Pengertian Masyarakat Adalah : Contoh, Ciri-Ciri, Macam dan Fungsinya

By | 21 March 2020
Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat – Pengertian masyarakat bisa dipahami sebagai suatu kelompok manusia yang hidup bersama-sama di suatu wilayah yang membentuk sebuah sistem, baik sistem tersebut semi terbuka maupun semi tertutup, yang mana interaksi yang terjadi di dalamnya adalah antara individu-individu yang ada di kelompok tersebut.

Sebenarnya secara etimologis kata ‘masyarakat’ berasal dari bahasa Arab ‘musyarak’ yang memiliki arti hubungan (interaksi). Sehingga secara sederhana masyarakat bisa didefinisikan juga dengan suatu kelompok manusia yang hidup bersama-sama di suatu tempat yang saling berinteraksi dalam suatu komunitas teratur.

Suatu masyarakat terbentuk karena setiap manusia dengan menggunakan perasaannya, pikirannya, dan hasratnya bereaksi terhadap lingkungannya. Hal ini menunjukkan jika manusia merupakan makhluk sosial yang secara krodati memang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.


Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli

Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli

  1. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto mengatakan jika masyarakat pada umumnya memiliki ciri-ciri seperti:

  • Manusia yang hidup bersama di sebuah lingkungan yang sama dan sekurang-kurangnya terdiri dari dua orang.
  • Bercampur atau bergaul dalam jangka waktu yang lama.
  1. Emile Durkheim

Pengertian masyarakat menurut Emile Durkheim adalah suatu kenyataan objektif dari orang-orang sebagai anggotanya.

  1. Max Weber

Mendefinisikan masyarakat sebagai satu struktur atau aksi yang pokok utamanya ditentukan oleh harapan serta nilai-nilai yang dominan pada warganya.

  1. An-Nabhani

Masyarakat adalah sekelompok manusia yang memiliki pemikiran, perasaan, sistem atau aturan yang sama, dan terjadi interaksi antar sesama karena kesamaan tersebut untuk kebaikan masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri.

  1. Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan sebuah kebudayaan.

Baca Juga: Pengertian Komputer


Ciri-ciri Masyarakat

Ciri-ciri Masyarakat

Setelah tahu apa itu pengertian masyarakat, pertanyaan yang akan muncul selanjutnya adalah seperti apa ciri-ciri masyarakat itu sendiri?

  1. Berada di wilayah tertentu

Berdasarkan definisi masyarakat di atas, bahwa suatu kelompok masyarakat mendiami suatu wilayah tertentu secara bersama-sama serta memiliki suatu sistem yang mengatur hubungan antar individunya.

  1. Hidup secara berkelompok

Secara kodrati manusia adalah makhluk sosial sehingga akan selalu membentuk sebuah kelompok berdasarkan kebutuhan bersama. Pada akhirnya sekelompok manusia ini akan semakin besar dan berubah menjadi suatu masyarakat yang saling tergantung satu dengan yang lainnya.

  1. Terdapat suatu kebudayaan

Sekelompok manusia yang hidup bersama dalam waktu tertentu pasti akan melahirkan sebuah kebudayaan yang akan selalu mengalami penyesuaian serta akan diwariskan secara turun-temurun.

  1. Terjadi perubahan

Pada dasarnya masyarakat memiliki sifat dinamis, jadi wajar saja jika suatu masyarakat pasti akan mengalami perbuhan dari waktu ke waktu. Perubahan yang terjadi akan disesuaikan dengan kebudayaan yang sebelumnya sudah ada.

  1. Terdapat interaksi sosial

Interaksi ini bisa terjadi jika individu-individu saling bertemu satu dengan yang lainnya. Dan salah satu syarat terbentuknya sebuah masyarakat adalah jika antar individu tersebut terjadi interaksi satu dengan lainnya.

  1. Terdapat pemimpin

Dalam suatu masyarakat dibutuhkan yang namanya aturan dan norma. Untuk itu butuh yang namanya seorang pemimpin untuk menindaklanjuti hal-hal yang sudah menjadi kesepakatan sehingga bisa berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Terdapat stratifikas sosial

Di dalam sebuah masyarakat pasti akan menciptakan golongan tertentu, baik itu berdasarkan tugas dan tanggung jawab, maupun religiusitasnya.


Jenis-Jenis Masyarakat

Jenis-Jenis Masyarakat

Secara umum, masyarakat bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

Masyarakat Primitif (Sederhana)

Adalah jenis masyarakat yang didalamnya belum terjadi perkembangan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan mereka. Umumnya masyarakat primitif ini masih terisolasi dan jarang berinteraksi dengan masyarakat lain di luar komunitasnya. Adapun ciri-ciri dari masyarakat primitif adalah:

  • Masyarakatnya masih berpatokan kepada budaya nenek moyang
  • Masyarakatnya masih miskin ilmu dan harta
  • Pemimpinnya dipilih berdasarkan dari garis keturunan
  • Menolak budaya asing di dalam komunitasnya.

Masyarakat Modern

Pengetian masyarakat modern adalah jenis masyarakat yang sudah mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru serta sudah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya masyarakat modern ini sangat terbuka dengan hal-hal baru serta sering berinteraksi dengan masyarakat di luar komunitasnya.

Baca Juga: Pengertian Kurikulum


Fungsi Sosial Masyarakat

Fungsi Sosial Masyarakat

Ada empat faktor yang menunjukkan eksistensi dan fungsi sosial masyarakat, diantaranya adalah:

Social Alignment

Adalah sistem pengelompokan berdasarkan umur, jenis kelamin, kekerabatan, serta bebagai bentuk perkumpulan yang berdasarkan pekerjaan yang sama, status peranan, dan kedudukan.

Social Controls

Sistem dan proses yang memiliki tujuan untuk mengatur kegiatan serta tingkah laku setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Sistem ini dinamakan dengan sistem pengendalian sosial yang tujuannnya adalah untuk mengendalikan tiap-tiap anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.

Social Media

Social Media ini semacam peralatan dan perlengkapan. Social Media bisa berupa bahasa maupun benda yang dijadikan sebagai media untuk melakukan interaksi dan komunikasi antar individu di masyarakat tersebut.

Social Standards

Adalah ukuran sosial yang digunakan untuk menentukan dan menilai kegiatan-kegiatan serta untuk menilai efektif tidaknya kegiatan tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi unsur atau komponen-komponen yang ada di dalam masyarakat. Oleh sebab itu untuk memahami dinamika yang ada di dalam masyarakat, tahu pengertian masyarakat saja bisa dikatakan sangat kurang.

Pengertian Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published.