Faktor Munculnya Masalah Sosial Serta Jenis-Jenis Yang Ada Di Masyarakat

Masalah sosial – Masalah sosial biasanya terjadi karena perbedaan antara harapan dengan kenyataan tidak selalu sama. Kondisi ini sering dianggap oleh beberapa orang sebagai situasi yang sama sekali tidak diharapkan.

Mempelajari masalah sosial sangatlah penting agar seseorang dapat menumbuhkan rasa saling menghormati satu sama lain. Selain itu juga dapat mencari jalan penyelesaian masalah secara bersama-sama.

Berikut akan dijelaskan tentang berbagai macam masalah sosial.

Pengertian Masalah Sosial

Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial

Secara umum faktor sosial adalah sebuah masalah yang berhubungan dengan nilai sosial dan lembaga dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sering menjadi pemicu munculnya tindakan yang akan dialami oleh masyarakat dan tentu sangat mengganggu.

Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial merupakan ketidaksesuaian yang terjadi pada unsur kebudayaan atau masyarakat. Di mana ketidaksesuaian tersebut akan menimbulkan konflik terhadap kelompok sosial masyarakat yang lain. jika sudah terjadi konflik maka akan terjadi kerenggangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Martin S. Weinberg juga berpendapat bahwa masalah sosial adalah sebuah situasi di mana keadaan yang ada bertentangan dengan nilai-nilai kemasyarakatan yang ada. Selain itu pendapat lain juga disampaikan oleh Soetomo di mana beliau mengatakan bahwa masalah sosial cenderung tertuju pada kondisi yang tidak diinginkan oleh beberapa warga masyarakat.

 

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Masalah Sosial Kenakalan Remaja

Penyebab Masalah Sosial

Menurut Soerjono Soekanto penyebab terjadinya masalah sosial terbagi menjadi beberapa faktor, yaitu:

1. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi merupakan faktor yang paling banyak menimbulkan masalah sosial. Di mana masalah sosial yang ditimbulkan seperti kemiskinan dan banyaknya pengangguran. Hal ini terjadi karena lapangan kerja yang sangat kurang.

Masalah kemiskinan dan pengangguran sudah menjadi tanggung jawab pemerintah agar menyediakan lapangan kerja yang lebih luas. Faktor ekonomi juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur kemajuan sebuah negara. Selain itu juga dapat mempengaruhi aspek psikologis dan biologis masyarakat.

2. Faktor Biologis

Masalah sosial juga dipengaruhi oleh faktor biologis di mana faktor ini dapat menimbulkan masalah seperti wabah penyakit dan sebagainya. hal ini terjadi karena kurangnya fasilitas kesehatan untuk masyarakat dan ditambah dengan kondisi ekonomi masyarakat yang kurang.

Cara penanggulangannya adalah dengan diadakannya penyuluhan kesehatan dengan maksud memberikan informasi tentang pentingnya hidup sehat dan menjaga kebersihan.

3. Faktor Psikologis

Faktor psikologis juga mempengaruhi masalah sosial di mana faktor psikologi muncul akibat beratnya beban hidup yang harus dirasakan. Kondisi ini juga dapat memicu terjadinya konflik sosial apabila seseorang sudah terpacu emosi dan tidak bisa mengendalikannya.

4. Faktor Kebudayaan

Faktor kebudayaan juga dapat memicu timbulnya masalah sosial seperti kenakalan remaja, perceraian, pernikahan usia dini dan sebagainya. kondisi seperti ini harus mendapatkan perhatian serta penanganan yang tepat. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan menjadi tradisi maupun kebiasaan yang tidak baik untuk generasi selanjutnya.

Contoh Masalah Sosial Yang Ada Di Masyarakat

Masalah Sosial

Contoh Masalah Sosial

1. Kemiskinan

Kemiskinan sudah menjadi masalah sosial yang sangat kompleks dalam kehidupan masyarakat. Kondisi ini sering dinilai dari segi taraf kehidupan seseorang yang dianggap tidak sama dengan orang lain.

Menurut sejarah, miskin dan kaya secara umum bukan merupakan masalah sosial, namun seiring berkembangnya perdagangan maka nilai baru pun muncul. Nilai inilah yang semakin lama menetapkan taraf hidup setiap orang

2. Kejahatan

Kejahatan terjadi karena proses pelaksanaan peran sosial, asosiasi, konsepsi diri, serta kekecewaan terhadap kondisi yang dapat menimbulkan sikap agresif. Tindakan ini biasanya timbul akibat pergaulan dengan pelaku kejahatan.

3. Peperangan

Peperangan merupakan masalah sosial di mana terjadi pertentangan antara kelompok umumnya negara dengan kelompok yang lain. kondisi ini umumnya diakhiri dengan akomodasi dan akan menyebabkan disorganisasi terhadap negara yang menang ataupun kalah.

4. Pelanggaran Norma Yang Berlaku

Masalah sosial juga sering menimbulkan pelanggaran norma yang ada dalam masyarakat. Kondisi ini terjadi akibat salahnya pergaulan maupun tekanan batin yang dirasakan oleh beberapa orang. Bentuk pelanggaran norma tersebut di antaranya adalah pelacuran, alkoholisme, dan Delinkuensi atau kenakalan remaja.

Leave a Reply