Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia Berdasarkan Wilayah Geografis dan Geologis

Letak Astronomis Indonesia – Anda pasti sudah tidak asing mengenai istilah astronomis? istilah ini biasa dipakai untuk melihat pada suatu area melalui garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang dibuat oleh para ilmuan untuk memetakan lokasi dunia didalam pembagian sementara bersama langkah membentang memutari bumi secara horizontal. Sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang dibuat oleh ilmuan didalam arah membujur, yakni secara vertical.

Baik garis lintang maupun garis bujur tetap dibagi lagu jadi dua, yakni lintang utara dan lintang selatan. Kemudian garis bujur tetap tersedia bujur barat dan bujur timur. Di pada garis lintang utara bersama lintang selatan di batasi oleh garis ekuator, yang mana di kenal pula bersama garis khatuistiwa. Sedangkan garis bujur barat dan garis bujur timur di batasi oleh Greenwich Mean Time (GMT)

Garis lintang inilah yang menghubungkan pada kutub utara dan kutub selatan bersama memanfaatkan garis khayal. Sedangkan garis bujur memutari bumi dari timur ke barat, kemudian kembali ke timur kembali (melingkar). Adanya garis bujur inilah yang membawa kepercayaan bahwa bumi itu bulat, agar di mana pun anda berlayar, pasti dapat menemukan langkah untuk kembali.


Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia

Apakah kalian tahu, dimana letak astronomis Indonesia ? Jika menyaksikan dari atas luar angkasa, maka wujud bumi bulat yang sedikit cenderung ke satu arah. Gambarannya layaknya orang rukuk yang menghadap matahari. Karena lokasi Indonesia berada di segi timur, maka amat kerap dan gampang terkena sinar matahari selama tahun, dikarenakan cuaca iklim di indonesia yang berganti terhadap kurun sementara tertentu.

Astronomis Indonesia terletak terhadap 6⁰ lintang utara – 11⁰ lintang selatan dan di pada 95⁰ bujur timur dan 141⁰ bujur timur. Indonesia merupakan salah satu lokasi yang di lewati garis ekuator. Yakni berada di didalam lintang 0⁰. Jika di menyaksikan di globe, maka posisi Negara Indonesia berada di lokasi belahan bumi timur. Daerah ini amat kerap terkena sinar matahari secara langsung, agar Indonesia cenderung punya iklim tropis

Dengan terdapatnya iklim tropis memicu musim di Indonesia jadi 2, yakni musim hujan dan musim kemarau. Negara yang punya iklim tropis ini membawa berkah tersendiri, yakni di limpahi bersama kekayaan alam yang luar biasa indahnya serta flora dan fauna yang berbagai ragam. Adanya kelembapan udara yang sesuai memicu kondisi tanah jadi subur.

Pengaruh dari Letak Astronomis Indonesia

Pengaruh dari Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis amat beri tambahan efek di tiap-tiap bidang pekerjaan. Misalnya terhadap penerbangan pesawat, perihal ini amat perlu untuk menentukan lokasi penerbangan di udara yang sanggup terdeteksi lewat letak astronomis indonesia.

Berikut adalah efek dari letak astronomis Indonesia :

1. Pembagian area waktu

Selain itu letak astronomis indonesia terhitung digunakan untuk membagi lokasi didalam perbedaan waktu. Di Indonesia terbagi jadi 3 perbedaan waktu, yakni sementara Indonesia bagian timur (WIT), sementara Indonesia bagian tengah (WITA), dan sementara Indonesia bagian barat (WIB). Setiap lokasi Indonesia pada bagian barat bersama tengah mengalami pergeseran garis lintang 15⁰. Begitu pula bersama lokasi tengah bersama timur terhitung punya pergeseran lokasi 15⁰.

Sebanyak 15⁰ tersebut kalau dikalkulasikan dan dihitung, ternyata mengalami perbedaan jam selama 1 jam. Sehingga pada sementara barat bersama tengah, punya beda sementara 1 jam. Misalnya di bagian barat sudah menunjukan pukul 7, maka bagian tengah perlihatkan selisih satu jam yakni pukul 8. Perbedaan ini terhitung sama berlaku pada bagian tengah bersama bagian timur.

2. Iklim tropis di lokasi timur

Indonesia terhitung salah satu lokasi beriklim tropis. Dimana terkandung pembagian 2 musim yang berbeda, yakni musim kemarau dan musim hujan. Dengan kondisi lokasi Indonesia di bagian timur, beroleh sinar matahari selama tahun, tapi tidak berada pas di bawah matahari.

Sehingga cuacanya dan penyinaran matahari punya keseimbangan bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Hal inilah yang memicu terdapatnya berbagai ragam hewan dan tumbuhan yang sanggup hidup dan berkembang biak.

Indonesia terhitung merupakan lokasi yang berada di antara peralihan asia dan Australia. Hal ini yang memicu fauna di Indonesia tersedia yang berjenis Asia dan Australia. Selain itu terhitung tersedia pencampuran pada Asia dan Australia.


Letak Geografis Indonesia

Letak Geolgrafis Indonesia

Indonesia terhitung punya letak geografis yang berlainan bersama letak astronomis Indonesia. Letak geografis di Indonesia yang di batasi bersama berbagai kondisi alam dan negara yang berbeda.

Berdasarkan bersama letak geografisnya, kepulauan Indonesia di batasi bersama Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. saat kita menyaksikan globe atau menyaksikan dari luar angkasa, teritorial Indonesia berada didalam posisi silang. Sedangkan kepulauan Indonesia terletak di pada benua Asia bersama benua Australia.

Dengan letak yang di nilai memadai strategis ini memicu Indonesia jadi area ramai didalam perdagangan dunia. Pasalnya negara-negara yang melalui jalan laut, dari Eropa atau Asia Barat yang hendak ke Australia perlu melalui atau transit di Indonesia.

Letak geologis Indonesia terhitung memadai strategis, yakni berada didalam pertemuan dua jalan pegunungan muda yang tersedia di dunia. Pegunungan yang tersedia di jalan barat tersedia Pegunungan Mediterania, tetapi pegunungan di jalan timur tersedia Pegunungan Sirkum Pasifik.

Akibat terdapatnya dua jalan pegunungan muda inilah, memicu Indonesia jadi lokasi yang punya banyak gunung berapi yang tetap aktif serta gunung tertinggi di Indonesia. Sehingga negara Indonesia terhitung jadi negara yang paling rawan berlangsung gempa bumi, layaknya gempa bumi vulkanik yang kerap terjadi.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Letak geografis terhitung beri tambahan efek bagi makhluk hidup yang hidup di permukaan bumi, Letak geografis yang sanggup menentukan pergantian musim terhadap kurun sementara khusus beri tambahan efek bagi makhluk hidup yang bergantung terhadap iklim dan musim tertentu.

Berikut adalah efek letak geografis di Indonesia :

1. Berpengaruh bersama pergantian musim di Indonesia

Dengan terdapatnya letak geografis Indonesia yang strategis memicu pergantian 2 musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Hal ini di memicu terdapatnya angin muson. Pergerakannya yang berlangsung selama 6 bulan sekali yang memicu pergantian musim kemarau dan musim penghujan.

Angin muson yang tersedia di Indonesia terbagi jadi 2 yakni :

Angin muson barat yang berlangsung terhadap bulan Oktober sampai bulan April. Ketika sementara itu di lokasi bagian utara punya tekanan udara yang tinggi dari terhadap di area selatan.

Sehingga membawa musim penghujan sementara melalui Indonesia
Angin muson timur yang bertiupdi bulan April sampai bulan Oktober. Berkebalikan bersama angin muson barat, angin yang bertiup di bumi bagian selatan punya tekanan udara lebih tinggi. Sehingga membawa musim panas yang melalui Indonesia.

2. Kelembaban udara yang tinggi

Adanya perbedaan angin muson ini yang memicu cuaca dan kelembapan udara yang tinggi. Kelembaban udara yang tinggi ini memicu suhu yang tersedia di Indonesia di nilai memadai stabil, tidak amat panas sementara musim kemarau dan tidak amat dingin sementara musim dingin.


Letak Geografis Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya jumlah gunung api terbanyak di dunia, lebih-lebih gunung bersama style strato, yang sebagiannya merupakan gunung-gunung yang tetap aktif. Banyaknya gunung ini memicu wilayah Indonesia punya banyak tanah yang subur serta agar Indonesia kaya bakal keragaman flora dan fauna. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh letak geologis Indonesia.

Letak Geologis Indonesia
Letak Geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang menyusun wilayah selanjutnya atau bisa termasuk dikatakan Letak geologis adalah letak suatu negara dilihat dari suasana batu-batuan yang terkandung dalam tubuh bumi wilayah tersebut. Lapisan batuan yang ada di Indonesia benar-benar erat kaitannya bersama proses pegunungan yang ada di Indonesia.

Daerah Indonesia anggota barat di lalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania, yang merupakan anggota dari kronologis dari Pegunungan Himalaya bersama cii-ciri batuan basa. Sedangkan tempat Indonesia anggota tengah dan timur merupakan deretan Pegunungan Sirkum Pasifik bersama cii-ciri batuannya asam.

Letak geologis Indonesia sebagai berikut:

  • Indonesia dilewati oleh dua buah kronologis pegunungan besar di dunia, yaitu kronologis Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
    Indonesia terletak terhadap pertemuan lempeng lithosfer, yaitu lempeng Indo – Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.
    Indonesia terletak terhadap tiga tempat dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan Daerah laut pertengahan Australia Asiatis.
  • Indonesia, disamping punya tanah bersama tingkat kesuburan yang tinggi sebab banyaknya gunung api termasuk rawan bersama terjadinya baik gempa bumi, letusan gunung api maupun Tsunami yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi maupun benturan antar lempeng tektonik/lithosfer.
  • Dilihat dari aspek jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua kronologis pegunungan dunia. Pegunungan di Indonesia anggota barat merupakan anggota dari kronologis pegunungan Sirkum Mediterania, yang merupakan kronologis jalur pegunungan api muda dan tetap aktif.

Sedang pegunungan Indonesia merupakan anggota dari pegunungan Sirkum Pasifik yang merupakan jalur pegunungan api tua agar umumnya kebanyakan gunung-gunung api di tempat timur dan tengah Indonesia gunung apinya sudah tak aktif kembali .

Berdasarkan dari suasana geologinya Wilayah Indonesia dibedakan dalam 3 Daerah Dangkalan. Dangkalan adalah daratan yang terkandung di dalam laut yang menghubungkan suatu wilayah bersama daratan yang benar-benar luas (benua).

  • Dangkalan Sunda adalah daratan di dalam laut yang menghubungkan wilayah Indonesia anggota barat bersama benua Asia.
  • Dangkalan Sahul adalah daratan di dalam laut yang menghubungkan Indonesia anggota timur bersama benua Australia.
  • Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul yang merupakan daratan yang terletak di wilayah tengah Indonesia antara Dangkalan Sunda dan Sahul.

Dangkalan ini mempengaruhi persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, dimana Daerah Dangkalan Sunda merupakan wilayah Indonesia anggota barat punya kesamaan bersama flora dan Fauna di Benua Asia sedangakan Daerah Dangkalan sahul merupakan wilayah Indonesia anggota barat punya kesamaan bersama flora dan Fauna di Benua Australia. Sedangkan Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul merupakan Daerah peralihan peralihan antara Asiatis dan Australia tidak punya kesamaan bersama yang ada di Asia dan Australia, sebab itu Flora dan Fauna di tempat ini merupakan khas dan asli Indonesia.

Indonesia merupakan tempat pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasific. Lempeng Indo-Australia bertabrakan bersama lempeng Eurasia di terlepas pantai Sumatra, Jawa dan Nusatenggara, sedang bersama Pasifik di utara Irian dan Maluku utara. Di lebih kurang wilayah pertemuan lempeng ini akumulasi daya tabrakan terkumpul hingga suatu titik dimana susunan bumi tidak kembali bisa mencegah tumpukan daya agar terlepas berupa gempa bumi, tsunami, dan longsor.

Peristiwa tektonik yang lumayan aktif, tidak cuman menyebabkan gempa dan tsunami, termasuk membawa berkah bersama terbentuknya banyak cekungan sedimen (sedimentary basin). Cekungan ini mengakomodasikan sedimen yang sesudah itu menjadi batuan induk maupun batuan reservoir hydrocarbon yang menaruh kandungan minyak bumi didalamnya

Pengaruh Letak Geologis Bagi Indonesia

  • Pengaruh letak geologis bagi wilayah Indonesia antara lain adalah sebagai berikut,
  • Kepulauan Indonesia punya banyak gunung api yang aktif.
  • Laut di anggota Indonesia barat merupakan laut dangkal sedang wilayah perairan Indonesia anggota tengah dan timur merupakan laut dalam.
  • Wilayah Indonesia menaruh banyak barang tambang mineral.
  • Wilayah Indoneisa termasuk tempat yang labil sebab kerap mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik sebab pergeseran lempeng bumi.
  • Pegunungan di Indonesia merupakan kronologis pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.
  • Tanah Indonesia punya kesuburan yang tinggi sebab banyak mengandung unsur hara sebab merupakan tanah Vulkanik yang berasal dari material gunung berapi.
  • Indonesia punya keanekaragaman hayati yang tinggi baik flora maupun Faunanya

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai letak astronomis indonesia, berdasarkan dengan letak geografis indonesia dan letak geologis indonesia, semoga penjelasan singkat ini dapat membantu anda, supaya lebih mengenal dan mengetahui letak astronomis dan geografis Indonesia. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak baik bagi si pembaca.