Pengertian Komputer Adalah : Contoh, Fungsi, Jenis dan Komponen

By | 21 March 2020
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer – Sepertinya, hampir semua orang tahu apa itu komputer. Akan tetapi, tidak semua dari mereka bisa menjelaskan pengertian komputer.

Bahkan, anak-anak muda sekarang yang sudah fasih menggunakan komputer pun tidak bisa menjelaskan apa itu komputer. Mereka mungkin hanya tahu kalau komputer itu alat yang digunakan untuk mengetik atau main game. Itu saja.

Sebenarnya, komputer itu adalah alat yang digunakan untuk memproses data. Setidaknya ini awal dari tujuan dibuatnya komputer. Ini pula yang menjadi definisi atau pengertian komputer.

Lalu, apakah Anda tahu siapa penemu komputer? Banyak yang secara spontan mengatakan Bill Gates. Itu jawaban yang salah. Namun, bisa dipahami kenapa banyak yang menjawab Bill Gates. Karena memang orang inilah yang sangat berkaitan dengan komputer.

Penemu komputer itu bernama Charles Babbage. Hanya saja, pada saat itu, bukan komputer namanya. Babbage memberi nama Difference Engine no.1. Hanya saja, sekarang disebut dengan komputer.

Awalnya, komputer (yang kala itu disebut dengan Difference Engine no.1) dibuat untuk menghitung. Jadi, pada waktu itu alat tersebut dikenal dengan mesin penghitung. Hanya saja, alat tersebut semakin disempurnakan sehingga tidak lagi hanya sebagai mesin penghitung.


Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa

Seperti yang disinggung sebelumnya, awal mula ditemukan komputer itu disebut dengan mesin penghitung. Dan lihatlah komputer pada saat ini. Jelas bukan sebagai mesin penghitung saja, kan?

Ada perkembangan yang begitu signifikan. Dan perubahan tersebut tidak terjadi begitu saja. Ada tahapan-tahapan yang menjadikan komputer bertransformasi dari masa ke masa. Ini pula yang membuat pengertian komputer berubah.

Baca Juga: Pengertian Teknologi Informasi

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi paling awal ini dirancang pada tahun 1942. Namun, proses pembuatan komputer baru dimulai pada tahun 1943. Pembuatannya memakan waktu hingga 3 tahun. Proyek ini diserahkan pada John Presper Eckart dan Dr. John W. Mauchy di University of Pennsylvania.

 

Jangan bayangkan komputer pada waktu itu sama seperti saat ini. Komputer generasi pertama ini memakan tempat hingga 500 meter persegi. Sangat besar, bukan?

 

Bukan hanya bentuknya saja yang besar. Daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan komputer tersebut juga sangat tinggi, yaitu 140 kilowatt.

 

Komputer Generasi Kedua

Anda pasti tidak asing dengan nama IBM? Ini perusahaan yang membuat komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua ini dibuat pada tahun 1959. Bisa dikatakan ini merupakan transformasi komputer yang begitu signifikan.

 

Salah satu kelemahan dari komputer generasi pertama adalah harga yang mahal. Oleh sebab itu, komputer tidak begitu menarik pada waktu itu.

 

Akan tetapi, IBM membuat perubahan. Mereka membuat super komputer yang diberi nama Stretch dan Sprery-Rand. Mereka juga membuat komputer yang diberi nama LARC. Ini beda dengan dua super komputer sebelumnya.

 

Terlepas dari nama yang berbeda, ketiganya adalah komputer yang kecil. Karena bentuknya yang lebih kecil, harganya pun lebih murah. Pada waktu itu, perusahaan dan juga universitas mulai menggunakan komputer generasi kedua ini.

 

Komputer Generasi Ketiga

Ini muncul pada tahun 1964. Ini menjadi jawaban dari kelemahan komputer generasi kedua.

 

Kelemahan dari komputer generasi kedua adalah terlalu cepat panas. Jack Billy, seorang ilmuan, membuat penelitian untuk mencari solusi atas masalah tersebut. Hingga akhirnya ditemukanlah IC atau Integrated Circuit. Ini komponen kecil yang mampu menggabungkan beberapa komponen.

 

Komputer generasi ketiga ini sudah lebih canggih. Pasalnya, antar komputer sudah bisa dihubungkan. Jadi, komunikasi bisa dilakukan dengan menghubungkan lebih dari satu komputer.

 

Komputer Generasi Keempat

Generasi keempat ini muncul pada tahun 1979 hingga 2000an. Ciri-cirinya adalah sudah digunakannya LSI atau Larga Scale Integration. Ini membuat lebih banyak komponen dijadikan menjadi satu dalam bentuk yang semakin kecil.

 

Imbasnya ada pada bentuk komputer. Komputer generasi keempat ini semakin kecil.

 

Komputer Generasi Kelima

Pada generasi ini, mulailah muncul peran dari Bill Gates. Dan inilah orang yang sangat berpengaruh dalam perkembangan komputer hingga saat ini.

Bill Gates menjadi pelopor penggunaan hardware dan software standard untuk komputer. Hingga akhirnya komputer harus sesuai dengan spesifikasi dari orang yang satu ini.

 

Perkembangannya tidak hanya dalam hal bentuk yang lebih kecil. Perubahan juga terjadi pada kualitas gambar dan kecepatan. Setelah itu, lebih banyak software yang dikembangkan sehingga komputer menjadi alat yang semakin canggih.

Memahami pengertian komputer saja tidak cukup. Jika tahu sejarah perkembangan dan transformasinya, betapa luar biasa perubahan zaman yang mempengaruhi perubahan komputer.

Baca Juga: Pengertian Kurikulum


Komponen Utama Pembentuk Komputer

Komponen Utama Pembentuk Komputer

Terlepas dari perkembangan komputer, ada tiga komponen utama yang sepertinya tidak berubah.

  1. Hardware

Ini juga disebut dengan perangkat keras yang meliputi RAM, Motherboard, Harddisk, dan lain sebagainya.

  1. Software

Ini meliputi program atau aplikasi yang dijalankan di dalam komputer.

  1. Brainware

Ini adalah Anda sebagia pengguna komputer.

Semoga saja informasi singkat ini tidak hanya membuat Anda tahu pengertian komputer tapi juga bagaimana transformasi komputer dari masa ke masa. Dan dari informasi ini, Anda bisa memprediksi akan seperti apa komputer dikembangkan di masa yang akan datang.

Pengertian Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.