Arti Ungkapan Murah Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Murah Hati – Kata murah hati memang kerap kali diungkapkan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini terdengar sederhana namun sebenarnya memiliki arti yang luas dan bermakna. Arti ungkapan murah hati ini menjadi sebuah kata yang mencerminkan perbuatan baik yang dilakukan oleh seseorang. Tidak hanya dijelaskan dalam kamus bahasa saja, bahkan makna dari ungkapan tersebut sering kali tertulis dan dijelaskan dalam kitab suci umat beragama.

Sebagai ungkapan yang cukup familiar, murah hati memiliki beberapa arti yang perlu diketahui. Agar lebih paham, berikut ini adalah ulasan beberapa arti ungkapan lengkap dengan contoh.


Arti Ungkapan Murah Hati

Arti Ungkapan Murah Hati

Murah hati merupakan ungkapan dalam bahasa Indonesia yang cukup familiar digunakan. Setiap individu maupun budaya memiliki definisi tersendiri dalam menjelaskan ungkapan tersebut. Berikut arti dari murah hati secara umum.

Baca Juga: Arti Ungkapan Bertekuk Lutut

 

1. Kata Dasar Murah

1. Kata Dasar Murah

Secara umum, murah memiliki beberapa arti yang berbeda, yaitu mudah atau gampang. Ada pula yang menggunakan kata tersebut untuk menyebut harga yang berlaku di pasaran lebih rendah. Selain itu, banyak atau berlebihan-lebihan, serta suka menolong maupun memberi juga disebut murah.

2. Ada Makna Istilah

2. Ada Makna Istilah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti ungkapan murah hati adalah baik hati, pengasih dan penyayang, mudah memberi, suka menolong, dan tidak pelit. Selain itu, ungkapan tersebut berarti sifat kasih dan sayang, kebaikan hati, dan kedermawanan.

Terdapat pula kata kemurahan hati yang berasal dari bahasa Latin yaitu benignitas, atau chrestotes dalam bahasa Yunani. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kebaikan hati disebut dengan kindness. Jadi dapat diartikan bahwa murah hati adalah perbuatan yang mencerminkan sikap baik terhadap sesama, seperti suka menolong dan mudah memberi.

3. Sifat Luhur

3. Sifat Luhur

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata luhur memiliki arti tinggi atau mulia, sehingga sifat luhur juga dapat diartikan sebagai sifat yang mulia. Murah hati merupakan salah satu sifat luhur yang layak ditanamkan pada diri seseorang.

4. Identik Dengan Kebaikan

4. Identik Dengan Kebaikan

Setelah memahami apa arti dari suatu ungkapan, ada baiknya jika menerapkan pula dalam kehidupan sehari-hari. Murah hati bukan hanya sekadar ungkapan saja melainkan identik dengan kebaikan. Misalnya, yaitu dengan menolong seseorang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan, dan juga tidak didasari kepentingan pribadi maupun suku, ras, dan agama.

5. Memiliki Ciri Kebaikan

5. Memiliki Ciri Kebaikan

Seseorang yang murah hati biasanya begitu mudah melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain, mudah memaafkan dan lapang dada. Suka menolong juga termasuk dalam sikap murah hati di mana seseorang suka memberi pertolongan pada sesama tanpa mengharapkan balasan.

Baca Juga: Arti Ungkapan Langkah Seribu


Contoh Ungkapan Murah Hati

Contoh Ungkapan Murah Hati

Selain mempelajari beberapa arti ungkapan murah hati diatas, mengetahui contoh penggunaan ungkapan tersebut juga sangat penting. Hal ini dilakukan agar lebih memahami dan menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi. Contoh ungkapan murah hati antara lain:

  • Ibu bermurah hati kepada saya. Bermurah hati dalam kalimat tersebut dapat diartikan jika ibu sedang berbaik hati, memberikan sesuatu, atau mengasihani saya.
  • Kakek itu dikenal dengan sikap murah hatinya. Maksud dari kalimat murah hati disini berarti mencerminkan sikap sang kakek yang selalu melakukan perbuatan baik.
  • Jadilah orang yang murah hati terhadap sesama. Dalam kalimat tersebut murah hati diartikan jika seseorang haruslah hidup saling tolong menolong, saling memberi, dan juga melakukan kebaikan.
  • Tuailah ilmu dengan murah hati. Kalimat tersebut dapat diartikan sebagai seorang yang berilmu, hendaknya mengajarkan atau memberikan ilmunya kepada orang lain di sekitar tanpa pamrih dan mengharap balasan.

Itulah beberapa arti ungkapan murah hati dan contoh kalimat yang perlu diketahui. Meskipun singkat, ternyata ungkapan memiliki makna dan arti yang beragam. Maka dari itu, sangat penting untuk mengerti atau memahami sebuah ungkapan yang digunakan sehari-hari. Selain itu, sebuah ungkapan yang memiliki nilai kebaikan juga dapat diterapkan dalam tindakan nyata dan dapat diambil pelajarannya. Semoga bermanfaat ya!

Arti Ungkapan Murah Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published.