Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Berdasarkan Unsur dan Sifatnya

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli – Tahukah kamu bahwa kita ini merupakan makhluk budaya, yang telah diberi akal untuk berfikir oleh tuhan yang maha esa, sehingga banyak sekali dan beraneka ragam, kemampuan yang dimiliki oleh manusia itu sendiri, terus apa alasan manusia bisa disebut sebagai makhluk budaya? Karena.

Kehidupan manusia sangatlah komplek, begitu pula hubungan yang berjalan pada manusia sangatlah luas. Hubungan selanjutnya mampu berjalan pada manusia bersama manusia, manusia bersama alam, manusia bersama makhluk hidup yang ada di alam, dan manusia bersama Sang Pencipta. Setiap hubungan selanjutnya perlu berjalan seimbang. Selain itu manusia juga diciptakan bersama sesempurna penciptaan, bersama sebaik-baik bentuk yang dimiliki.


Pengertian Kebudayaan Secara Bahasa


Pengertian Kebudayaan Adalah
jjangnews.blogspot

Secara bahasa manusia berasal berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang artinya berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara makna manusia mampu diartikan sebuah rencana atau sebuah fakta, sebuah ide atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.

Budaya atau kebudayaan di dalam Bahasa Belanda di istilahkan bersama dengan kata culturur. Dalam bahasa Inggris culture. Jika dicari dalam bahasa Latin berasal dari kata colera.

Budaya adalah suatu langkah dalam hidup yang berkembang serta memiliki bersama dengan oleh sebuah kelompok orang yang telah diwariskan dan berasal dari generasi ke generasi. Budaya yang terbentuk tidak hanya berasal dari satu sisi, tetapi bisa berasal dari banyak unsur yang sangat rumit, terhitung proses agama dan politik, tradisi istiadat, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni, bahasa.


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli


Pengertian Kebudayaan Kebudayaan Menurut para Ahli
hedisasrawan.blogspot

Ada beberapa ahli yang menerangkan tentang pengertian kebudayaan, yang berada dalam diri manusia, beberapa diantaranya yang membahas bahwa Manusia sebagai makhluk budaya beberapa diantaranya dari dalam negeri (Indonesia) Seperti:

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Dalam Negeri


Ki Hajar Dewantara

Pengertian kebudayaan adalah buah budi manusia yang telah di hasilkan, dalam perjuangan timbal balik kepada manusia terhadap dua dampak yang kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti dari kejayaan hidup manusia yang memiliki beraneka ragam kendala dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya dalam manfaat raih keselamatan dan kebahagiaan yang terhadap lahirnya berbentuk tertip dan damai.

Parsudi Suparlan

Menurut Pasudi Suparlan pengertian kebudayaan adalah dalam keseluruhan pengetahuan manusia, dikarenakan sebgai makhluk sosial yang digunakannya untuk menjelaskan dan menginterpretasikan kepada lingkungan dan pengalamannya, serta jadi landasan bagi tingkah laku setiap individu.

Drs. Mohammad Hatta

Menurutnya pengertian kebudayaan adalah ciptaan dari sebuah kebiasaan dalam suatu bangsa.

R. Seokmono

Pengertian kebudayaan dari R.Soekmono, bahwa kebudayaan adalah segala sesuatu dari hasil bisnis manusia itu sendiri, baik berbentuk benda atau hanya berbentuk buah pikiran dan dalam penghidupan.

Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi

Arti dari kebudayaan bisa bermakna dengan seluruh hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, bahwa pengertian kebudayaan adalah sebuah proses dalam melakukan gagasan, tindakan, dari hasil karya manusia dalam rangka menghidupkan kondisi penduduk supaya manusia dapat belajar.

 

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Luar Negeri


Adapun pembahasan yang menerangkan pengertian kebudayaan menurut para ahli luar negeri beberapa diantaranya yang membahas bahwa Manusia sebagai makhluk budaya diantaranya seperti.

E.B. Taylor

Pengertian kebudayaan menurut E.B. Taylor arti kebudayaan adalah suatu dalam keseluruhan yang bersifat kompleks meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesusilaan, hukum, tradisi istiadat, seni, yangberada dalam diri manusian serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh manusia sebagai bagian masyarakat.

Kluckhohn dan Kelly

Pengertian kebudayaan menurut Kluckhohn dan Kelly, seluruh rancangan dalam hidup yang tercipta secara historis dalam pengalaman, baik yang tersurat maupun yang tersirat, irasional, rasional yang ada terhadap suatu waktu sebagai pedoman yang sangat potensial untuk prilaku manusia itu sendiri.

Sir Edwards B Tylor

Pengertian kebudayaan menurut Sir Edwards B. Tylor bahwa kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks berasal dari inspirasi serta segala sesuatu yang telah dihasilkan oleh manusia, hampir sama dengan pengalaman historis.

Bounded et Al

Menurutnya, pengertian kebudayaan adalah sebuah hal yang berbentuk oleh pengembangan serta transmisi, yang berasal dari keyakinan manusia melalui simbol-simbol tertentu yang saling bergantian.

Nostrand

Menurut Nostrand, kebudayaan adalah sebuah sikap dan kepercayaan dalam mengambil langkah berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh orang tersebut atau bagian komunitas tersebut.


Unsur – unsur Kebudayaan


Dalam pembagian sebuah unsur-unsur kebudayaan menurut para ahli diatas, hampir sama sumua mendapat diantara masing-masing, yang menggolongkan bahwa unsur-unsur kebudayaan dalam setiap pokok duni bisa digolongkan sebagai berikut.

  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem mata pencaharian
  • Organisasi sosial
  • Sistem peralatan hidup dan teknologi
  • Kesenian
  • Sistem religi

Komponen Kebudayaan


Komponen kebudayaan dalam setiap unsur kebudayaan universal itu sudah menjadi darah daging di dalam ketiga bentuk kebudayaan yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak. Berdasarkan wujudnya, kebudayaan digolongkan dari dua komponen dan komponen kebudayaan adalah sebagai berikut.

Kebudayaan Material

Kebudayaan materi adalah kebudayaan yang mengacu pada semua masyarakat, secara nyata dan konkret. Termasuk dengan kebudayaan material ini yang merupakan temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian oleh seorang arkeologi, layaknya mangkok tanah liat, senjata dan perhiasan.

Kebudayaan material juga bisa dikatakan seperti barang-barang padat yang memiliki bentuk yang nampak seperti komputer, televisi, mesin cuci dan barang-barang lain yang bisa ditemukan disekitar kita.

Kebudayaan Nonmaterial

Komponen nonmaterial adalah sebuah komponen yang masih condong dengan hal yang memusatkan sebuah perhatian dalam kebudayaan nonmaterial, yaitu ciptaan-ciptaan yang abstrak yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam masyarakat secara turun menurun kepada generasi selanjutnya.

 

Nah itulah beberapa diantara pengertian kebudayaan menurut para ahli dalam negeri dan pengertian budaya yang disimpulkan oleh para ahli luar negeri juga, Mungkin anda juga bisa menyimak tentang pengertian kebudayaan yang lainnya. Semoga bermanfaat 😀 .

Tinggalkan komentar