macam macam lari

Macam-macam Lari Berdasarkan Jarak Tempuh dan Tahapan Pelaksanaanya

Macam-macam lari – Olahraga lari merupakan cabang olahraga yang sering digunakan sebagai cabang olahraga perlombaan internasional, dalam berbagai macam perlombaan dalam pertandingan atlet.

Dalam melakukan olahraga lari, tentunya ada berbagai macam-macam lari yang digunakan sebagai gerakan dasar. Sebelum melakukan olahraga lari. Beberapa gerakan lari terbagi menjadi 4 macam yaitu jarak pendek, jarak menengah, jarah jauh, dan lari sambung.

Dalam melakukan perlombaan lari atlet akan diukur dalam jarak tempuh yang akan digunakan sebagai sarana perlombaan lari. Dan akan dibedakan menjadi 3 macam lari yaitu.

Macam-macam Lari dan Startnya

macam macam lari
youtube.com

Diantara beberapa macam-macam lari jarak pendek ada nomor jarak berapa meter yang digunakan dalam perlombaan lari yang harus ditempuh, ada berbeda-beda nomor jarak lari, diantaranya.

  • Lari jarak pendek 100, 200, 400 meter
  • Lari jarak menengah 800, 1500 meter
  • Lari jarak jauh 5000, 10000 meter serta lari marathon 42.195 km
  • Lari Sambung 4 x 100 meter ada juga 4 x 400 meter

Dalam perlombaan lari, ada tiga cara start, ialah:

  • Start berdiri (standing start)
  • Start jongkok (crouching start)
  • Start melayang (flying start) dilakukan hanya untuk pelari ke II, III dan IV dalam lari estapet 4 x 100 m.

Secara teknis dalam melakukan start jongkok yang digunakan sama, hanya saja yang membedakan terletak pada penggunaan tenaga saat start. Karena harus menyesuaikan dengan jarak yang harus ditempuh.

Makin jauh jarak yang harus ditempuh, maka makin banyak tenaga yang harus digunakan dalam lomba lari, teknik lari jarak pendek terbagi menjadi empat diantanya adalah start jongkok, gerakan lari, dan teknik ketika memasuki garis finish.

Lari Jarak Pendek (Sprint)

macam macam lari
wisegeek.com

Lari jarak pendek adalah perlombaan lari dimana semua perserta peserta yang mengikuti perlombaan harus berlari, dengan kecepatan penuh dengan maximal. Sampai jarak yang ditempuh atau sampai jarak yang telah ditentukan.

Sebutan seorang pelari biasa disebut dengan nama sprinter, dengan jarak tempuh lari mulai dengan jarak 100 meter, 200 meter, 400 meter. Dalam gerakan pelari sprit pada dasarnya sama, jika ada perbedaan hanyalah terletak pada penggunaan tenaga serta pengaturan nafas saat berlari.

Gerakan-gerakan lari jarak pendek adalah sebagai berikut

  • Mengambil gerakan start dengan jongkok dibelakang garis start. Dengan pandangan lurus kedepan
  • Mendengarkan aba-aba, “Siap” kemudian “Ya”
  • Berlari dengan secepatnya, serta mengatur nafas, dan juga pandangan lurus kedepan.
  • Lengan harus berayun seirama dengan gerakan kaki

Karena perbedaan dalam menempuh jarak lari yang ditempuh, semakin jauh jarak yang ditempuh oleh seorang pelari, maka semakin banyak tenaga yang ditempuh oleh seorang pelari. Sehingga membutuhkan cara tersendiri bagi seorang pelari dalam mengatur nafas, dalam hal ini sering disebut dengan nama edurance.

Lari Jarak Menengah

macam macam lari
pixabay.com

Dalam gerakan lari jarak menengah adalah 800 meter – 1500 meter, dan gerakan lari jarak menengah sedikit berbeda dari pada lari jarak pendek. Perbedaannya adalah pada saat posisi kaki menempak.

Pada saat lari jarak menengah, posisi kaki menempak pada ujung kaki dan tumit yang menolak dengan ujung kaki, serta pada saat start dilakukan pada posisi cara berdiri. Serta yang harus diperhatikan pada saat lari jarak menengah ialah.

  • Badan harus rileks tidak tegang atau santai
  • Posisi lengan diayun serta pada saat mengayun tidak terlalu tinggi sama pada saat lari jarak pendek.
  • Badan harus lebih condong ke depan kira-kira 15* diantara garis vertical
  • Panjang lengan usahakan tetap dalam posisi melebar, dan tekanan ayunan paha kedepan. Panjang langkah harus menyesuaikan dengan panjang tungkai.
  • Angkat lutut cukup tinggi, tetapi tidak setinggi dengan lari jarak pendek, pengusahaan terhadap kecepatan lari atau pace. Dan dalam keadaan fisik yang prima dan tubuh yang baik.

Dalam lari jarak menengah gerakan lari harus dilakukan dengan gerakan sewajarnya, dalam menggerakan kaki, bisa diayun ke depan semampunya. Serta panjang langkah tidak terlalu dipaksakan kecuali menjelang masuk garis finish.

Lari Jarak Jauh

macam macam lari
orthology.com

Melakukan lari jarak jauh, dilakukan dengan jarak lintasan sebesar 3000 meter keatas, bisa sampai 5.000 meter, 10.000 meter. Sedangkan marathon dan juga cross-country, harus dilakukan diluar stadion kecuali start dan finish.

Dalam mempersiapkan fisik dan mental, merupakan suatu keharusan bagi seorang pelari jarak jauh, dan juga ayunan lengan serta gerakan kaki yang dayunkan. Harus dilakukan dengan seringan mungkin, makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah pula lutut untuk diangkat, serta langkah juga makin kecil.

Lari Sambung

macam macam lari
v3wall.com

Lari jarak jauh atau sering disebut dengan lari estafet merupakan salah satu cabang perlombaan lari, yang biasanya digunakan sebagai perlombaan atletik. Yang dilakukan secara berkelompok serta cara berlari bergantian.

Dalam lari estafet dalam satu regu terdiri dari empat orang pelari, dalam perlombaan lari sambung, setiap individu yang bergantian berlari. Harus melakukan kecepatan lari dengan sekuat tenaga.

Dengan perpindahan tongkat harus memindahkan dalam jarak zona panjang 20 meter, perpindahan tongkat diluar zona regu tersebut. Akan dinyatakan gagal dan didiskualifikasi.

Cara pengoperan tongkat bisa dilakukan dengan dua cara yaitu.

  • Tanpa melihat nonvisual : Cara tersebut dilakukan dengan penerimaan tongkat estafet tanpa menoleh kepada si pemberi tongkat. Cara ini digunakan untuk lari sambung 4 x 100 meter.
  • Dengan melihat visual : Cara ini penerima tongkat estafet dapat menoleh kebelang, melihat kearah pemberi tongkat. Cara seperti ini dilakukan pada lari sambung jaraknya lebih dai 100 meter.

Dalam perpindahan tongkat yang terbaik bila pemindahan tongkat berlangsung dalam keadaan pelari sudah mencapai kecepatan tertinggi. Ini terjadi kira-kira 15–18m setelah garis permulaan dalam daerah pergantian pelari.

Tinggalkan komentar