Mencari ide menulis kreatif

Menulis dan Mencari Ide Kreatif Sama Halnya Menghitung Tanpa Kalkulator

Mencari ide menulis kreatif, bisa di ibaratkan dengan permisalan seperti menghitung perkalian dan pembagian tanpa kalkulator. Mudah bagi yang terbiasa minghitung, tanpa harus susah-susah menggunakan kalkulator “mahir” dan akan sangat memusingkan, bagi yang belum terbiasa menghitung tanpa kalkulator “pemula”.

Begitu juga dalam menulis ide dan mencari hal-hal kreatif untuk di tulis, meskipun hanya menulis pengalaman pribadi, masih sangat memusingkan sekali, eh. Bahkan dua kali memusingkan buat saya, apalagi harus menulis dengat jumlah 1000 kata. Tugas yang sangat amazing dan harus menggunakan bahasa tulisan sendiri bisa menguras pikiran.

Karena kegiatan menulis dan mengetik semacam ini belum pernah saya lakunkan sebelumnya, akan tetapi hal inilah yang dinamakan pembelajaran, jika tidak di coba dan tidak segera diselesaikan. Maka tidak akan pernah tau hasilnya seperti apa dan tidak akan pernah bisa melakukannya, jika tidak pernah dicoba.  

Memulai Langkah Pertama

Mencari ide menulis kreatif
Run-Fit.com

Mau tidak mau, ya. Harus dicoba, karena perjalanan 1000 mil selalu dimulai dengan langkah pertama, mengawali bukanlah hal yang mudah. Harus memikirkan langkah pertama terlebih dahulu agar bisa melanjutkan ke langkah kedua dan baru langkah selanjutnya, tentunya diantara setiap langkah memiliki konsekuensi yang harus di pertanggung jawabkan.

Karena suatu proses tidak ada yang instan, seperti mie instan, sebetunya mie instan juga harus melalui peroses tahapan-tahapan jika ingin memakanya. Berawal dari kita harus beli ke toko terlebih dahulu, kemudian merebus air, membuka mie instant, membuka bumbu, mie instan di olah, dan baru bisa disajikan dan dimakan.

Begitu pula ketika menginginkan sesuatu, perlu proses terlebih dahulu sebelum melihat hasil. Dan setiap proses tentunya ada tanjakan, belokan tajam, serta ada jalan yang bergelombang. yang harus dilalui.

Tugas Menjadi Seorang Penulis

Mencari ide menulis kreatif
nilnicom

Bersumber dari wikipedia penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis atau menciptakan suatu karaya tulisan. Dalam membuat huruf (angka) menggunakan alat tulis di suatu sarana atau media penulisan, mengungkapkan ide, pikiran, perasaan melalui kegiatan menulis, atau menciptakan suatu karangan dalam bentuk tulisan.

Dari sumber wikipedia yang saya baca dan saya tulis diatas, ada beberapa poin yang ingin saya garis bawahi untuk diri saya sendiri. Beberpa diantaranya adalah, mengungkapkan ide, mengungkapkan pikiran, mengungkapkan perasaan, dan memulai kegiatan menulis.

Mengungkapkan Ide

Mencari ide menulis kreatif
blog.pekku.com

Ide semacam apa yang dapat saya tulis dan sampaikan, terkadang saya memiliki ide yang sebenarnya ingin sekali saya sampaikan kepada orang lain. Akan tetapi ketika hendak ingin menyampaikan dan ingin memulainya, terasa sangat sulit sekali, untuk mengeluarkan ide tersebut dari fikiran saya.

Bayangkan saja semisal, ketika saya sudah mengerti cara menanam singkong, saya tau caranya dan tahu langkah-langkah menanam singkong itu bagaimana. Akan tetapi ketika ingin menyampaikan sulit sekali rasanya untuk merangkai ide yang ada di fikiran saya. Menjadi sebuah rangkaian kata-kata dalam bentuk tulisan ataupun lisan.

Mengungkap sebuah ide masih menjadi sebuah misteri buat saya, karena hal semacam ini sering sekali terjadi. Tidak hanya satu atau dua kali, bahkan bisa sering kali terjadi.

Mengungkapkan Pikiran

Mencari ide menulis kreatif
kqlima.com

Apa yang anda pikirkan? sering menemukan pertanyaan tersebut dari sosial media atau yang sebagainya, sebetulnya pertanyaan tersebut adalah kata yang tidak harus di jawab dengan jawaban bla..bla..bla..bla…bla.. karena.

Jika mau mengisi dengan jawaban dari pertanyaan tersebut mulai dari pagi sampai sore ya tidak mungkin kelar nulisnya, karena apa yang ada dipikiran banyak sekali mulai dari A-Z. kalau di jabarkan satu persatu nanti jadinya malah curhat.

Tetapi berbeda dengan mengungkapkan apa yang dipikirkan, lebih mengarah terhadap solusi yang dibutuhkan dari pada tempat untuk mencurahkan apa yang di pikirkan. Jadi saya sedang membutuhkan solusi dan jawaban untuk mengungkapkan apa yang ada dipikiran saya.

Mengungkapkan Perasaan

Mencari ide menulis kreatif
pixebay.com

Perasaanku kepada sebuah tulisan bisa dibilang masih kurang, karena dari dulu saya kurang suka membaca, bahkan tidak memiliki hobi membaca sama sekali. Pada titik tertentu saya baru merasakan kebodohan akibat kurang membaca.

Sehingga untuk mengungkap sebuah perasaan terhadap sebuah tulisan, perlu yang namanya membiasakan, membiasakan untuk membaca, dan membiasakan untuk menyampaikan.

Memulai Menulis

Mencari ide menulis kreatif
sayabisabahasainggris.blogspot.com

Kapan mau selesai jika belum dimulai, kapan bisa jika belum dicoba, ini saya baru mulai baca saja tulisan pada kali ini sampai selesai, ini saya juga baru mencoba tunggu saja kalau nanti sudah bisa. Hanya butuh pijakan agar bisa melangkah sehingga dapat menulis dengan baik dan benar.

 

Inginya Bisa Menulis, Dengan Gaya Tulisan yang Baik Dan Benar, Tapi.

Mencari ide menulis kreatif
icampusindonesia.com

Sering gagal menulis sesuatu di karena “panik”, sehingga tulisan yang sudah di buat, terasa kaku saat di baca, dan bahasa yang digunakan ndak karuan. seperti ini. Maka dari itu masih butuh banyak perbaikan dalam penulisan agar lebih dapat dipahami dan mudah untuk dibaca.

Jika saya di beri tugas oleh Guru, untuk menulis pengalaman pribadi, atau di suruh menulis dengan kata dan gaya pikiran sendiri. Plus tidak boleh mencari refrensi atau contekan, bisa membutuhkan waktu lima jam bahkan bisa lebih, waktu yang bisa saya habiskan hanya untuk berfikir, dan itu belum proses menulisnya, butuh waktu lagi.  

Bukankah anda juga pernah mengalami hal yang serupa dengan saya, jika anda belum pernah mengalaminya, berarti hanya saya disini yang mengalaminya, hadeh.

jujur saja, saya sering mengalami akan hal itu, seandainya di kalkulasikan, berdasarkan riset penilaian saya pribadi, mungkin 70%, penulisan saya kurang rapi, kurang teliti, kurang kata, kurang pengetahuan, kurang isi dalam penulisan, jadi yang di butuhkan saya sekarang adalah.

belajar…belajar…belajar… belajar membaca, belajar memahami, dan belajar menyampaikan.

 

Menghitung Tanpa Kalkulator

Mencari ide menulis kreatif
portlandrealestateblog.com

Jika soal matematika, atau yang sering orang anggap ilmu pasti, dan bisa dipecahkan dengan berbagai macam cara. salah satunya menggunakan “kalkulator” dalam menyelesaikan hitungan perkalian dan pembagian matematika.

kita juga harus yakin bahwa. suatu ide juga bisa, di ungkap dengan berbagai macam cara juga. Sama halnya dengan “Kalkulator”, kalkulator jika di bahasakan. Merupakan alat bantu yang akan memudahkan. Seseorang dalam menghitung.

Tanpa perlu menghitung pusing-pusing, angka perkalian dan pembagian, hanya dengan kalkulator kita semua, bisa mengerjakan dengan mudah dan santai.

Dan permisalan kalkulator itu seperti rasa malas, menganggap enteng suatu perkerjaan, di karenakan kegiatan itu mudah dikerjakan, sehingga bisa kita tunda dalam mengerjakan pekerjaan tersebut, nanti dan nanti saja.

Jadi, mari dicoba untuk tinggalkan kalkulator, maksud saya, tinggalkan kemalasan diri, mulai mencari cara baru dalam mengatasi kebuntuan, saya bisa menyelesaikan. Tanpa harus menggunakan kalkulator dalam mengerjakan soal tersebut. karena banyak cara lain yang bisa kita gunakan, tanpa harus mengunaka dimana kalkulator atau rasa malas.

 

Jangan Malas

Saya setuju dengan kata “jangan malas” bahwa kata ini sangat bagus sekali jika bisa menerapkanya dalam keseharian dan diterapkan pada saat mengerjakan aktifitas apapun.

Jangan malas adalah kata-kata yang heroik, yang akan mengubah suatu kegiatan menjadi mudah dan cepat selesai. Seandainya rasa malas di ikuti secara terus menerus akan menjadi sebuah karakter yang mengakar, yang akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Satu pemikiran pada “Menulis dan Mencari Ide Kreatif Sama Halnya Menghitung Tanpa Kalkulator

  1. jangan malas, paling pas…

    intinya kalau terus belajar, belajar dan belajar,
    pada akhirnya akan membentuk pribadi menjadi penulis yang baik.

Tinggalkan komentar