Pengertian MYSQL Adalah : Contoh, Kegunaan dan Keistimewaan

Pengertian MYSQL

Pengertian MYSQL – ialah sebuah tools khusus untuk mengelola database dalam sebuah komputer. Sifatnya open source. Hal ini memungkinkan user untuk mengetahui dengan jelas bagaimana kinerjanya, bahkan bisa mengembangkannya sesuai keinginan.

Dalam dunia teknologi, MYSQL terbilang sangat populer. Perusahaan-perusahaan kecil maupun menengah mulai menggunakannya. Begitu pula dengan programmer dalam dunia web.

MYSQL ini memiliki sejumlah kelebihan yang dipandang sangat bermanfaat dalam pengolahan data. Meskipun begitu, ada kelemahan yang dimilikinya. Apa saja kelemahannya? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Pengertian MYSQL Menurut Para Ahli

Pengertian MYSQL Menurut Para Ahli

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang pengertian MYSQL ini. Untuk menjelaskannya secara gamblang, pendapat dari para ahli ini bisa menjadi rujukan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Arief (2011)

Arief berpendapat bahwa MySQL adalah satu jenis database terkenal dan telah banyak digunakan untuk membangun aplikasi web. Pembuatannya ini dilakukan dengan memanfaatkan database sebagai sumber pengelolaannya. Tools pembuat aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai platform seperti windows.

Aditya (2011)

Menurut Aditya, pengertian MYSQL adalah sebuah perangkat lunak sistem managemen berbasis data SQL dan DBMS yang multithread dan multiuser. MySQL ini tersedia secara gratis di beberapa perangkat lunak. Dan tools sudah memperoleh lisensi General Public License (GPL).

Sulhan (2007)

Sulhan berpendapat kalau MySQL merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sebuah database di lingkungan linux maupun Windows. Software ini gratis. Yang artinya bisa didapatkan langsung dari internet untuk kemudian dimanfaatkan dalam membangun sebuah aplikasi web sesuai keinginan.

Dari penjelasan para pakar ini bisa dipahami kalau MySQL adalah software open source berlisensi GPL yang digunakan untuk pada perangkat lunak untuk keperluan proyek tertentu. Penggunaannya lebih mudah, serta pengelolaan data melalui software ini lebih efektif lantaran script yang ditanamkan dalam software akan secara otomatis memberikan perintah pada sistem.

Baca Juga: Pengertian Asuransi


Sejarah Tentang MySQL

Sejarah Tentang MySQL

Sederhananya, pengertian MYSQL dipahami sebagai salah satu alat atau software untuk mengelola/memanage database. Kelahirannya memerlukan waktu yang panjang. Sampai pada masanya, software ini diterima sekaligus digunakan oleh jutaan pengguna di dunia.

Sejarahnya bermula pada tahun 1994. Seorang programmer asal Swedia bernama Michael Monthy mengembangkan sebuah sistem database sederhana. Sistem ini dinamai dengan UNIREG yang memiliki kemampuan indexing.

Program ini mendapatkan perhatian dari perusahaan Swedia, TcX. Sistem ini diproyeksikan untuk kebutuhan proyek web yang sedang dijalankan perusahaan. Sayangnya, perusahaan menilai bahwa sistem tersebut dianggap kurang cocok dengan database dinamis pada web.

Tidak sesuai harapan, perusahaan mencari alternatif. Perusahaan memilih proyek yang dikembangkan oleh David Hughes. Sistem yang dikembangkan Hughes adalah MSQL (Mini SQL).

Nyatanya, sistem yang dibuat ini tidak memberikan kepuasan bagi perusahaan. Pasalnya, sistem ini tidak mendukung indexing. Artinya, ada kebalikan dengan sistem yang dikembangkan oleh Monthy.

Setelah itu, Hughes, Monthy dan perusahaan TcX menjalin kerjasama. Kerjasama ini dilakukan dengan proyek pengembangkan sistem database yang lebih baik. Yakni sistem yang dikembangkan sebelumnya saling melengkapi.

Dari pengembangan ini, munculnya tools baru yang dinamai dengan MYSQL. Tools ini diliris pada tahun 1995. Tools ini terus dikembangkan sampai pada akhirnya dikelola oleh perusahaan bernama Oracle.

Oracle sendiri merupakan perusahaan software terbesar di dunia. Dari sini, software tersebut mulai dipublikasikan. Akhirnya, sofware tersebut mulai digunakan secara meluas ke seluruh dunia, khususnya dalam dunia teknologi komputer.


Fungsi Utama Dari MySQL

Fungsi Utama Dari MySQL

Bicara mengenai fungsinya, MySQL memiliki fungsi untuk mengelola database secara terstruktur. Data ini akan diolah ke dalam sebuah sistem. Hasilnya akan menjadi sebuah informasi penting yang mana bisa diakses oleh orang lain.

Bagi developer web, keberadaan software ini sangatlah membantu. Paling tidak, software ini memberikan kemudahan dalam hal pengelolaan data melalui bahasa khusus yang dikenali oleh sistem. Bahasa ini akan terlihat dalam web sebagai phpMyAdmin. Penerapannya bisa dilihat pada situs blog, E-Commerce, sampai CMS.

Baca Juga: Pengertian Masyarakat


Kelebihan Dan Kekurangan MySQL

Kelebihan Dan Kekurangan MySQL

Sebagai salah satu software pengelola data, MySQL tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Pengembang web tentunya mengetahuinya. Namun kelebihannya dipandang lebih besar ketimbang kekurangannya.

Untuk kelebihannya sendiri, software ini terbilang gratis. Pengguna bisa memperolehnya dengan mudah. Kemudian penggunanya bisa mengoperasikannya menggunakan bahasa-bahasa pemograman yang telah dipelajari sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, tingkat keamanannya juga tinggi. Software ini diberikan fitur subnetmask yang memungkinkan software terlindungi lebih baik. Oleh karenanya, banyak pengembang web yang memanfaatkan software tersebut.

Sementara untuk kekurangannya, MYSQL belum memiliki dukungan yang baik untuk koneksi bahasa pemograman visual. Kemudian software ini juga masih belum mampu menangani data-data yang lebih besar. Contohnya adalah belum adanya dukungan pada widowing function.

Terlepas dari kekurangan ini, software ini nyatanya menjadi andalan bagi pengembang web dalam mengelola database pada websitenya. Itulah sekilas informasi tentang pengertian MYSQL serta kelebihan dan kekurangannya dalam bidang teknologi.

Pengertian MYSQL

Leave a Reply

Your email address will not be published.