Peristiwa Sejarah Rengasdengklok Latar Belakang, Tujuan Kronologis Lengkapnya

Peristiwa Rengasdengklok adalah sebuah peristiwa penting bersejarah negara Indonesia, dimana pada saat kejadian rengasdengklok disebabkan oleh adanya perbedaan pandapat dan kesepakatan antara golongan muda dengan kesepakatan golongan orang tua, dimana pada saat itu mengadakan runding bersama mengenai masalah kapan proklamasi kemerdekaan indonesia.

Sehingga saat itu, terjadi perdebatan yang sangat panas antara golongan tua dan muda, pada saat itu juga yang menyebabkan latar belakang peristiwa rengasdengklok, dan kapan rengasdengklok terjadi? kejadian peristiwa rengasdengklok. Berlangsung sehari sebelum kemerdekaan indonesia, tepatnya peristiwa rengasdengklok terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, sebelum hari kemerdekaan.

Tokoh yang Terlibat Peristiwa Rengasdengklok

Sejarah Peristiwa Rengasdengklok
liputan6.com

Adapun tokoh-tokah yang terlibat dengan peristiwa sejarah rengasdengklok, yang dibawa oleh para golongan muda. yaitu seorang presiden pertama indonesia dan wakil presiden yaitu.

  • Ir. Soekarno
  • Drs. Moh. Hatta

Para pemuda membawa dua tokoh bersejarah indonesia ini, ke wiayah jawa barat, tepatnya daerah rengasdengklok, dengan tujuan supaya jauh dari jalan raya Jakarta dan Cirebon, supaya terhindar intervensi pihak luar. Sehingga peristiwa ini dinamakan dengan peristiwa rengasdengklok.

Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok
wikipedia.com

Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh.Hatta berada di rengasdengklok, kurang lebih sudah satu hari penuh. Para pemuda menempatkan kedua pemimpin Indonesia supaya para pemimpin bangsa Indonesia tersebut segera menyatakan proklamasi Indonesia, dengan harapan supaya tidak ada campur tangan tentara jepang pada saat kemerdekaan Indonesia di tumuskan.

Dalam tujuan peristiwa rengasdengklok, telah nampak kebiwaan dari kedua pemimpin yang amat besar, sehingga membuat para pemuda terlihat segan untuk mendekati dan pada saat berkomunikasi dengan presiden indonesia tersebut. Nampak wajah para pemuda nampak gugup, tetapi semangat mereka berkobar membara amat besar terhadap bagsa Indonesia.

Dalam pembicaraan tersebut antara Shodanco singgih dengan soekarno, berbicara panjang sekali dan akhirnya, mereka menyepakati bahwa soekarno bersedia untuk menyatakan kapan proklamasi kemerdekaan indonesia dinyatakan, sudah disepakati semua, bahwa akan dinyatakan kemerdekaan indonesia setelah mereka kembali ke Jakarta untuk melakukan peristiwa proklamasi.

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Proklamasi Indonesia
liputan6.com

Berdasarkan ungkapan Soekarno, pada saat Shodanco kembali ke Jakarta untuk menyampaikan berita tentang proklamasi kemerdekaan, yang dimana pada saat itu nanti akan disampaikan langsung oleh Soekarno. Kepada kawan-kawan serta kepada para pemimpin pemuda,

Sebelum kemerdekaan Indonesia di mulai, pada saat di Jakarta terjadi perundingan rapat meja bundar. Antara Achmad Subarjo sebagai yang mewakili golongan tua dengan wikana yaitu yang mewakili dari para golongan muda, dari perundingan itu terjadi pernyataan sepakat antara kedua belah pihak.

Bahwa proklamasi Indonesia harus diadakan dai Jakarta, selai itu laksamana dari jepang yaitu laksamana Tadashi Maeda mengizinkan rumah tempat tinggalnya dijadikan sebgai tempat perundingan, bahkan bersedia menjamin keselamatan para pemimpin bangsa ini.

Kronologi Peristiwa Rengasdengklok

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok
wikipedia.com

Pada saat mendekati tanggal 16 Agustus 1945, tepatnya pada waktu tengah malam para golongan muda mengerjakan sebuah rapat di asrama tempat Baperpi kepanjangan dari badan permusyawaratan pemuda Indonesia letaknya di jalan Cikini No.7 Jakarta. dalam pembahasan isi rapat tersebut, memutuskan supaya mengamankan Ir.Soekarno dan Drs.Muh Hatta keluar dari Jakarta.

Kemudian akhirnya para pemuda memulai untuk menjalankan rencananya yaitu mengamankan Soekarno-Hatta di Rengasdengklok. Kengapa harus memilih tempat rengasdengklok sebagai tempat mengamankan kedua tokoh bersejarah indonesia tersebut, sudah dipertimbangkan sebelumnya menurut perhitungan militer. Rengasdengklok terletak di 15 km dari jalan raya Jakarta dan Cirebon. Selain itu juga, antara batalion Peta Jakarta dan Rengasdengklok saling bekerjasama dan berlatih militer bersama.

Jadi sudah dipastikan dan dalam pertimbangan tersebut, setiap gerakan pasukan Jepang yang akan ke Rengasdengklok dari beberapa penjuru akan dapat dengan cepat diketahui sehingga memudahkan tentara indonesia menghadang tentara jepang dengan kekuatan militer yang cukup.

Sebelum Peristiwa Proklamasi

Penyusun Teks Proklamasi
belajarips.blog

Peristiwa proklamsi diadakan setelah soekarno dan moh.hatta kembali dari Rengasdengklok, tetapi cerita sebelum itu Ir.Soekarno dijemput dirumahnya oleh Chairul Saleh beserta tokoh yang lain yaitu Muwardi. Sedangkan Drs.Muh Hatta dihampiri dan dijemput oleh Sukarni dan juga seorang yang bernama Yusuf Kunto.

Rombongan mereka semua berangkat ke Rengasdengklok, beserta dengan para pengawal pasukan peta rengasdengklok di bawah pimpinan Sodaco Singgih. Seketika itu hilangnya kedua tokoh kemerdekaan indonesia tersebut ( Soekarno-Hatta) baru disadari bahwa soekarno dan hatta sudah tidak ada, oleh golongan tua di Jakarta, tepatnya pada pukul 08.00.

Di Rengasdengklok terjadi pembicaraan pribadi antara Soekarno, Sodanco Singgih. Isi rapat dan perbincangan tersebut Sodanco menyimpulkan bahwa Soekarno bersedia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia segara setelah kembali ke Jakarta, setelah itulah peristiwa kemerdekaan indonesia dimulai pada tanggal 17 agustus 1945.

Tujuan Peristiwa Rengasdengklok

Tujuan dari terjadinya peristiwa rengasdengklok dapat kita simpulkan sebagai berikut:

  1. Mencegah supaya presiden Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang.
  2. Supaya bisa mendesak kedua tokoh agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia terlepas dari segala ikatan kerjasama Jepang.

 

Itu dia beberapa ulasan mengenai kronologi rengasdengklok, yang bisa anda pelajari sebagai tugas sejarah, cukup sekian Pembahasan tentang Peristiwa Rengasdengklok yang sudah saya rangkum secara singkat dan lengkap. Yang berkaitan tentang, latar belakang, tujuan, dan Kronologi peristiwa rengasdengklok. Semoga bermanfaat, terimakasih 😀 .

Tinggalkan komentar