua Pindul. Lalu selain sungai yang mengalir di bawah tanah, apa saja pola pada aliran sungai dan hal lainnya tentang sungai, berikut penjelasannya.


Proses Terbentuknya Sungai

Sungai berasal dari terkumpulnya air di suatu permukaan darat yang mengalir ke suatu tempat lebih rendah. Air pada sungai bermacam-macam, ada air hujan, mata air, atau cairan gletser. Bermula dari saluran yang tidak terlalu besar dan tidak panjang, akan tetapi lambat laun saluran yang dilewati air menjadi terkikis secara alami. Hal itu membuat terbentuknya sungai yang besar dan saluran memanjang.

Salah satu terbentuknya sungai juga dapat dipengaruhi oleh pola aliran sungai. Terbentuknya sungai tidak langsung memiliki lebar dan panjang yang tetap. Bertambah atau berkurangnya suatu luas dan panjang aliran sungai bergantung pada proses alamnya. Beberapa sungai memiliki luas yang sangat besar dan beberapa juga memiliki aliran air yang sangat panjang.

Baca Juga: lapisan tanah


Jenis Pola Aliran Sungai

Pola Aliran Sungai

Aliran sungai memiliki beberapa jenis pola yang berbeda-beda. Tempat aliran air mempengaruhi jenis pola aliran. Setiap jenis pola yang terbentuk murni karena peristiwa alam. Batuan yang terdapat pada dasar juga dapat mempengaruhi pola aliran, berikut adalah beberapa pola pada aliran sungai.

1. Dendritik

Pola dendritik memiliki bentuk seperti akar pohon yang bercabang. Bentuk sungai pada pola ini memanjang dengan lebar sungai yang hampir sama di sepanjang sungai. Sungai dengan pola dendritik dapat ditemukan pada daerah datar. Pada hal ini sungai memiliki struktur batuan yang homogen.

2. Radial Sentrifugal

Pola radial sentrifugal memiliki bentuk pola aliran dengan arah menyebar. Aliran ini tersebar secara radial dari ketinggian pada titik tertentu. Sungai pada aliran ini berbentuk seperti garis lengkungan yang hampir ada di setiap sisi badan gunung. Pola aliran ini dapat ditemukan seperti pada puncak gunung berapi yang biasanya dapat dijadikan acuan arah bagi pendaki yang kehilangan arah.

3. Rectangular

Pola rectangular memiliki bentuk aliran air yang mengikuti pola struktur geologinya. Struktur geologi pada pola aliran ini memiliki struktur kekar atau retakan dan sesar atau patahan. Pada hal ini pola aliran rectangular mempunyai ciri saluran air yang berstruktur seperti retakan dan patahan pada tanah dasarnya. Dasar sungai mempengaruhi aliran sungai, pola ini dapat ditemukan pada daerah dengan tanah yang memiliki retakan dan patahan.

4. Trellis

Pola aliran sungai trellis memiliki bentuk seperti pagar yang bentuknya dipengaruhi oleh struktur geologi. Aliran trellis memiliki ciri aliran air yang mengalir lurus pada sepanjang lembah. Membentuk cabang dari lereng curam di kedua sisinya, anak sungai atau cabangnya sejajar menyerupai sungai utama.

Air sungai berjalan mengikuti kemiringan lereng dan bergerak lurus mengikuti saluran utama yang sejajar dengan sumbu lipatan. Aliran air pada pola ini terdapat di daerah patahan. Pada wilayah perkebunan buah anggur juga banyak ditemui.

5. Sentripetal

Pola sentripetal memiliki bentuk yang hampir sama dengan pola radial, hanya saja pola ini sedikit tak beraturan. Aliran ini memiliki aliran yang berlawanan dengan pola aliran radial. Pada sentripetal aliran air bergerak menuju satu tempat berbentuk cekungan atau depresi membentuk suatu danau. Jika cekungan menjadi kering pada musim kemarau akan terbentuk dataran garam.

6. Annular

Pola annular memiliki bentuk aliran yang menyebar secara radial. Pada pola ini jalannya aliran air mengikuti titik ketinggian suatu tempat dan menuju arah hilir dimana air mengalir bersatu kembali. Aliran air pola annular berpengaruh pada ketinggian suatu tempat dan bersatu mengalir pada tempat rendah. Dapat menemukan aliran ini di morfologi kubah/intrusi loccolith.

7. Paralel

Pola paralel memiliki bentuk mengikuti arah kemiringan lereng dengan sedikit cabang sungai. Paralel hampir sama dengan annular, hanya saja terletak pada ujung annual air bersatu mengalir sedangkan paralel tidak dan sedikit cabang berbeda dengan annular. Aliran ini berpola pada morfologi lereng yang memiliki kemiringan seragam. Pola ini dapat ditemui di daerah lereng dengan kemiringan curam dan biasanya memotong wilayah batuan dasar yang terlipat.

8. Pinnate

Pola pinnate memiliki bentuk aliran mengikuti kemiringan suatu tempat dengan ujungnya bersatu mengalir. Bentuknya mirip dengan huruf Y yang pada atasnya terdapat cabang. Aliran ini memiliki muara sungai pada ujungnya yang berbentuk lancip dengan sungai utama atau induk. Pola aliran sungai ini dapat ditemui di bukit dengan lereng yang terjal.

Baca Juga: tata surya


Nama-Nama Sungai

Pola Aliran Sungai

Indonesia memiliki banyak sungai dengan cirinya masing-masing. Dari beberapa sungai yang ada beberapa sungai terkenal namanya karena keunikan. Keunikan tersebut didapat karena struktur, tempat, atau hal lain yang berbeda. Apa saja sungai unik yang cukup terkenal, berikut penjelasannya.

1. Sungai Kapuas

Mendengar namanya mungkin beberapa orang tidak asing. Sungai ini cukup terkenal karena sungai ini dijuluki sebagai sungai terpanjang di Indonesia dan terpanjang di dunia peringkat 138. Panjang sungai ini tercatat memiliki panjang 1.143 km, sangat panjang bukan untuk ukuran sungai. Berada di Kalimantan Barat sungai ini sebagai tempat tinggal bagi 700 jenis ikan, yang termasuk 40 jenis ikan dengan terancam kepunahannya dan 12 jenis ikan langka.

2. Sungai Nil

Sungai Nil atau sungai purba adalah sungai dengan julukan sungai terpanjang yang ada di dunia, tercatat panjang sungai Nil mencapai 6.650 km. Berada di Benua Afrika dengan panjangnya dapat memotong 9 negara sekaligus. Jika mendengar nama sungai ini pasti identik dengan peradaban mesir kuno yang berpengaruh besar. Sungai ini tercatat sebagai sungai pemberi kehidupan karena sungai ini sudah berada sejak berabad tahun lama atau sungai purba.

3. Sungai Amazon

Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia nomor dua dibawah Sungai Nil, dengan tercatat memiliki panjang 6.400 km. Berada di Amerika Selatan yang memiliki berbagai jenis spesies hewan laut, bahkan hewan laut yang terancam punah. Sungai ini dikelilingi oleh hutan yang juga termasuk salah satu hutan terbesar. Sungai Amazon disebut menghubungkan sungai Yangtze, sungai Mississippi, dan sungai Nil.

4. Sungai Yangtze

Terpanjang ketiga di dunia adalah Sungai Yangtze. Sungai ini berada di Tiongkok, yang memiliki kepanjangan 6.300 km. Yangtze juga dikenal sebagai sungai terpanjang di Tiongkok. Selain itu sungai ini juga sungai terpanjang di Asia. Dengan debit air rata-rata 31.900 meter kibik per detik.

5. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi berada di Amerika Serikat dengan panjang 3.734 km. Tercatat sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia dan kedua di Amerika Serikat. Pada sungai ini sumber berada di Danau Itasca yang ada di Minnesota dan ujung sungai berada di Teluk Meksiko. Sungai ini terkenal karena digunakan sebagai destinasi wisata di Amerika Serikat.

Setelah mengetahui proses terjadinya sungai, pola aliran air sungai, dan beberapa nama sungai. Pastinya menambah pengetahuan akan sungai. Mulai dari sungai yang kecil hingga besar terdapat manfaatnya masing-masing. Menjaga keasrian sungai dengan tidak mencemari atau membuang sampah ke sungai adalah hal yang patut dilakukan.

Pola Aliran Sungai

One thought on “Pola Aliran Sungai dan Beberapa Contoh Nama Sungai Terkenal di Dunia

  1. haki

    If you desire to take much from this post then you have to apply these strategies to
    your won webpage.

Leave a Reply

Your email address will not be published.