Pantai Damas Trenggalek Jawa Timur

Pantai damas Trenggalek Jawa Timur merupakan tujuan tempat berlibur kami selanjutnya, Alhamdulillah persiapan sebelum keberangkatan sudah kami persiapkan dengan sangat matang, mulai dari perlengkapan yang akan dibawa dan kendaraan transportasi yang sudah siap di depan halaman sekolah.

Dan kami semua mencoba menaikan satu persatu barang-barang bawaan kami kedalam box truk yang telah tiba, sambil menunggu instruksi keberangkatan dari guru, dan tidak lupa pula kami mengabsen anggota kelompok kami terlebih dahulu, supaya lebih teratur pada saat keberangkatan nanti.

Nah karena semua sudah siap dan telah naik kedalam truk semua, akhirnya guru menginstruksikan kepada sopir truk untuk segera berangkat. yes berang. Tulisan saya ini kelanjutan dari bagian pertama disini

Sebelum saya lanjutkan ceritanya tentunya saya akan sedikit mendiskipsikan tempat wisata tujuan kami yaitu pantai damas, dimana lokasinya dan apa alasan kami memilih pantai damas sebagai tempat berlibur kami selanjutnya.

Pantai  damas Trenggalek Jawa Timur

infoana.com

Pantai Damas, berada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, sekitar 5 km arah barat daya dari Pantai Prigi. Pantai damas merupakan pantai yang masih alami mulai dari lingkungan dan juga suasana masih asri dengan warga pinggir pantai yang mayoritas bekerja sebagai nelayan dan petani tembakau.

Alasan Memilih Pantai Damas

Mengapa kami memilih pantai damas sebagai tempat berlibur semester? ada beberapa alasan-alasan yang harus kami fikirkan bersama terlebih dahulu. Sebelum kami menentukan tempat berlibur mulai dari memilih tempat, biaya yang akan di keluarkan, dan juga suasana tempat yang akan kami kunjungi nanti seperti apa lingkungannya.

Dan seperti yang sudah saya bahas di tulisan sebelumnya, bahwa kami berlibur bukan untuk mencari tempat yang nyaman untuk dikunjungi, atau tempat untuk bersenang-senang ria. Tetapi, kami mencari tempat liburan yang memiliki unsur pendidikanya dan juga sebagai sarana tadabur alam.

Sehingga kami harus mempertimbangkan mulai dari:

Lokasi

Lokasi tempat berlibur harus diperhatikan terlebih dahulu oleh kami, karena pada saat di perjalanan nanti alat transportasi yang kita gunakan hanyalah menggunakan truk bukan bus, dan dengan daya tampung orang banyak, sehingga pada saat diperjalanan kita semua harus berdiri dan saling berdesakan satu sama lain.

Maka dari itu kita harus memilih rute yang terdekat saja dan jika harus memilih rute lokasi yang akan dikunjungi terlalu jauh. Maka akan membuat pegel linu di kaki karena harus berdiri dan pada akhirnya kita memilih pantai damas sebagai tempat lokasi yang akan dikunjungi, karena jika dihitung-hitung tidak terlalu jauh lokasinya.

Dengan Jarak lokasi tempuh dari sekolah kami ke pantai damas sekitar 135 km dan jika ditempuh dengan kendaraan bisa sekitar 3 jam 13 menit dan selama itu pula kita juga harus berdiri dengan berdesakan dibox truk dari berangkat hingga sampai tempat lokasi.

Sebenarnya jika disuruh memilih pantai di trenggalek yang lebih bagus lagi ada, karena ada banyak sekali pilihan pantai yang ada di trenggalek, yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan. Seperti pantai prigi, pantai ngulung wetan, pantai ngadipuro, pantai karanggoso, dan juga pantai yang lainnya

Dan masih banyak lagi sebenarnya pilihan pantai yang ada trenggalek, tetapi karena diantara pantai-pantai yang ada di Trenggalek, pantai yang belum terlalu populer di kunjungi yaitu pantai damas sehingga kami memilihnya, karena beberapa alasan.

Biasanya jika pantai tidak terlalu terkenal seperti pantai damas , maka akan lebih sedikit pengunjung yang ada disana dan untuk mengatasi terlalu banyak pengunjung juga, kami mengadakan acara pada hari senin untuk berangkat. hanya untuk berjaga-jaga agar tidak terlalu banyak pengunjung saat disana nanti.

Dan alasan yang lainnya karena biasanya pantai yang tidak terlalu terkenal, untuk biaya tiket masuk relatif lebih murah dari pada pantai yang sudah terkenal atau ramai dengan pengunjung. Sehingga kami lebih memilih untuk pergi ke pantai damas saja, agar lebih hemat dan irit.

Suasana Lokasi

Suasana lokasi sesuatu yang harus kami pertimbangkan dari awal, karena akan banyak sekali kegiatan yang akan kami lakukan disana nanti pada saat kegiatan liburan. Sehingga kami lebih memilih tempat yang sedikit pengunjung atau sedikit wisatawan yang ada.

Dengan sedikitnya pengunjung yang ada, kami bisa lebih leluasa dalam melakukan kegiatan saat di pantai nanti, maka dari itu kami lebih memilih pantai damas sebagai objek liburan kami, dan karena di pantai damas merupakan tempat yang bisa dibilang masih asri, baik suasana dan juga tempatnya yang lumayan luas.

Perjalanan Ke Pantai Damas Trenggalek

infoana.com

Banyak sekali yang dapat kami lihat di sepanjang perjalanan, mulai dari berangkat dari Kabupaten Magetan, kemudian menuju ke arah Kabupaten Ponorogo, setelah dari Ponorogo baru masuk daerah Kabupaten Trenggalek.

Dan selama diperjalanan hal yang dapat kita lakukan tentunya hanya berbincang-bincang dengan teman yang berada disebelah kita, dan juga ketika merasa bosan mencoba menjaili teman yang berada disamping untuk mengatasi kebosanan saat diperjalanan.

Kami berangkat ke pantai damas pukul 07.00 pagi dan meurut perkiraan seharusnya kami sampai lokasi sekitar pukul 10.30, Akan tetapi kami mengalami keterlambatan di perjalanan sehingga kami tiba ke lokasi pukul 11.20. Karena ban truk terjebak oleh lumpur, pada saat memasuki Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

infoana.com

Memang jalur yang kami lalui di Desa Karanggandu ini, bukanlah jalan yang beraspal, melainkan jalan pasir merah yang licin karena hujan semalam dan penyebab yang lainya. Karena beban tumpangan truk yang berat, serta jalan yang menanjak membuat truk terjebak pada kondisi tersebut.

Mau tidak mau kami sebagai penumpang yang baik, kami harus turun dan memikirkan bersama-sama bagaimana mengatasi permasalahan tersebut agar ban truk bisa keluar dari lumpur, karena kami juga tak kunjung menemukan jawaban, padahal kami sudah mencoba untuk mmendorongdari belakang namun usaha yang telah kami lakukan sia-sia tidak ada perubahan .

Sehingga membuat pak sopir harus turun tangan mengatasinya, dan pak sopir mulai keluar dari dalam truk dan membuka jok kursi supir, untuk mengambil seutas tali dadung yang berukuran sekitar tujuh meteran kalau tidak salah. dan mengikatkan tali tersebut ke bagian depan mobil.

Dan menjalurkan tali tersebut kepada kami, dengan maksud agar kami bersama-sama menarik truk tersebut dengan tali yang telah di ikat kebadan truk. Dan proses penarikan kami mulai, kami tarik dengan sekuat tenaga dengan bersama-sama, tentunya pak sopir juga ikut membantu. Dengan menginjak pedal gas secara perlahan-lahan agar ban bisa keluar dari lubang lumpur.

infoana.com

Alhamdulillah, pada akhirnya ban truk sudah keluar dari lubang, dan kami dapat melanjutkan perjalanan kami lagi, padahal untuk sampai ke lokasi, tinggal menempuh jarak kurang lebih hanya 5 km saja untuk sampai, tetapi karena terjebak lumpur kedatangan kami sampai lokasi mengalami keterlambatan.