Pengertian dan Manfaat Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Perubahan Sosial – Pada dasarnya semua orang dalam hidupnya akan mengalami suatu perubahan. Entah perubahan ekonomi maupun sosial. Perubahan sosial biasanya terjadi karena adanya ketidakpuasan terhadap kondisi saat ini. Maka dari itu seseorang ataupun masyarakat berbondong-bondong ingin terjadinya suatu perubahan di bidang sosial.

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan yang dapat mempengaruhi sistem sosialnya. Dengan adanya perubahan dalam sosial akan mempengaruhi sistem sosialnya seperti nilai, norma, sikap, bahkan pola perilaku di antara kelompok kemasyarakatan.

Biasanya perubahan ini terjadi karena adanya perubahan kondisi geografi, perubahan kebudayaan, dan komposisi penduduk. Perubahan itulah yang mempengaruhi keseimbangan sosial yang ada, dan ada beberapa perubahan pun mengalami pengaruh yang besar.

Faktor Terjadinya Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan yang terjadi di dalam masyarakat biasanya karena ada rasa ketidakpuasan terhadap kondisi saat ini. Timbulnya keinginan dari masyarakat untuk menjadi lebih baik pun juga bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, perubahan juga bisa terjadi karena adanya dorongan dari luar ataupun dari dalam masyarakat yang bersangkutan.

Faktor utama terjadinya penyebab perubahan ini biasanya terjadi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya disebabkan dari perubahan jumlah penduduk, terjadinya konflik, terjadinya pemberontakan ataupun gerakan revolusi. Sedangkan faktor eksternal biasanya disebabkan oleh alam, peperangan ataupun pengaruh dari masyarakat lain.

Macam Macam Bentuk Perubahan Sosial

Macam-macam bentuk perubahan di bidang sosial sendiri ada tiga, yaitu berdasarkan kecepatan, perencanaan, dan berdasarkan pengaruhnya.

1. Berdasarkan Kecepatan

Berdasarkan dari segi kecepatan, perubahannya bisa dilihat dari perubahan evolusi dan perubahan revolusi. Perubahan evolusi adalah perubahan yang berlangsung lambat ataupun dalam kurun waktu yang cukup lama dan tidak direncanakan. Sedangkan perubahan revolusi adalah kebalikan dari perubahan evolusi, yaitu berlangsung cepat dan dapat direncanakan.

2. Berdasarkan Perencanaan

Berdasarkan perencanaannya, perubahan dari segi sosial dibagi menjadi dua, yaitu perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan. Perubahan yang direncanakan adalah perubahan yang sudah mempunyai tujuan ataupun dijadikan tujuan oleh pihak yang melakukan perubahan. Sedangkan perubahan tidak direncanakan biasanya perubahan yang tidak dikehendaki dan terjadi di luar pemikiran atau perkiraan masyarakat.

3. Berdasarkan Pengaruh

Berdasarkan pengaruhnya, perubahan di bidang sosial dibagi menjadi dua, yaitu perubahan yang berpengaruh besar dan berpengaruh kecil. Perubahan yang berpengaruh besar biasanya akan berakibat terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, sistem mata pencaharian dan hubungan kerja. Sedangkan pengaruh kecil adalah perubahan yang tidak membawa pengaruh langsung terhadap masyarakat.

Manfaat Dan Dampak Perubahan Sosial

Manfaat ataupun dampak dari terjadinya perubahan di bidang sosial sendiri akan mengalami dampak positif dan berdampak negatif.

1. Manfaat Dan Dampak Positif

Terciptanya lapangan kerja, terciptanya tenaga kerja dengan kualitas baik, terbentuknya nilai atau norma baru, efektivitas dan efisiensi kerja pun meningkat. Selain itu, akan mengalami perkembangan ilmu pengetahuan, tingkat pendidikan ataupun kesadaran politik semakin tinggi, dan masyarakat akan semakin menghargai waktu

2. Manfaat Dan Dampak Negatif

Memicu terjadi kerusakan lingkungan, adanya kesenjangan sosial, lembaga sosial pun tidak berfungsi lagi, memicu konflik sosial dan terjadinya disintegrasi sosial. Selain itu, munculnya permasalahan sosial baru, budaya konsumtif semakin besar karena tingkat konsumsi sendiri akan menggambarkan status orang

Ciri Perubahan Sosial

Semua masyarakat akan merasakan terjadinya perubahan di bidang sosial, baik lambat ataupun cepat. Perubahan yang terjadi pada masyarakat akan membuat terjadinya perubahan pada lembaga sosial lainnya. Selain itu perubahan yang terlalu cepat akan menyebabkan disorganisasi dalam suatu kelompok kemasyarakatan.

 

Leave a Reply