26 Cara Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah Tanpa Harus Opname

Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah (dbd) atau yang bisa di sebut juga dengan penyakit demam dengue. Penyakit dbd dapat membuat suhu tubuh penderita, menjadi panas sangat tinggi.

Dan pada penyakit ini, pada umumnya disertai dengan dengan sakit kepala, otot, nyeri sendi dan tulang, serta nyeri di bagian belakang mata.

Demam berdara biasanya disebabkan oleh nyamuk aedes  aegypti yang mengandung virus dengue. Pada saat nyamuk aedes aeygepi memakan atau menghisap virus dangue.

Setelah nyamuk aedes aeygepi, memakan virus dangue, kemudian menghisap darah seseorang. Maka orang yang di hisap darahnya tadi oleh nyamuk aedes aeygepi, akan menjadi korban penyakit demam berdarah.

Setalah masa inkubasi, sekitar 3 – 5 hari seorang penderita akan mengalami demam tinggi  hari berturut-turut. Banyak diantara penderita demam berdarah, yang mengalami fatal.

Karena menganggap ringan gejala demam berdarah, untuk itu kita harus selalu mewaspadai nyamuk yang menyebarkan virus dengue, play video untuk mengetahuinya.

 

 

Ciri ciri nyamuk demam berdarah

Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah
gat autoimuncare.com
  1. Badan nyamuk yang memiliki warna hitam dan belang-belang putih pada seluruh tubuhnya.
  2. Nyamuk ini mampu berkembang biak pada tempat penampungan air. (tpa) dan benda yang dapat tergenang oleh air akan menjadi tempat sarang nyamuk Seperti bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, barang bekas, dll.
  3. Nyamuk aedes aegepty tidak mampu berkembang  biak di tempat dimana air, bersentuhan langsung dengan tanah, seperti got dan selokan. Ataupun kolam yang berhubungan langsung dengan tanah.
  4. Nyamuk penyebar virus dengue atau waktu nyamuk demam berdarah menggigit manusia pada pagi dan sore hari.
  5. Nyamuk demam berdarah mampu terbang hingga 100 meter.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah
ummi-online.com

Beberapa diantara gejala yang dapat kita cegah dengan cara mengobati dan mengatasi demam berdarah sebagai berikut.

  1. Bintik merah, di awali dengan demam, bintik merah bisa bedakan dengan bintik merah alergi dan bintik merah demam berdarah. bintik merah dbd biasanya terlihat permanen.
  2. Panas yang sangat tinggi kemudian turun dan naik lagi atau bisa juga tidak turun sama sekali.
  3. menggigil dan terasa ngilu pada tulang, rasa ngelu dibeberapa titik tulang tertentu. Dan bagian yang paling ngilu terasa seperti menusuk tulang.
  4. fases mengeras dan berwarna merah, gejala ini bisa kita lihat dengan cek trombosit. berada dibawah ambang trombosit normal 150 ribu – 500 ribu
  5. Trombosit menurun. Bisa di tes darahnya di laboratorium terdekat.
  6. Sakit mata saat melihat atau melirik, untuk melirik ke kanan dan ke kiri terasa sakit.
  7. Tengkuk terasa sakit, terkadang terjadi pembangkalan tengkuk

Jadi, anda harus memahami gejala gejala di atas, seandainya anda mengalami panas yang tinggi dan berkepanjangan panas (lebih dari satu hari). dan tidak kunjung sembuh meski telah meminum obat penurun panas.

Maka anda harus segera pergi untuk periksa, melihat trombosit anda normal atau tidak, jangan sampai trombosit anda di bawah ambang normal.

Jika trombosit anda di bawah ambang normal, maka anda harus waspada, bisa jadi anda sebagai pasien selanjutnya. Yang harus butuh penanganan dari medis, untuk di opname, maka dari itu kitah harus mengerti bagaimana cara Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah, sebelum terkena kepada kita.

Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah

Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah
intisari-online.com

Seandainya hal-hal di atas terjadi, pada diri anda atau pada keluarga anda, hal semacam ini dapat dicegah atau dapat diobati. Dengan memulai mengatasi penyakit demam berdarah.

  1. Banyak minum air putih, minimal minum 20 gelas dalam sehari, dengan gelas ukuran 250 ml. Lebih banyak lebih baik untuk mencegah demam beradarah.
  2. Minum minuman yang mampu menambah dan mengganti ion tubuh semisal, pocari Sweet, air kelapa dan minuman yang lainya. Yang mampu menambah cairan tubuh.
  3. Minum obat penurun panas, cobalah meminum obat seperti paracetamol. dan obat penurun panas lainya.
  4. Minum jus jambu merah, karena manfaat jus jambu untuk mengatasi dan mampu meningkatkan trombosit penyakit demam berdarah. bisa juga menggunakan daun jambu.
  5. Perbanyak makan yang bergizi tinggi, bilamana nafsu makan saat sakit minat makan akan menurun drastis, di coba untuk makan yang banyak. Jangan sampai perut dalam kondisi kosong.

Apakah anda paham, daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit demam berdarah, tergantung pada diri kita sendiri. Karena pada dasarnya penyakit dbd tidak memerlukan obat. Dalam mengatasi penyakit demam berdarah.

Karena dalam penanganan demam berdarah tidak perlu obat khusus, karena demam berdarah itu belum ada obatnya. Hanya saja, ketika leukosa meningkat, trombosit juga akan bertambah (perbandingan lurus).

Dan biasanya jika kita opname di rumah sakit, biasanya kita hanya di beri tablet vitamin dan invus saja.

Jika Anda punya pengalaman kena DBD? Silahkan post comment dan berbagi pengalaman dalam blog ini. Semoga bermanfaat untuk sesama kita.

Pencegahan Demam Berdarah di Lingkungan

Mengobati dan Mengatasi Demam Berdarah
gcherbs.com

Berikut beberapa langkah dalam pencegahan demam berdarah yang bisa anda lakukan, di antaranya:

  1. Membersihkan setiap bagian dalam rumah dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk.
  2. Rutin membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate supaya jentik-jentik nyamuk mati.
  3. Menutup dan membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil yang dapat penampung air yang tidak digunakan di sekitar rumah.
  4. Memasang kawat atau jaring antinyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda.
  5. Memasang kelambu di ranjang tidur Anda.
  6. Memakai sofel antinyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan menggunakan produk semacam ini pada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.
  7. Mengenakan pakaian yang longgar yang bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.
  8. Melakukan kerja bakti dan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar.
  9. Mengadakan pengasapan atau fogging untuk mensterilkan lingkungan dari nyamuk dan jentik-jentiknya.

Tinggalkan komentar