Mengenal Lebih Dalam Tentang Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional – Setiap suatu negara ataupun bangsa pasti mempunyai pendapatan nasional. Umumnya pendapatan tersebut dihasilkan dari seluruh anggota masyarakat yang ada di negara atau bangsa tersebut.

Biasanya pendapatan tersebut dihitung selama kurung waktu setahun. Dengan adanya pendapatan tersebut negara pun juga akan diuntungkan.

Pendapat Nasional

Pengertian Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah seluruh pendapatan yang diperoleh dari seluruh anggota masyarakat di dalam suatu negara. Biasanya pendapatannya dalam kurun waktu tertentu, yaitu selama satu tahun.

Selain itu pendapatan juga bisa diartikan sebagai suatu produksi nasional. Artinya nilai hasil produksi dihasilkan dari seluruh anggota masyarakat dalam waktu tertentu.


Manfaat Pendapatan Nasional

Dengan adanya suatu pendapatan, setiap negara akan mengalami banyak manfaat. Misalnya dapat membandingkan perekonomian dengan negara lain, menerangkan struktur perekonomian negara dan mengetahui pertumbuhan ekonomi. Selain itu, bisa menilai perkembangan ekonomi dari waktu ke waktu dan bisa menilai prestasi ekonomi suatu bangsa.


Konsep Pendapatan Nasional

1. Produk Domestik Bruto

Produk domestik bruto merupakan jumlah produk yang berupa barang ataupun jasa yang dihasilkan dari produksi. Biasanya produk domestik bruto dihasilkan di dalam batas wilayah negara ataupun domestik selama satu tahun. Rumus untuk menghitung produk domestik bruto adalah GDP = Pendapatan Masyarakat DN + Pendapatan Asing DN.

2. Produk Nasional Bruto

Produk Nasional Bruto merupakan nilai produk yang berupa barang ataupun jasa. Biasanya produk dari barang ataupun jasanya dihasilkan dari penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun. Rumus produk nasional bruto adalah GNP = Pendapatan WNI DN + Pendapatan WNI LN – Pendapatan Asing DN.

3. Produk Nasional Netto

Penggantian barang modal buat peralatan produksi dalam suatu proses produksi sendiri bersifat taksiran. Dengan begitu akan menyebabkan timbulnya suatu kekeliruan meskipun relatif kecil. Rumus untuk menghitung produk nasional netto adalah NNP = GNP – depresiasi (penyusutan barang modal).

4. Pendapatan Neto

Pendapatan neto merupakan pendapatan yang dihitung berdasarkan jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat. Biasanya balas jasa tersebut karena masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. Rumus untuk menghitung pendapatan neto adalah NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung.

5. Pendapatan Perseorangan

Pendapatan perseorangan merupakan jumlah pendapatan yang diterima setiap orang di dalam suatu masyarakat. Biasanya pendapatan tersebut diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun. Rumus menghitung pendapatan perseorangan adalah NNI – Pajak Perusahaan – Iuran – Laba Ditahan + Transfer Payment.


Perhitungan Pendapatan Nasional

Perhitungan pendapatan biasanya dilakukan menggunakan tiga metode, yaitu metode produksi, metode pendapatan dan metode pengeluaran.

1. Metode Produksi

Metode produksi dilakukan berdasarkan jumlah dari seluruh barang ataupun jasa yang dihasilkan dari segi ekonomi. Biasanya dihitung dari seluruh sektor masyarakat dalam negeri dan masyarakat dari luar negeri dalam periode tertentu. Rumus untuk menghitung produksi adalah Y = [(Q1 x P1) + (Q2 x P2) + (Qn x Pn) …].

2. Metode Pendapatan

Metode pendapatan dihitung dari hasil seluruh penerimaan yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara. Biasanya perhitungan dalam menentukan pendapatan dilakukan selama satu periode. Rumus untuk menghitung pendapatan adalah Y = r + w + i + p.

3. Metode Pengeluaran

Metode pengeluaran di sini dihitung dari penjumlahan seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh seluruh rumah tangga ekonomi dari suatu Negara. Biasanya metode pengeluaran ini dihitung selama satu tahun. Rumus untuk menghitung pengeluaran adalah Y = C + I + G (X – M).


Kesimpulan

Dengan melihat informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa pendapatan nasional dihasilkan dari seluruh anggota masyarakat di dalam suatu bangsa. Dengan pendapatan tersebut dihitung dalam kurun waktu selama satu tahun.