8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

Oleh oleh khas magetan, untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan, atau yang sedang menikmati liburan wisata di magetan. Tentu anda membutuhkan yang namanya, buah tangan atau bisa di sebut dengan oleh-oleh, untuk keluarga anda di rumah.

Banyak sekali kuliner asli magetan, yang bisa anda bawa pulang, dan juga oleh oleh asli magetan yang bisa anda berikan kepada sanak keluarga, atau tetangga di rumah.

Iya Magetan, kabupaten yang tidak hanya terkenal dengan wisata di magetan saja, akan tetapi juga terkenal dalam segi kuliner asli magetan dan kerajinan kulit Magetan. Tentu semua itu tidak akan lepas dari kota Magetan.

Berikut ini beberapa oleh oleh asli magetan yang cocok bagi anda, yang sedang berkunjung menikmati liburan ke magetan.

 

Oleh oleh Khas Magetan “Jenang Candi”

oleh oleh khas magetan
tokopedia.com

Jenang Candi, nama makanan tradisional ini berasal dari nama desa di magetan, yaitu desa Candi Magetan. Jenang candi sangat berbeda dari jenang-jenang yang lainya, sehingga memiliki daya tarik tersendiri, bagi yang belum pernah merasakanya.

Beberapa di antara perbedaannya, bisa di lihat dari warna, lebih berwarna ke hitam-hitaman. Bentuknya juga sangat kenyal. biasanya jenang candi ini hanya di produksi di desa Candi saja.

Karena dalam proses pembuatan jenang candi, tidak sembarang orang bisa membuatnya. karena proses yang sangat lama dalam pembuatanya. dan sangat butuh kesabaran dalam mengolahnya.

Tidak sembarang dalam takar menakar bahan, ada aturan dalam menambah ukuran-ukuran bahan yang di butuhkan. Dalam proses pembuatan jenang candi ini. agar memiliki cita rasa yang lezat saat dimakan.

Cita Rasa Jenang Candi

Jenang Candi memiliki cita rasa yang sangat kenyal, dan rasa manis yang sangat pas dilidah. Dan juga rasa gurih di atas jenang candi, juga di taburi dengan biji-biji wijen.

sehingga membuat rasa jenang candi memiliki ciri khas tersendiri, berbeda dari jenang yang lain, sedangkan warna jenang candi ini biasanya berwarna coklat ke hitam-hitaman. dan rasa di jamin puas saat dimakan di lidah, karena ke lezatan jenang candi bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas magetan.

 

Cara Membuat Jenang Candi

oleh oleh khas magetan
ramadan.tempo.co

Bahan yang di gunakan dalam pembuatan jenang candi adalah santan, gula, tepung ketan, dan biji wijen. Adapun cara baimana proses pembuatanya sebagai berikut.

yang pertama santan dan gula di campur kemudian di rebus terlebih dahulu, hingga mendidih. Selanjutnya setelah mendidih masukkan tepung ketan ke dalam rebusan santan dan gula yang sudah mendidih tadi.

kemudian kita aduk hingga menjadi adonan yang kental, Setelah kita aduk dan menjadi kental. Tinggal kita bisa mencetak adonan yang sudah mengkental tadi ke bentuk yang kita inginkan.

Kemudian baru yang terakhir yang harus kita lakukan adalah menaburi adonan yang sudah dibentuk tadi, dengan biji wijen dan mendinginkannya.

Harga Jenang Candi

Harga jenang Candi di magetan, biasanya dalam penjualan jenang wijen, di jual dalam bentuk per loyang, dan harga jenang Candi per loyang dijuan dengan harga sekisar Rp.35.000. sampai Rp.50.000,-

 

Oleh oleh Asli Magetan “Roti Bolu”

oleh oleh khas magetan
bagaskara.com

Roti bolu adalah roti yang berbentuk bulat sedikit lonjong, yang hampir mirip bentuknya seperti telur ayam, jajanan ini memiliki tekstur yang empuk, karena semacam roti.

Roti bolu merupakan salah satu diantara jajanan khas magetan, dan kamu akan banyak menemukan roti bolu di pusat oleh oleh khas magetan, dan juga banyak dijual di warung-warung di Magetan.

Oleh oleh ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh khas magetan, sepulang anda berkunjung ke Magetan. Sebagai buah tangan keluarga di rumah.

Cita Rasa Roti Bolu

Oleh oleh khas magetan, yang satu ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut saat di makan. bentuk dan rasanya sangat gurih.

Banyak beraneka macam, cara membuatnya, biasanya di olah dengan cara di kukus maupun di olah dengan cara di panggang. Kalau roti bolu makanan khas magetan ini, di buat dengan cara di panggang.

Karena pada dasarnya makanan khas magetan ini, yaitu roti bolu yang di sajikan di panggang sudah menjadi resep tersendiri. sehingga menjadikan cita rasa oleh oleh khas magetan, roti bolu menjadi salah satu jajanan laris, di buru para wisatawan luar kota.

 

Cara Membuat Roti Bolu

Oleh oleh khas magetan
e-preneur.co

Bahan :

  • 5 butir telur ayam
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok makan cake emulsifier ( SP/TBM )
  • 50 gr margarine ( dilelehkan )
  • 1/4 sendok teh baking powder

Proses Membuat Roti Bolu, Jajanan Khas Magetan

  1. kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang pucat dan kental
  2. masukkan vanili bubuk, baking powder dan tepung terigu sedikit demi sediki, aduk sampai adonan tercampur rata
  3. tuang margarine yang sudah dilelehkan, aduk lagi sampai rata
  4. tuang adonan kedalam loyang ukuran 25 cm yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung terigu supaya tidak lengket
  5. panggang dalam oven selama 30 menit atau sampai matang dan berwarna kecoklatan
  6. keluarkan dari oven lalu bolu panggang siap disajikan

Harga Roti Bolu

Harga Roti Bolu magetan, dijual sangat ramah di kantong, tidak terlalu mahal walaupun roti bolu sebagai oleh oleh khas magetan. Hanya di jual dengan harga Rp.5000/bungkus, dan satu bungkus berisi roti bolu kurang lebih 10 biji.

Jadi harga yang sangat terjangkau, sehingga jajanan ini sangat laris dipasaran, sebagai buah tangan, setelah berkunjung ke magetan, setelah menikmati wisata di magetan. ataupun hanya sekedar oleh oleh untuk keluarga.

Makanan Khas Magetan “Wajik Ketan”

Oleh oleh khas magetan
resepcaramemasak.info

Wajik Ketan merupakan nama jajanan tradisonal, atau bisa di sebut juga dengan jajanan pasar tradisional. Yang bebahan utama yaitu beras ketan. salah satu jajanan asli magetan.

yang biasa terbuat dari bahan dasar dari beras ketan putih, yang di padukan dengan gula merah. Wajik ketan banyak di jual biasanya di tempat toko toko tradisonal, yang juga menyediakan makanan tradisional yang lainya.

Cita Rasa Wajik Ketan

Wajik ketan memiliki cita rasa manis, rasa manis tersebut sering pula ditambahkan dengan aroma lain seperti rasa pandan dan vanili. Sedangkan rasa makanan ini ada yang memiliki rasa gula merah.

Wajik ketan memiliki cita rasa seperti beras ketan, yang belum matang tetapi apabila dimakan terasa lunak dan mudah digigit, selain itu makanan kue wajik juga ada yang memiliki cita rasa manis.

 

Cara Membuat Wajik Ketan

oleh oleh khas magetan
kaskus.com

Cara membuat wajik, yang pertama sediakan beras yang sudah anda rendam selama kurang lebih 2 jam. kemudian kukus beras ketan selama 20-30 menit sampai mekar.

Rebus air dan gula merah, di campur juga dengan daun pandan, sampai mendidih dan gula padtikan benar-benar larut. Baru masukan beras yang sudah di kukus tadi, kedalam gula merah dan tambahkan sedikit garam secukupnya.

diamkan hingga meluap luap, sambil di aduk hingga mengental. Aduk terus hingga wajik dapat kita pastikan tidak lengket lagi, sehingga bisa kita bentuk menggunakan tangan.

Selanjutnya tuangkan wajik ke dalam loyang kotak, yang sudah kita oleskan dengan minyak terlebih dahulu, tunggu hingga wajik ketan benar-benar dingin kemudian dapat di potong-potong.

Harga Wajik

Harga wajik Ketan sangat terjangkau, hanya di jual per buah dengan harga sekisar Rp.2.000 – Rp.5.000. per potong atau perbuah wajik ketan. Sehingga sangat laris wajik ketan ini, di pasar-pasar tradisional.

 

Jajanan Khas Magetan “Jadah”

oleh oleh khas magetan
cookpad.com

Jadah atau tetel adalah jajanan tradisional, yang pada saat ini sudah jarang di temui lagi di masyarakat. kecuali hanya pada saat acara acara atau ritual tertentu khususnya di pulau jawa.

jika di pulau jawa biasanya, lebih sering kita temui jadah atau tetel ini, ditemui hanya pada saat acara saja, semisal. Acara lamaran atau pernikahan, serta acara 7 bulan pada anak balita

Cita Rasa Jadah

Rasa Jadah, memiliki cita rasa yang tekstur yang lembut dan kenyal dan juga memiliki rasa yang gurih . Terbuat dari ketan putih yang padat.

Bila Bosan dengan rasa jadah, kita bisa menambah proses pembuatanya lagi bisa dengan jadikan jadah goreng. Dan juga bisa coba jadikan jadah bakar.

 

Cara Membuat Jadah

Oleh oleh khas magetan
cookpad.com

Cuci bersih ketan dan rendam selama semalam, dan kemudian ketan kita kukus hingga setengah matang. jika sudah sampai setengah matang kemudian baru bisa kita angkat ketan tadi.

Selanjutnya, panaskan panci pengukus, kita masukan lagi ketan yang setengah matang tadi ke pengukus lagi,. hingga ketan benar benar matang.

Kemudian campur ketan kukus tadi, ke kelapa muda dan di beri sedikit garam. Bisa kita aduk hingga rata. selanjutnya kita siapkan daun pisang.

Tata daun pisang yang telah di siapkan tadi, di tata kedalam ember masukan juga ketan dan kelapa tadi. Lalu tekan-tekan sampai halus.

Untuk lebih halus, bisa kita tekan dengan alat tradisional yaitu ulekan, yang sudah di bungkus dengan pelastik. bungkus deengan daun pisang dan padatkan lagi. baru bisa kita potong sesuai selera.

Harga Jadah

Kelezatan jadah ini dapat kita beli dengan harga yang ramah, hanya dengan harga Rp.1500 per potongnya. Pembeli sudah bisa merasakan kelezatan jadah, baik itu jadah kukus, jadah goreng atau jadah bakar.

 

Jajanan Asli Magetan “Madu Mongso”

oleh oleh khas magetan
makanandaerahindonesia.blogspot.com

Sudah tau madu mongso, jajanan tradisional ini, sangat banyak di gemari oleh banyak kalangan, dari anak anak hingga orang tua. Hampir dari mereka menyukai madu mongso, karena itulah oleh oleh khas magetan ini, sangat populer.

Biasanya jajanan madu mongso, hanya tersedia pada acara tertentu saja, semisal pada saat lebaran tiba. Karena memang proses pembuatanya yang lumayan memakan waktu lama, dan rumit jadi tidak semua orang, mau membuat madu mongso.

Cita Rasa Madu Mongso

Madu mongso memiliki cita rasa yang manis, dengan tekstur kasar-kasar empuk, berwarna hitam, ke coklat-coklatan. dengan rasa ada sedikit masam.

Rasa yang manis dan sedikit masam, membuat madu mongso sangat di gemari banyak orang. Rasa masam di peroleh karena madu mongso berbahan dari tape dan ketan, yang di fermantasikan dengan ragi.

 

Cara Membuat Madu Mongso

oleh oleh khas magetan
tokopedia.com

Proses Membuat Madu mongso ada dua tahapan,

Pertama adalah membuat tape katan hitam. Beras ketan hitam di cuci hingga bersih dan kemudian di tiriskan.

Rebus air di dalam dandang, sampai mendidih, lalu beras hitam ditanak kurang lebih sekisar satu jam. setelah selesai, baru bisa kita dinginkan di leser atau tampah.

Kemudian baru kita taburi dengan ragi sampai rata, dan di masukan dalam panci. Yang telah dilapisi dengan daun pisang, kemudian kita tutup rapat, di tunggu selama tiga jam.

Ke Dua setelah tape matang, santan di rebus dengan gula putih dan gula merah, menggunakan wajan. Kalau sudah mendidih, tape di masukan dan dimasak, lalu kita aduk aduk hingga sampai campur. baru madu mongso siap untuk di sajikan.

Harga Madu Mongso

harga madu mongso jika kalian ingin membeli, madu mongso dijual biasanya per Kg, atau per pack, untuk hantaran isinya saj/dengan toplesnya, Per kg biasanya dijual dengan harga Rp. 145.000, isi 58pcs madumongso kertas warna warni, yang bisa anda beli dan jadikan sebagai oleh oleh khas magetan.

 

Kerupuk Khas Magetan “Lempeng”

oleh oleh khas magetan

Jika kalian sedang berkunjung ke wisata magetan, baik itu sarangan atau air terjun di magetan. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas magetan, salah satunya adalah krupuk lempeng.

Penjual krupuk lempeng, dapat kita jumpai di berbagai tempat jika anda sedang wisata di magetan. beberapa diantaranya bisa anda jumpai di super market, atau bisa anda temui di berbagai warung warung di magetan.

Jika anda penasaran, bagaimana proses pembuatan krupuk lempeng, anda bisa langsung berkunjung. Ke tempat pembuatan kripik lempeng di Magetan, di jl.sadewo, Kelurahan Sukowinangun Kecamatan Magetan. tepatnya tinggal di RT 03 RW 01.

Cita Rasa Kerupuk Lempeng

Kerupuk lempeng, memiliki cita rasa yang sangat gurih gurih asin saat dimakan, dengan ciri khas tersendiri, karena dalam pengolahan. Kerupuk lempeng di kukus terlebih dahulu sebelum. di potong tipis-tipis, dan di jemur, karena itulah kerupuk lempeng menjadi sangat gurih saat dimakan.

 

Cara Membuat Krupuk Lempeng

oleh oleh khas magetan
Banaran2.blogspot.com

Pembuatan krupuk lempeng, langkah pertama sediakan beras, kemudian beras tersebut di rebus. dan di campur dengan bleng, seperti air laut, tetapi berwarna kuning, yang berfungsi untuk mengenyalkan.

Selesai di rebus kurang lebih dalam waktu 4 jam, selanjutnya bisa kita tiriskan, ke tempayan atau tempat yang sudah kita sediakan untuk meniriskan. Setelah itu baru kita tiriskan, di atas tempayan tipis tipis menyerupai seperti lempengan.

Setelah kita selesai meniris, lempeng yang sudah di tiris menjadi tipis-tipis tadi kita jemur di bawah sianar matahari. setelah kering baru bisa kita goreng.

Harga Krupuk Lempeng

Masalah harga jangan kawatir, karena harga sangat terjangkau, karena dalam penjualan kupuk lempeng, per satu lempeng di jual hanya dengan harga Rp.300,- akan tetapi jika sudah masuk kedalam warung harga krupuk lempeng bisa naik menjadi Rp.400 atau bisa menjadi Rp.700.

 

Kerupuk Asli Magetan “Jerangking”

oleh oleh khas magetan
tokopedia.com

Jerangking merupakan makanan tradisional, semacam kerupuk yang berbahan dari beras ketan. Makanan ini sepintas hampir sama dengan kerupuk lempeng, tetapi jangkring memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada kerupuk lempeng.

dan memiliki rasa yang khas, berbeda dengan rasa kerupuk lempeng karena memiliki cita rasa tersendiri, jerangking merupakan jajanan khas magetan, jawa timur.

Selain sebagai cemilan sehari hari-hari, jerangking juga sangat diminati oleh para wisatawan. Sebagai oleh oleh khas magetan sepulang dari berkunjung ke wisata magetan.

Cita Rasa Jerangking

Jerangking memiliki cita rasa yang sangat spesial, dengan ciri khas tersendiri, karena dalam pengolahan. Tanpa ada bahan perasa, jerangking memiliki rasa yang gurih.

selain itu juga memiliki aroma sedikit gosong, karena pengolahan dengan cara di panggang, ini menambah rasa renyah dalam jerangking saat di makan. Untuk tekstur jengkring biasanya di buat dalam bentuk persegi empat kecil.

Jerangking ini sangat sehat untuk di konsumsi, karena dalam pengolahan tanpa menggunakan minyak. Sehingga tidak mengandung minyak dan kolestrol.

 

Cara Membuat Jerangking

oleh oleh khas magetan
pojokpitu.com

Dalam pembuatan jerangking, langkah pertama yang harus di persiapkan ialah membuat beras ketan, yang sudah dimasak hingga matang. Kemudian ketan yang telah dibuat tadi di tumbuk sampai menjadi adonan yang lengket.

Sesudah itu adonan yang sudah dibuat tubuk tadi, di pres menggunakan mesin pres atau bisa juga menggunakan alat tradisonal. Sampai adonan menjadi tipis, sesudah menjadi tipis adonan yang sudah di pres tadi bisa langsung kita panggang.

Jerangking ini biasanya dalam pengolahan tanapa menggunakan bahan perasa apapun. Sehingga dalam rasa jerangking terasa sangat alami dengan aroma pangang yang gurih.

Harga Jerangking

Untuk harga jerangking, relatif sangat murah, dalam satu pack, yang berisi 40 biji jerangking ketan. Di jual dengan harga Rp.15.000 – Rp.20.000

 

Oleh Oleh Magetan “Sambel Pecel”

oleh oleh khas magetan
dimadiun.com

Dari hari ke hari, sambal pecel sangat diminati, apalagi kuliner khas magetan adalah nasi pecel. Khususnya di daerah jawa timur, banyak sekali penjual penjual nasi pecel, yang sangat familiar di temukan, di setiap warung-warung, begitu pula dengan magetan, banyak menjual makanan khas magetan, yang berupa pecel.

Nah, magetan juga salah satu di antara pemroduksi sambel becel, dan setiap sambal pecel diantara berbagai kota di jawa timur memiliki cita rasa tersendiri, seperti sambel pecel madiun, sambel pecel nganjuk, sambel pecel blitar. dan kota kota lainya.

banyak sekali, hampir setiap kota memiliki sambel pecel yang memiliki rasa kuliner khas magetan yang sangat khas, salah satunya sambel pecel magetan ini. Jika anda sedang wisata magetan, sambel pecel khas magetan, bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas magetan, saat pulang wisata di magetan nanti.

Cita Rasa Sambel Pecel

Sambal Pecel magetan, enak dan sangat gurih, sambal pecel magetan memiliki tekstur yang sama. Sambal pecel pada umumnya, akan tetapi memiliki ciri khas tersendiri yaitu, manis-manis, sedikit asin gurih.

Sambal pecel ini, tentu lebih enak lagi jika di temani dengan, sayur, ayam, nasi atau dengan gorengan. Akan sangat cocok buat teman makan.

 

Cara Membuat Sambel Pecel

oleh oleh khas magetan
alphaadventure.net

Adapun cara membuat sambel pecel, bahan utama yang perlu kita siapkan adalah:

  • 1 kg kacang tanah.
  • Gula jawa 250 – 400 gram sesuai selera.
  • Cabe merah 150 gram.
  • Cabe rawit 100 gram.
  • 5-10 lembar daun jeruk.
  • Asam secukupnya (10 biji).
  • Garam 1 Sendok.

Proses membuat sambal kacang:

Adapun cara membuat sambel pecel, bahan utama yang perlu kita siapkan adalah kacang tanah yang sudah di goreng. Jangan sampai kita menggoreng kacang gosong, goreng sampai kering dan gurih.

Selanjutnya, kacang yang sudah kita goreng tadi bisa kita tumbuk, atau kita giling. Hingga halus dan sampai merata. beserta bahan-bahan di atas juga di giling hingga hingga merata.

Harga Sambel Pecel

Untuk harga sambal pecel, dengan harga di bawah ini kita bisa langsung membeli sambal pecel magetan. dan bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas magetan.

  1. Sambal Kacang 1/4 kg: Rp. 25.000,-
  2. Sambal Kacang 1/2 kg: Rp. 40.000,-
  3. Sambal Kacang 1 kg: Rp. 70.000,-
  4. Sambal Kacang 2 kg: Rp. 130.000,-

Satu pemikiran pada “8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

Tinggalkan komentar