Mengenal Listrik Statis Dan Dinamis

Listrik Statis Dan Dinamis – Listrik adalah sebuah kata yang di dalamnya mengandung banyak kehidupan. Hal ini karena listrik sebagai ibu dalam perkembangan teknologi masa kini.

Tanpa adanya listrik maka serasa kehidupan ini akan berakhir. Tidak adanya listrik berarti seluruh barang teknologi yang ada di rumah maupun di mana saja akan mati dan tidak bisa dinyalakan.

Untuk itu perlunya kita membahas mengenai listrik tersebut. Dalam pembagiannya listrik di bagi menjadi listrik statis dan dinamis. Nah jika menginginkan pembahasan lebih lanjut, maka simaklah artikel di bawah ini.

Pengertian Listrik Statis Dan Dinamis Serta Perbedaannya

Lightning Striking Longs Peak Foothills 4

Hal yang terpenting dalam membahas sesuatu adalah mengetahui terlebih dahulu arti dari sesuatu yang akan kita bahas. Nah disini kita akan membahas mengenai listrik dinamis saja. Untuk listrik statis akan dibahas dalam artikel berikutnya.

1. Pengertian Listrik Dinamis

Listrik dinamis dapat diartikan sebagai listrik yang bisa mengalir dalam sebuah rangkaian listrik. Arus yang terjadi dalam listrik tersebut merupakan aliran muatan listrik yang ada umumnya melewati kawat penghantar.  Arah dai arus listrik ini searah dengan gerakan muatan positif sedangkan banyaknya muatan listrik yang mengalir dengan melewati penghantar tersebut memiliki satuan yang sama

2. Contoh Dari Listrik dinamis

Contoh yang ada dalam listrik ini adalah ketika melhat mainan mobil-mobilan yang menggunakan tenaga dari batu batera.  Misalnya pada mainan tamiya. Jika anda perhatikkan pada tamiya tersebut menggunakan energi pada batu baterai untuk menggerakkan motor listrik yang ada di dalamnya.

Biasanya motor listrik ini disebut uga dengan dinamo. Padahal yang sebenarnya terjadi dinamo itu adalah sebuah motor sehingga bisa menggerakan tamiya tersebut.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwasanya perputaran roda yang terjadi karena adanya muatan yang di hasilkan dari baterai tersebut.  Jika anda menekan tombol on yang ada maka kedua ujung baterai tersebut akan terhubung dengan motor listrik pada tamiya tersebut.

Posisi yang terjadi ketika motor dinyalakan maka motor akan menyala dan menggerakan roda pada tamiya tersebut sehingga tamiya pun dapat melaju dengan kencang. Apabila anda memndahkan sakelar ke dalam tulisan off.

Hubungan antara ke dua baterai dengan motor dalam tamiya tersebut akan terputus sehingga roda tidak akan ikut berputar. Prinsip di atas juga terjadi pada lampu senter anda. Hal ini karena adanya pengaruh dari listrik dinamis tersebut.

3. Perbedaan Listrik Statis Dan Dinamis

Tentunya listrik dinamis dan statis memiliki perbedaan karena digunakan dalam posisi yang berbeda pula. Berikut beberapa perbedaan dari listrik dinamis dan listrik statis

  • Pada aliran listrik dinamis akan ada perpindahan yang terus menerus dari elektron sedangkan pada aliran listrik statis tidak akan terjadi perpindahan tersebut. Hal seperti bisa terjadi pada listrik dinamis karena disebabkan elektron yang ada pada sebuah konduktor akan sangat mudah untuk berpindah. Sedangkan pada listrik statis perpindahan pada elektron tersebut terjadi karena adanya sebuah gesekan sehingga tidak bisa mengalir secara terus menerus.
  • Listrik dinamis bisa juga diukur dengan sebuah alat ukur yang sudah ditentukan. Sedangkan dalam listrik statis sangat susah sekali dalam mengukur tegangan listrik Hal ini terjadi akibat daya listrik yang ada hanya seperti sebuah penggaris plastik yang didekatkan dengan potongan kertas kecil.
  • Dalam listrik dinamis yang bisa menghantarkan listrik hanyalah konduktornya saja. Fungsi dari isolator hanyalah sebagai pencegah pengguna dari sengatan listrik.

Demikian pembahasan mengenai listrik statis dan dinamis yang dapat disampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan sebuah pengetahuan baru bagi para pembaca sekalian. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dari anda.

Leave a Reply