Arti Ungkapan Mendarah Daging Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Mendarah Daging

Arti Mendarah Daging – Di dalam tubuh manusia dewasa terdapat 4,5 liter sampai 5,5 liter darah. Apa itu darah? Darah adalah cairan yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh manusia itu sendiri. Ada empat macam komponen dalam darah yaitu plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Itu adalah pengertian darah dalam ilmu kedokteran, lalu apa arti darah dalam ungkapan mendarah daging? Berikut ini adalah penjelasan arti ungkapan mendarah daging dan contohnya.


Ini Arti Ungkapan Mendarah Daging

Ini Arti Ungkapan Mendarah Daging

Kata “mendarah daging” merupakan sebuah idiom yang artinya ungkapan bermakna konotasi. Suku kata “mendarah” dan “daging” jika diartikan satu persatu maka mendarah artinya terlihat seperti darah atau merah sekali. Sedangkan daging artinya adalah suatu gumpalan lembut yang terdiri dari urat tubuh manusia. Dalam idiom mengartikan ungkapan tidaklah seperti itu sebab ungkapan selalu kehilangan unsur sebenarnya dan melahirkan makna yang baru.

Di dalam kamus besar Bahasa Indonesia ungkapan mendarah daging memiliki 2 makna yaitu meresap benar ke dalam hati dan sudah menjadi suatu kebiasaan. Ungkapan mendarah daging termasuk dalam idiom bagian tubuh yaitu darah. Apa itu idiom bagian tubuh? Adalah sebuah ungkapan yang menggunakan bagian anggota tubuh manusia. Nah, maka dari itu mendarah daging termasuk kedalam idiom bagian tubuh karena ada unsur darahnya.

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan ungkapan mendarah daging. Kata ini sering disebut saat mendeskripsikan orang yang memiliki kebiasaan yang tidak dapat diubah. Bukan hanya itu saja, arti ungkapan mendarah daging juga dipakai saat menjelaskan bahwa ada suatu hal yang membuatnya begitu meresap ke dalam lubuk hati paling dalam. Penggunaan idiom mendarah daging harus dengan konteks yang mendukung agar maknanya dapat tersampaikan.

Baca Juga: Arti Ungkapan Kuping Panas


Contoh Kalimat Mendarah Daging

Contoh Kalimat Mendarah Daging

Pengertian ungkapan mendarah daging sudah dijelaskan diatas. Idiom yang bermakna kata kiasan ini mempunyai dua makna yang berbeda. Masyarakat pada umumnya sudah tau bagaimana cara menggunakan ungkapan mendarah daging.

Namun untuk mencegah terjadinya kesalahan saat memakai ungkapan ini, berikut dibawah ini ada contoh-contoh kalimat penggunaan mendarah daging yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga: Arti Ungkapan Isapan Jempol


1. “Perilaku Rina yang Suka Membuang Sampah Sembarangan Sudah Mendarah Daging.”

Ungkapan mendarah daging yang terdapat dalam penghujung kalimat menjelaskan bahwa perilaku Rina yang suka membuang sampah sembarangan adalah kebiasaan dari dirinya. Mendarah daging disini mengacu pada makna sudah menjadi kebiasaan. Sikap buruk Rina yang membuang sampah tidak pada tempatnya mendukung Idiom mendarah daging. Sebab kalimat tersebut sangat cocok digunakan dalam menyebutkan kebiasaan seseorang.

2. “Iri Hati Sudah Mendarah Daging Dalam Tubuhnya”

Kalimat diatas menjelaskan bahwa seseorang memiliki sifat iri hati yang sudah melekat dalam tubuh orang tersebut. Idiom mendarah daging disini mengacu pada arti sudah meresap benar ke dalam hati. Iri hati adalah perasaan ingin memiliki suatu keunggulan yang dimiliki oleh orang lain. Sifat ini merupakan sifat buruk yang harus dihindari dari dalam diri manusia. Iri hati sama dengan dengki atau hasad yang dimiliki oleh manusia.

3.”Nasi Sudah Mendarah Daging Dengan Warga Indonesia.”

Ada istilah yang mengatakan bahwa orang Indonesia tidak makan namanya kalau tidak dengan nasi. Karbohidrat satu ini memang sudah menjadi kebiasaan warga Indonesia saat makan. Nasi tidak boleh ketinggalan bagi orang Indonesia. Terkadang orang Indonesia juga mengatakan kalau tidak ada nasi maka tidak akan kenyang. Jadi sudah jelas bahwa idiom mendarah daging diatas bermakna sudah menjadi kebiasaan.

4. “Ucapan Anton Mendarah Daging dalam Diri Stela”

Arti dari kalimat diatas adalah ucapan Anton meresap ke dalam hati stela. Ungkapan mendarah daging disini berarti adalah meresap benar kedalam hati. Ucapan manusia yang biasanya melekat dalam hati seseorang adalah ucapan yang bermakna bagi orang tersebut atau ucapan yang melukai perasaan seseorang. Bagi setiap manusia rasanya penting untuk menjaga lisan. Sebab lisan sama seperti mata pisau yang dapat melukai orang.

Bagaimana sudah jelas bukan tentang arti idiom mendarah daging? Jadi kesimpulannya mendarah daging itu punya dua makna yaitu sudah menjadi kebiasaan dan meresap benar ke dalam hati. Sekian dari penjelasan diatas mengenai arti ungkapan mendarah daging beserta contoh penggunaannya dalam kalimat sehari-hari. Semoga artikel diatas dapat menjadi ilmu baru atau referensi bagi para pelajar yang mencari arti dari idiom mendarah daging.

Arti Ungkapan Mendarah Daging

Leave a Reply

Your email address will not be published.