Macam-macam Gaya Renang Beserta Teknik Gerakan Yang Baik dan Benar

Macam-macam Gaya renang – Renang merupakan olahraga yang membutuhkan kecepatan bagi atlet perenang. Berdasarkan gaya renang yang biasa digunakan unuk lomba adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

Dalam perlombaan renang yang biasa memenangkan lomba renang adalah diukur dalam menyelesaikan jarak lintasan tercepat jangkauan lintasan renang. Pemenang babak penyisihan maju dalam babak semifinal, serta pemenang semifinal akan maju ke babak selanjutnya yaitu final.

Teknik berenang dapat dibagi menjadi 4 macam gaya renang, serta apa saja macam macam gaya renang, diantaranya sebagai berikut:

Renang Gaya Dada

Macam macam Gaya Renang
urusandunia.com

Gaya dada atau yang sering disebut dengan gaya katak merupakan, gaya renang dengan posisi padan serta permukaan dada menghadap ke arah permukaan air. Serta posisi kedua kaki menendang kearah luar, jika anda pernah memperhatikan katak berenang, seperti itu pula posisi kaki yang dugunakan untuk pada saat berenang gaya dada.

Sedangkan pada posisi tangan saat berenang gaya dada, lebih pada pola membelah air dengan cara memajukan bersamaan kedua tangan. Setelah itu baru menghempaskan tangan kearah luar secara bersamaan, untuk fase kecepatan renang gaya dada merupakan gaya yang paling lambat, dibandingkan dengan gaya renang yang lainnya, mulai dari laju hingga gerakan.

Renang Gaya Bebas

Macam macam Gaya Renang
urusandunia

Gaya bebas atau lebih dikenal dengan free swim merupakan berenang dengan gaya posisi dada, selaras dengan posisi permukaan air. Serta kedua tangan bergerak secara bergantian dan diletakkan jauh didepan untuk mendorong tubuh, supaya dapat melaju kecepatan di air.

Sementara untuk gerakan kaki dilakukan dengan mengayuh, secara bergantian pula menghempaskan kaki pada bagian dengkul dihempaskan naik turun dan dihempaskan secara bergantian mulai dari kaki kanan dan kaki kiri.

Pada waktu renang gaya bebas, posisi wajah menghadap pada permukaan air, dan pengambilan nafas dilakukan pada saat posisi lengan digerakan keluar dari air. Serta pada saat tubuh dalam keadaan posisi miring ke samping kepala nisa menoleh ke kanan atau ke kiri, jika dibandingkan dengan gaya renang yang lainya, renang gaya bebas merupakan gaya renang yang memiliki laju yang cepat.

Renang Gaya Punggung

Macam macam Gaya Renang
gizikita.net

Gaya Punggung merupakan gaya berenang dengan posisi punggung belakang, menghadap ke permukaan air, gerakan kaki dan tangan memiliki kesamaan dengan gaya bebas, hanya saja posisi tubuh dan wajah menghadap ke atas.

Serta kedua tangan bergerak secara bergantian, digerakan menuju arah pinggang sama halnya dengan gerakan mengayuh. Pada bagian mulut dan hidung menghadap kearah luar air, sehingga memudahkan dalam pengambilan nafas pada saat berenang menggunakan gaya punggung.

Dalam perbedaan start dalam perlombaan gaya renang punggung, jika dibandingkan dengan gaya bebas, gaya dada serta gaya kupu-kupu adalah pada saat memulai start jika ke tiga gaya renang yang lain harus memulai start diatas kolam, akan tetapi gaya punggung memulai start didalam kolam.

Renang Gaya Kupu-kupu

Macam macam Gaya Renang
inforenang.com

Gaya kupu-kupu atau sering disebut dengan gaya butterfly stroke merupakan salah satu gaya renang diantara beberapa gaya renang yang lainnya, yang memiliki gerakan renang yang berbeda dibandingkan dengan gaya renang yang lainnya.

Berenang menggunakan gerakan gaya kupu-kupu, sangat memerlukan tenaga dan kekuatan lengan yang cukup besar bagi para perenang, karena kecepatan renang gaya kukpu-kupu tergantung kepada kekuatan lengan, yang dikombinasikan dengan gerakan kaki secara bersama.

Latihan Teknik Dasar Renang

1. Latihan Gerakan Meluncur

Macam macam Gaya Renang
slideshare.net

Gerakan paling utama dalam berenang adalah gerakan meluncur, karena teknik dasar yang satu ini harus dimiliki oleh setiap perenang, jika pada saat meluncur kita sudah gugup dan takut. Hal ini akan menyebabkan resiko terkena cidera, maka dari itu kita harus menguasai gerakan meluncur terlebih dahulu sebelum memulai gerakan renang yang lainnya.

  • Pertama berdirilah pada bagian pinggir kolam, dengan posisi salah satu kaki menempel pada dinding kolam bersiap untuk melakukan tolakan kaki.
  • Kedua posisi badan lebih dibungkungkan kedepan, sehingga akan nampak lebih sejajar dengan permukaan air. Setelah itu kedua tangan diangkat keatas kepala, sampai posisi tangan menyentuh daun telinga.
  • Ketiga pada saat proses meluncur, tekan dengan kuat kearah depan satu kaki yang menempel pada dinding tadi. Sekuat-kuatnya untuk memperoleh daya dorongan yang lebih kencang pada saat meluncur.
  • Keempat saat kita sudah melompat, posisi tangan dan kaki dalam keadaan masih lurus sejajar, menempel satu sama lain.
  • Kelima posisi badan pada saat meluncur berada pada permukaan air (stream line) dengan posisi tubuh lurus serta jagalah keseimbangan tubuh anda.

2. Latihan Gerakan Tangan

Macam macam Gaya Renang
slideshare.net

Dalam melatih gerakan tangan pada saat belajar berenang, ada cara melatih gerakan gaya renang yang harus anda pelajari terlebih dahulu, karena gerakan lengan atau tangan merupakan sebuah gerakan pendukung keseimbangan serta laju tubuh Letakan kedua tangan kaki kalian pada dinding kolam.

  • Kemudian luruskan kedua tangan serta posisi kepala keluar dari permukaan air.
  • Tariklah kedua tangan secara bersamaan ke arah dada kearah bawah serta telapak tangan mengayun air.
  • Dalam melatih gerakan tangan, anda juga bisa melatihnya menggunakan bantuan papan luncur air, untuk belajar melatih gerakan tangan.

3. Latihan Gerakan Kaki

Macam macam Gaya Renang
slideshare.net

Didalam gerakan kaki pada saat berenang, merupakan sebuah sumber gerakan laju didalam air yang berperan sangat penting, dengan kita mengusai gerakan kaki pada saat renang dengan baik dan benar, anda akan dapat bergerak dengan cepat dan lebih leluasa didalam ataupun dipermukaan air.

  • Pastikan sebelum anda melakukan gerakan kaki didalam air, sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu, supaya terhindar dari keram dan cidera lainnya.
  • Setelah itu posisi awal berdiri, dengan badan sedikit dibungkkukan kemudian tangan lurus diatas kepala, sehingga posisi pahu tangan dapat menyentuh daun telinga.
  • Tangan kanan ditarik ke arah bawah sambil kita menekannya sampai berada sejajar dengan permukaan air.
  • Tangan menekan serta mendorong ke arah belakang dan kearah depan juga dengan tenaga dan hempasan kaki.
  • Hempaskan kaki dengan rileks, dengan mendorong kaki secara teratur bergantian, secara terus menerus sampai anda menguasainya.

4. Latihan Mengambil Nafas

Macam macam Gaya Renang
slideshare.net

Dalam melatih pernapasan sebaiknya dicoba untuk lakukan di darat terlebih dahulu. caranya adalah dengan melatih gerakan-gerakan yang sama pada saat di kerjakan didalam air. Pengambilan napas bisa kita kerjakan saat mulut di atas permukaan air, dengan cara memiringkan kepala dan diputar ke sisi kanan atau kiri, secara bergantian dan teratur. Latihan pernapasan juga dapat dilakukan di dalam kolam dangkal.

Kita perlu melatih nafas pada saat didalam air, supaya jangkauan renang kita dapat bertahan dengan jarak tempuh yang jauh. Ada beberapa tips supaya bisa bernafas didalam air, hal ini sangat penting untuk dipelajari, apalagi bagi anda yag masih belajar atau masih pemula. berikut ini tips pernafasan pada saat berenang untuk yang baru belajar renang.

  • Tenangkan Diri
    Menenangkan diri atau bisa disebut dengan rileks adalah salah satu hal yang paling utama, untuk bisa berenang dengan tenang, Anda bisa sesekali melatihnya dengan menceburkan diri kedalam air kolam. Dengan posisi berdiri kemudian ambil nafas yang panjang, setelah itu baru masukan kepala anda kedalam air kolam dan tahan, seberapa lama anda mampu menahan nafas didalam air.
  • Menghembuskan Nafas
    Pada saat proses mengeluarkan nafas, sebaiknya mengeluarkan nafas melalui mulut dengan cara membuka rongga mulut sedikit, agar pada saat mengeluarkan nafas. Mampu mengeluarkan nafas sedikit demi sedikit.
  • Mengambil Nafas Dengan Perlahan
    Pada saat pengambilan nafas, jangan gugup pastikan anda mengambil nafas dengan tenang, santai serta secara alami, tetapi jangan terlalu lambat. Karena waktu yang kita butuhkan diatas permukaan air hanya sebentar, sehingga anda harus pintar-pintar dalam mengambil dan mengeluarkan nafas pada saat berenang
  • Menentukan Waktu yang Tepat
    Mengetahui kapan anda harus mengambil nafas, dan kapan anda harus mengeluarkan nafas, harus sangat diperhitungkan, sehingga anda bisa memulai belajar mengambil nafas dengan berlatih sesering mungkin. Serta belajar untuk menyamakan tempo waktu pengambilan dan mengeluarkan nafas.

5. Latihan Kordinasi

Macam macam Gaya Renang
artikelsport.blogspot

Lakukan latihan belajar di atas air terlebih dahulu atau di permukaan air. Latihan ditekankan pada ketepatan mengambil napas dengan gerak lengan, atau anda bisa mencoba untuk melatih nafas dengan berlari atau olahraga lainnya yang membutuhkan nafas yang panjang, sebelum melakukan latihan renang.

  • Latihan dapat dilakukan dengan bantuan pelampung
  • Setelah dapat melakukan gerakan di atas dengan baik. Lakukan latihan tanpa menggunakan pelampung.
  • Lanjutkan latihan dengan gerakan kaki menendang
  • Latihan awal dapat dilakukan di kolam dangkal. Setelah mahir, lakukan latihan di kolam yang dalam.

Rangkaian dalam gerakan latihan koordinasi macam macam gaya renang, secara keseluruhan adalah terdiri dari:

  • Posisi badan
  • Gerakan kaki
  • Gerakan lengan
  • Gerakan pengambilan napas
  • Dan rangkaian gerakan melepaskan napas

Berenang itu menyenangkan sekali, banyak macam gaya renang yang bisa kamu pelajari dengan mudah, jika kamu membutuhkan guru untuk bagaimana cara belajar berenang dengan baik dan benar. Kamu bisa langsung ikut kursus renang, biasanya disetiap tempat renang, ada pemandu kursus untuk berenang, coba untuk daftar dan ikuti pelatihan khursusnya, semoga bermanfaat. Terimakasih 😀 .

 

Satu pemikiran pada “Macam-macam Gaya Renang Beserta Teknik Gerakan Yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar