Pasar Persaingan Sempurna : Definisi, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahan

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna – Secara umum dalam ekonomi struktur pasar dibagi menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar persaingan sempurna masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti monopoli, oligopoli, monopolistik, monopsoni, oligopsoni. Setiap jenis pasar memiliki ciri-ciri dan implikasi tersendiri bagi pelaku ekonomi.

Mulai dari pengertian, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan.Alangkah lebih baiknya untuk memahami struktur pasar memahami terlebih dahulu pasar serta permintaan penawaran, karena pemahaman terhadap kedua hal tersebut sangat berguna dalam memahami struktur pasar. Apabila belum paham disarankan memahaminya terlebih dahulu.

Pembahasan ini akan mendalami tentang pasar persaingan sempurna. Mulai dari pengertian, karakteristik, ciri-ciri, keuntungan dan kerugian di pasar persaingan sempurna. Sebagai alat bantu memahami di awal akan disajikan sebuah ilustrasi agar mudah memahaminya.


Ilustrasi Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

Bayangkan menjadi seorang penjual bakso di sebuah lingkup desa. Di desa itu ada sekitar 10 pedagang bakso. Bakso yang dijualpun sama baik komposisi, jenis dan rasa kuahnya. Setiap penjual bakso tidak dapat menaikkan harga, karena semua tahu bahwa harga bakso normalnya adalah Rp10.000- per porsi.

Semua orang yang ingin menjual bakso dipersilahkan, tidak menjadi masalah bagi selainnya. Dan apabila ada pedagang bakso yang ingin berhenti jualan bakso pun tidak ada masalah bagi pasar. Situasi yang demikian mencerminkan persaingan murni, atau pasar persaingan sempurna.

Baca Juga: negara terkecil di dunia


Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna bisa dipahami sebagai keadaan di mana terdapat penjual yang banyak dan pembelinyapun (permintaan) jumlahnya banyak. Sedangkan jenis barangnya homogen (sejenis).

Diantara para penjual tidak ada yang mampu memonopoli pasokan di pasar sehingga mereka tidak bisa mengendalikan harga. Apabila pedagang menetapkan harga terlalu tinggi pembeli tidak mau membeli karena ia mengetahui harga-harga di penjual lain lebih rendah dengan barang yang sama.

Demikian juga pembeli tidak mampu mempengaruhi harga karena jika ia menawarkan terlalu rendah penjual tidak mau melepas barangnya karena tahu masih banyak pembeli lain yang mau membeli barangnya dengan harga tersebut.


Karakteristik Utama Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

Berdasarkan pengertian dan ilustrasi diatas bisa diketahui karakteristik utama dari pasar persaingan sempurna. Berikut ini adalah karakteristik dari pasar persaingan sempurna.

1. Kebanyakan Penjualnya Adalah Perusahaan Kecil

Kunci dari tidak berubahnya harga dalam persaingan sempurna adalah karena permintaan yang demikian besar di pasar tidak ada satupun dari penjual yang mampu mendominasi pemenuhannya secara kuantitas. Dengan kata lain perusahaan ini ukurannya relatif kecil.

Implikasinya apabila salah satu dari penjual memutuskan keluar dari bisnis tersebut maka pasokan tidak akan terpengaruh sehingga harga tidak naik. Ini menunjukan demikian banyaknya alternatif pasokan dari perusahaan lain.

2. Barang Yang Dijual Setiap Penjual Identik

Karakteristik lain yang mempengaruhi besar adalah barangnya. Barang dalam persaingan sempurna itu identik, atau sama persis, biasa juga disebut dengan homogen. Barang yang sama persis artinya tidak ada fitur khusus apapun di sana, termasuk perbedaan merk sekalipun. Pembeli tidak dapat membedakan perbedaan antara barang di suatu penjual dengan penjual lain.

Dengan kata lain setiap perusahaan memproduksi barang yang sama persis mampu menggantikan output dari perusahaan lain. Sehingga tidak ada satupun dari pedagang yang dapat mengendalikan harga. Bila penjual menaikkan harga pembeli bisa langsung berpindah pada penjual lain.

3. Kemudahan Atau Kebebasan Dalam Masuk Atau Keluar Dari Bisnis

Karakteristik dalam persaingan ini adalah setiap orang dapat dengan bebas masuk dan keluar dari industri. Tidak ada hambatan masuk industri seperti pembatasan dan perijinan dari pemerintah, biaya awal yang tinggi. Semua yang ingin masuk dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan faktor produksinya seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, dll.

Demikian juga sebaliknya ketika mereka meninggalkan bisnis tersebut tidak ada yang mempermasalahkan, tidak berpengaruh pada pasokan barang di pasar, karena pasokannya dapat dengan mudah dipenuhi oleh penjual selainnya.

4. Pengetahuan Antara Penjual Dan Pembeli Mengenai Harga Diketahui Sempurna

Karateristik dari persaingan ini lainnya adalah terkait pengetahuan tentang harga dan kualitas barang yang diketahui secara sempurna oleh penjual dan pembeli. Penjual mengetahui kualitas dan harga yang dikeluarkan oleh penjual lainnya sehingga ia tidak bisa menaikkan harga seenaknya.

Apabila ia menaikkan harga seenaknya pembeli yang juga mengetahui harga dan kualitas di setiap penjual akan membeli di penjual lainnya. Sehingga dengan kata lain dalam pasar persaingan sempurna pembeli juga mengetahui kualitas barang dan harga yang diajukan penjual-penjual di pasar tersebut.

Sempurnanya pengetahuan oleh penjual juga termasuk mengenai teknologi. Dipastikan penyedia barang memiliki akses kepada teknologi produksi yang sama, serta teknologi distribusi yang sama. Sehingga penyedia barang akan relatif sama mengenai kecepatan, kualitas dan biaya dalam proses menghasilkan barang karena teknologinya sama.


Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

Apabila dicirikan, pasar persaingan sempurna ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Barang-barang yang dipertukarkan sejenis, alias homogen
  2. Pembeli (permintaan) sangat banyak, tidak mampu dipenuhi hanya dengan segelintir penjual
  3. Penjualnya banyak (tidak tunggal) di mana setiap penjual hanya mampu memenuhi sebagian kecil saja permintaan
  4. Biaya masuk dalam bisnis rendah, faktor produksi mudah didapat,dan hambatan lainnya tidak ada
  5. Keluarnya salah satu penjual dari industri tidak mempengaruhi pasokan
  6. Penjual dan Pembeli mengetahui harga dan kualitas barang secara sempurna
  7. Penjual bukan pengambil keputusan harga, karena harga ditentukan oleh pertukaran di pasar
  8. Konsumen punya posisi kuat dalam tawar menawar
  9. Pemerintah tidak ikut campur masalah harga

Baca Juga: tujuan asean


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

Berbagai bentuk struktur pasar memiliki pengaruh kelebihan dan kekurangan bagi pelaku-pelaku ekonominya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan untuk struktur pasar yang persaingannya sempurna.

Kelebihan

  • Harga yang menjadi patokan ditentukan oleh akumulasi dari proses tawar-menawar di pasar. Sehingga pedagang tidak bisa seenaknya sendiri menentukan harga dan pembeli juga demikian.
  • Sifat barang yang homogen sehingga tidak perlu iklan. Justru iklan akan menambah pemborosan dan merugikan karena tidak ada bedanya barang yang diiklankan dengan penjual lainnya.
  • Mendorong efisiensi dalam produksi, dengan banyaknya permintaan dan banyaknya yang memasok maka penjual harus memikirkan agar proses produksi berjalan dengan efisien sesuai dengan standar kualitas pasar, serta berlomba memenuhi kuantitas pasar yang besar.
  • Bangkrutnya salah satu pemasok tidak mempengaruhi pasokan di pasar, sehingga tidak perlu khawatir terjadi kenaikan harga pada saat salah satu pemasok mundur dari pasar.

Kekurangan

  • Kemampuan perusahaan mendapatkan laba diatas rata-rata sangat sulit.
  • Implikasi dari poin diatas adalah upah dari tenaga kerja di perusahaan tersebut cenderung rendah, karena laba penjualnya tidak banyak.
  • Tidak ada perkembangan inovasi produk. Selain karena modalnya sedikit untuk diinvestasikan. Juga merupakan karakteristiknya yang saat berinovasi karakteristiknya tidak lagi persaingan sempurna.
  • Pembeli memiliki pilihan yang terbatas untuk memenuhi pemenuhan kebutuhannya terhadap produk. Karena fiturnya sama.

Struktur pasar ini dalam dunia riil sangat sulit ditemukan. Bahkan bagi para ilmuan hanyalah model ideal teoritis sebagai impian dari struktur pasar. Sangat sulit mencapai struktur pasar ini karena terkait hambatan seperti biaya masuk bisnis yang tinggi, campur tangan pemerintah dll. Pasar paling mendekati adalah pasar barang hasil pertanian.

Di atas telah dijabarkan mengenai pengertian, karakteristik, ciri-ciri serta kelebihan dan kekurangan dari struktur pasar persaingan sempurna. Masih banyak lagi mengenai struktur pasar yang bisa dipelajari, seperti struktur pasar monopoli, dan iligopoli. Selamat belajar dan jangan lelah untuk terus mencari tahu.

Pasar Persaingan Sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published.