Pengertian dan Manfaat Mengimani Qada dan Qadar Secara Singkat dan Jelas

Qada dan qadar – Qada dan Qadar adalah rukun iman yang harus diimani oleh setiap makhluk ciptaan Allah SWT. Namun sebelum mengimaninya tentu anda berpikir apa sebenarnya qada dan qadar itu.

Mungkin anda sudah tahu apa itu qada dan qadar, akan tetapi penjelasan yang lebih mendalam belum di ketahui. Oleh karena itu untuk memantapkan iman kepada qada dan qadar ini harus memahami betul – betul tentang hal ini.

Pengertian dan Manfaat Mengimani Qada dan Qadar 

Pengertian Qada Dan Qadar

Pengertian Qada Dan Qadar

Dilihat dari segi bahasa, antara qada dan juga qadar mempunyai arti yang berbeda. Di antaranya yang akan kami bahas berdasarkan pengertian sesuai bahasa dan pengertian istilah. Berikut ini pembahasan singkan yang akan kami sampaikan :

A. Pengertian Sesuai Bahasa

Qada

Qada memiliki arti hukum, ketetapan, penciptaan, perintah, dan kehendak. Ada juga para ulama yang menafsirkan bahwa qada adalah ketetapan yang telah terjadi dan sudah di alami.

Dengan demikian qada bisa di artikan sebagai keputusan. Sedangkan artian yang lebih jelasnya qada adalah ketetapan yang diberikan Allah SAW kepada makhluk ciptaannya.

Qadar

Qadar memiliki arti kepastian, ukuran, dan peraturan. Namun kebanyakan para ‘ulama memiliki tafsir yang berbeda bahwa qadar adalah suatu ketetapan yang belum terjadi.

Walaupun qada dan qadar ini memiliki arti yang berbeda, namun qada dan juga qadar termasuk salah satu rukun iman yang harus diimani.

Jadi qada dan qadar adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa takdir itu pasti ada dari Allah SWT. Baik itu yang sudah terjadi ataupun belum terjadi. Sehingga dengan memahami arti  yang sesungguhnya kita dapat merenungi bahwa sesuatu yang ada di bumi semuanya atas izin Allah SWT.

B. Pengertian Qada dan Qadar Sesuai Istilah

Qada

Sesuai istilah qada adalah ketetapan Allah yang diberikan kepada hambanya sejak lahir. Dengan demikian qada adalah semua hal baik dan buruk, hidup dan mati, dan sebagainya kepada makhluk ciptaannya.

Qadar

Qadar dapat diartikan sebagai perwujudan dari ketetapan yang di berikan Allah kepada makhluk ciptaanNya. Qadar ini juga berlaku untuk semua makhluk ciptaannya, tidak sebatas manusia saja. Dan qadar ini mencakup semuanya, yaitu yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan yang akan terjadi.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa qada ada apabila qadar itu ada. Atau bisa dikatakan qada dan qadar lebih dulu qadar daripada qada.


Manfaat Mengimani Qada Dan Qadar

Dengan kita percaya dan mengimani adanya qada dan qadar yang ditetapkan Allah, maka tidak mungkin tidak ada manfaat sedikit pun. Manfaat mengimani qada dan qadar, di antaranya :

1. Menjadi Hamba Yang Banyak Bersyukur Dan Selalu Bersabar

Ketika kita telah mengimani qada dan qadarr dengan sepenuh hati maka kita akan lebih banyak bersyukur. Bersyukur tentunya karena akan takdir yang diberikannya. Dengan begitu setelah kita bersyukur tentu kita juga akan lebih bersabar atas takdir yang diberikan juga.

2. Menjadikan Hamba Yang Optimis Dan Pekerja Keras

Seandainya manusia tidak memahami apa takdir yang diberikan oleh Allah, maka tentu hamba tersebut akan merasa kecewa. Dan ketika hamba tersebut mendapat sesuatu yang tidak disukai tentu hamba tersebut akan berusaha untuk mendapat yang lebih baik. Sehingga optimisme dan keinginan menjadi pekerja keras akan tumbuh.

3. Menjadikan Jiwa Seorang Hamba Lebih Tenang

Setiap hamba yang mengimani akan adanya qada dan qadar tentu akan membuat seorang hamba lebih tenang dalam hidupnya. Karena semua yang di hadapi dan dijalani di bumi semua ini atas izin dari Allah SWT.

4. Menjadikan Hamba Yang Rendah Diri Dan Tidak Mudah Putus Asa

Dengan mengimani qada dan qadar tentu akan menjadikan hamba yang lebih bersyukur. Ketika rasa syukur itu muncul tentu akan membuat seorang yang lebih rendah diri di hadapan Allah SWT. Selain itu ketika seorang hamba mengalami kesusahan dalam usahanya tentu hamba tersebut akan lebih berusaha lagi sampai berhasil. Sehingga setelah usaha yang dilakukan berhasil tentu akan membuat tersebut menjadi hamba yang tidak mudah putus asa dalam berusaha.

Leave a Reply