Pengertian Wawancara Adalah : Contoh, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

By | 24 August 2020
Pengertian Wawancara

Pengertian Wawancara – Secara umum, pengertian wawancara adalah suatu kegiatan tanya jawab antara dua pihak yakni pewawancara dan narasumber. Yang dilakukan guna mengumpulkan data, keterangan ataupun pendapat mengenai suatu hal.

Pengertian pewawancara sendiri adalah orang yang mengajukan sejumlah pertanyaan. Sementara narasumber adalah informan atau orang yang memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan pewawancara. Yang mana narasumber ini harus orang yang ahli dalam bidang terkait informasi yang sedang dicari.


Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli

Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli 1

Menurut KBBI, wawancara merupakan kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh pewawancara sebagai orang yang bertanya dan narasumber sebagai orang yang ditanya. Dilakukan untuk mencari sebuah informasi, mendapatkan keterangan atau menayakan pendapat tentang suatu masalah kepada seseorang.

Sementara menurut pendapat para ahli, definisi wawancara adalah sebagai berikut:

Charles Stewart & W.B Cash

Menurut keduanya, wawancara merupakan suatu proses komunikasi atau interaksi dengan sebuah tujuan serius yang telah ditentukan dan dirancang untuk bertukar perilaku serta melibatkan kegiatan tanya jawab.

Robert Kahn & Channel

Wawancara diartikan sebagai suatu pola khusus dari sebuah interaksi. Dimulai secara lisan untuk suatu tujuan tertentu dan difokuskan pada daerah konten yang spesifik dengan proses eliminasi bahan-bahan yang tidak ada keterkaitan secara berkelanjutan.

Lexy J. Moleong

Wawancara ialah suatu percakapan dengan tujuan tertentu yang dilakukan oleh dua pihak yaitu pewawancara dan orang yang diwawancarai. Pada metode ini, peneliti dan responden berhadapan langsung atau bertatap muka untuk memperoleh informasi secara lisan. Dengan tujuan untuk mendapat data yang bisa menjelaskan permasalahan penelitian.

Koentjaraningrat

Mengemukakan pendapat bahwa pengertian wawancara adalah suatu cara atau metode yang digunakan untuk tugas tertentu, mencoba untuk memperoleh informasi dan secara lisan pembentukan responden, untuk berkomunikasi secara langsung atau tatap muka.

Denzig

Menyatakan bahwa wawancara adalah suatu kegiatan yang dibimbing atau dipandu dan rekaman pembicaraan atau tatap muka suatu percakapan di mana seseorang mendapatkan informasi dari orang lain.

Sutrisno Hadi

Mengartikan sebagai proses pembekalan verbal di mana untuk penanganan secara fisik dibutuhkan dua orang atau lebih. Orang dapat menatap muka orang lain dan mendengarkan suara telinganya sendiri. Ternyata informasi langsung alat pengumpulan pada beberapa data sosial, baik laten ataupun manifest.

Ankur Garg

Menurut pendapat Ankur Garg, wawancara bisa menjadi alat apabila dilakukan oleh orang-orang yang mempekerjakan orang tertentu. Seperti calon kandidat untuk posisi, jurnalis, atau orang-orang biasa yang mencari tahu kepribadian seseorang atau mencari suatu informasi.

Arikunto

Definisi wawancara menurutnya ialah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk mendapatkan informasi dari terwawancara atau narasumber.

Sugiyono

Mengemukakan anggapan bahwa wawancara merupakan suatu teknik atau metode untuk pengumpulan data yang dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstuktur. Yang mana dapat dilakukan baik secara langsung atau tatap muka maupun dengan memakai jaringan telepon.

Baca Juga: Pengertian Penelitian


Jenis-Jenis Wawancara

Jenis Jenis Wawancara 1

Dilihat dari segi pelaksanaannya, wawancara dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu wawancara terpimpin, wawancara bebas dan wawancara bebas terpimpin. Untuk lebih jelasnya, ketahui di bawah ini:

Wawancara Terpimpin

Pengertian wawancara terpimpin adalah jenis wawancara di mana pewawancara telah memiliki daftar pertanyaan yang lengkap, terstuktur dan terinci untuk kemudian diajukan kepada narasumber.

Wawancara Bebas

Merupakan jenis wawancara di mana pertanyaan tidak dipersiapkan lebih dulu sehingga pewawancara bebas bertanya kepada responden. Namun pertanyaan tetap harus memperhatikan keterkaitan dengan data yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaannya, pertanyaan pada saat wawancara bebas terkadang menjadi tidak terkendali jika tidak berhati-hati.

Wawancara Bebas Terpimpin

Adalah jenis wawancara kombinasi antara wawancara bebas dan wawancara terpimpin. Di mana dalam pelaksanaannya, pewawancara sudah mempunyai pedoman mengenai topik yang akan dibahas secara garis besar.


Fungsi Wawancara

Fungsi Pertanyaan Tujuan Karir Dalam Wawancara

Fungsi dari diadakannya kegiatan wawancara secara umum adalah untuk menggali informasi dari narasumber. Untuk selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Agar dapat terhindar dari kesalahan informasi atau data yang kebenarannya masih simpang siur.
  • Informasi atau data yang didapat dari hasil wawancara merupakan pelengkap untuk informasi awal.
  • Menggali kemungkinan adanya sebuah perspektif baru atas suatu masalah yang terjadi.
  • Memperoleh informasi secara komprehensif, akurat dan jelas serta mendalam.
  • Mendapatkan informasi atau data yang sifatnya objektif dan berimbang.

Baca Juga: Pengertian Media Sosial


Tujuan Wawancara

Tujuan Wawancara 1

Berdasarkan pengertian wawancara, tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk memperoleh data atau informasi yang akurat dari narasumber dengan cara menyampaikan beberapa pertanyaan. Sementara secara khusus, tujuan wawancara adalah sebagai berikut:

  • Untuk menggali dan mendapatkan data atau informasi langsung dari orang pertama (primer).
  • Untuk melengkapi data atau informasi yang telah diperoleh dan dikumpulkan dari teknik pengumpulan data lainnya.
  • Untuk mengkonfirmasi dengan menguji hasil pengumpulan data-data lainnya.

Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian wawancara dan beberapa di atas. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan wawancara ini dilakukan untuk mendapat dan mengumpulkan informasi yang diinginkan.

Pengertian Wawancara

Leave a Reply

Your email address will not be published.