Metode Menghafal Alquran Dengan Mudah “Metode Talaqqi”

Metode Menghafal Alquran, untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur’an hendaknya ia memperhatikan niat dan tujuan ia dalam menghafal Al Quran terlebih dahulu. Perbaiki niat menghafal karena hanya karena Allah SWT saja.

Dengan kita niat dengan benar, maka Allah akan memberikan kemudahan, kepada kita dalam menghafal alquran. Dan semoga allah menjauhkan diri kita terhadap sifat malas, dan sifat bosan.

Dalam menghafal al qur’an, akan terasa lebih berbeda antara niat yang salah dan niat yang benar. Saat proses menghafal Al Qur’an akan mempengaruhi proses saat menghafal alquran.

 

Memperbaiki Niat Menghafal Al-Qur’an

Metode Menghafal Alquran
amaliah-astra.com

Niat menghafal Al Qur’an, jangan sampai salah jangan kita menghafal al-qur’an hanya karena ingin mengejar target materi ujian, atau hanya ingin ikut dalam perlombaan. Atau karena hal yang lain dalam menghafal.

Maka dari itu, perbaiki niat terlebih dahulu sebelum kita hendak menghafal Al Qur’an, jika sudah membenarkan niat. Baru kita belajar membaca Al-Qur’an memperbaiki makhorijul huruf, jika sudah lancar baru kita memulai menghafal Al-Qur’an.

Sebelum menghafal kita juga harus mencari metode menghafal alquran, yang mudah di gunakan dalam menghafal alquran yang bisa kita terapkan. Dalam menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa, Banyak sekali metode menghafal AlQuran, yang dapat memudahkan kita dalam menghafal alquran.

Salah satunya menurut saya yang sudah saya pelajari dalam menghafal al-qur’an, yaitu menggunakan metode Talaqqi. Nah sebelum masuk pembahasan, mengenai metode ini, menghafal al qur’an menggunakan metode talaqqi, sebelum itu kita fahami terlebih dahulu mengenai.

 

Pengertian Metode Talaqqi

Metode Menghafal Alquran
KinerjaAktif.com

Apa itu Metode Talaqqi, metode talaqqi adalah sebuah cara belajar dan mengajar Al-Qur’an yang telah Rosulullah contohkan. Kepada para sahabat beliau, dan kemudian oleh para sahabat dan diteruskan ke generasi selanjutnya.

Metode ini sangat terbukti, paling mudah dalam mengajarkan bacaan Al-Qur’an dan untuk memudahkan dalam menghafal Al-Qur’an dan memperbaiki bacaan al-qur’an.

Sangat mudah di terapakan kepada semua kalangan, baik sebagai metode menghafal alquran untuk anak, atau juga bisa di terapkan untuk metode menghafal alquran untuk dewasa. Dalam belajar memperbaiki bacaan dan memperbaiki hafalan al-quran.

 

Pengertian Talaqqi Dalam Segi Bahasa

Metode Menghafal Alquran
abiummi.com

Talaqqi dari segi bahasa diambil dari perkataan yang merupakan belajar secara langsung berhadapan dengan guru langsung. Sering juga di sebut sebagai. Mustafahah yang berarti belajar dari mulut ke mulut

atau makna lebih mudahnya belajar Al Qur’an, dengan memperhatikan gerak bibir guru. Untuk mendapatkan pengucapan makhorijul huruf dengan benar dari guru yang mengajar.

Berdasarkan sumber-sumber dari Al-Qur’an dan Al-Sunnah telah di jelaskan dan ditunjukan, bahwa metode Talaqqi dan Musyafahah. Telah diamalkan dalam pengajaran dan pembelajaran al-qur’an sejak dari awal penurunan wahyu kepada Rosulullah SAW.

 

Metode Talaqqi Nabi Muhammad SAW

Metode Menghafal Alquran
satujam.com

Nabi muhammad SAW, saat menerima wahyu beliau buta huruf, tidak bisa membaca, dan jibril menyuruh nabi muhammad untuk membaca sebagaimana wahyu pertama yang turun dalam ayat al-qur’an surat al-alaq ayat 1 yang berbunyi.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan." (QS:Al-‘Alaq | Ayat: 1).

Dari sekian banyak kalimat, Allah pilih “Iqra" sebagai kalimat pertama yang Dia turunkan. Padahal Rasulullah ﷺ tidak bisa baca dan tulis.

Kita semua tau, bahwa Al-Qur’an di sampaikan kepada Nabi Muhammad, salah satunya melalui jalur talaqqi. dari malaikat Jibril, bahkan setiap tahun Nabi mengulang hafalan Al-Qur’an, yang telah di hafal beliau di depan Malaikat Jibril. Simak vidio dibawah agar lebih faham.

Penjelasan Metode TALLAQI

Memulai Metode Talaqqi

Metode Menghafal Alquran
katawarta.com

Cara memulai belajar metode Talaqqi, yaitu belajar antara guru dan murid, belajar secara langsung face to face berhadapan di depan guru secara langsung.

yang mana sang guru membacakan ayat dengan di penggal mulai dari perkata, di ulang beberapa kali hingga hafal. Dan di lanjut ke kata selanjutnya, baru di sambung ke ayat beriutnya, hingga kemudian kami mengikuti per ayat dan sampai satu lembar, itu di lakukan berulang kali, dan kami mengikutinya.

Ada yang unik dari metode ini adalah tidak boleh membawa mushaf atau membaca ketika proses talaqqi berlangsung.

Jadi kita memang harus konsentrasi mendengar ayat demi ayat yang dibacakan oleh sang guru, yang mulai kami hafal, sehingga dalam metode talaqqi yang saya pelajari harus fokus terhadap ayat yang di bacakan oleh guru.

 

Metode Menghafal Alquran Lebih Kuat dan Tahan Lama

Metode Menghafal Alquran
Reportaseterkini.net

Karena dalam menghafal menggunakan metode talaqqi ini, dimana cara menghafalnya dengan cara di dengar berulang-ulang. dan di tirukan berulang ulang. akan memudahkan kami dalam meniru, dan mengingat.

Sehingga dalam segi tahan lama hafalan dan makhorijul huruf. yang telah guru sampaikan ayat per ayat. Dapat kami tirukan baik nada dan panjang pendek ayat yang telah di sampaikan, dan kami bisa langsung praktekan dengan daya konsentrasi yang lebih kuat. Karena sering di ulang-ulang.

Tinggalkan komentar