Arti Ungkapan Langkah Seribu Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Langkah Seribu

Arti Langkah Seribu – Seringkali kalimat langkah seribu dinyatakan secara lisan maupun tulisan dalam suatu berita baik di media cetak maupun elektronik. Yang terkadang arti ungkapan langkah seribu tersebut bermakna kurang baik.

Kata lari bersinonim dengan langkah seribu, yang secara harfiah bisa dinyatakan sebagai melarikan diri akan sesuatu yang dapat membahayakan jiwanya.


Persamaan Dan Pengertian Dalam Kalimat

Persamaan Dan Pengertian Dalam Kalimat

Persamaan arti ungkapan langkah seribu yang sering digunakan dan diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menggantikan kata; kabur, minggat, lari terbirit-birit dan lain sebagainya. Yang pada intinya merupakan bentuk langkah menghindar akan sesuatu yang menakutkan atau membahayakan.

Pengertian langkah seribu sebagai pernyataan menghindar atau pergi dengan cepat maupun melarikan diri. Tetapi arti ungkapan langkah seribu apabila disisipkan dalam sebuah kalimat bisa berbeda makna dan konotasinya. Terkadang Konotasi yang didapat bisa bermakna baik atau kurang bagus, beberapa kalimat tersebut, antara lain;

  • Melihat medan yang sulit dan situasi yang kurang menguntungkan pasukannya, komandan tempur itupun segera memerintahkan sisa-sisa prajuritnya untuk mengambil langkah seribu ke arah hutan di samping mereka.
  • Tampak seorang pemuda yang menjadi tersangka kasus curanmor berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian, setelah sebelumnya berusaha mengambil langkah seribu ke areal persawahan.
  • Kancil langsung melakukan langkah seribu ketika berpapasan dengan harimau yang sedang kelaparan.
  • Saking asyiknya bermain, para pemuda itu lupa dan tidak menyadari mereka berada di kompleks pemakaman desa yang terkenal keangkerannya. Hingga salah satu dari mereka berteriak ketakutan sambil berteriak melihat pocong disampingnya. Serempak mereka semua langsung mengambil langkah seribu secepat kilat.

Baca Juga: Arti Ungkapan Mata Keranjang


Penjabaran Ungkapan Dalam Kehidupan

Penjabaran Ungkapan Dalam Kehidupan

Salah satu cara terbaik untuk menyelamat diri adalah dengan mengambil langkah seribu. Tetapi jika masalah tersebut terjadi akibat dari tingkah polanya sendiri dan kemudian melarikan diri. Dapat dipastikan orang lain akan menganggapnya sebagai pengecut atau tidak gentle.

Baca Juga: Arti Ungkapan Mata Mata


1. Pencerminan Kepribadian

Sebagaimana arti ungkapan langkah seribu yang menggambarkan sikap kepengecutan. Dengan tidak berani untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan lebih memilih untuk melarikan diri. Sehingga teman, keluarga dan bahkan orang lain yang harus menanggung akibatnya.

2. Pembodohan Yang Bisa Berakibat Fatal

Terkadang untuk menutupi atau menyelesaikan suatu persoalan dengan melakukan tindakan yang kurang terpuji atau bodoh. Sesuai arti ungkapan langkah seribu dengan melarikan diri dari persoalan dengan cara mabuk-mabukan hingga menggunakan narkoba. Yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri dengan mati karena norkoba atau tertangkap aparat polisi.

3. Melupakan Dengan Pelampiasan

Banyak juga orang yang melarikan diri dari suatu masalah dengan melampiaskannya ke dalam suatu tindakan atau kegiatan yang belum tentu baik. Langkah seribu yang biasa dilakukan dengan pergaulan bebas, shopping hingga melakukan tindakan kriminal. Dan usaha untuk melupakan suatu persoalan hanya timbul sesaat aja.

4. Tidak Peduli Dengan Lingkungan

Banyak juga masyarakat yang enggan turun ke sungai untuk membersihkan pasir dan jalanan dengan berbagai alasan serta argumen. Ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitar menjadi cara sebagian untuk melampiaskan kekesalan atau bentuk pelarian diri.

5. Ketidakpercayaan Terhadap diri sendiri

Rasa rendah diri dan tidak adanya kepercayaan akan kemampuan bisa menyebabkan seseorang menjadi ketakutan ketika terjadi suatu masalah. Meskipun persoalan yang dihadapinya bukan sesuatu yang besar, karena ketakutannnya memilih menghindar atau kabur melarikan diri.

Demikian makna sederhana dari sebuah ungkapan tentang langkah seribu. Yang pada dasarnya merupakan suatu tindakan untuk menyelamatkan diri dari suatu masalah. Untuk itu setiap orang hendaklah berani mengambil sikap dan keputusan agar setiap masalah dapat terselesaikan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Arti Ungkapan Langkah Seribu

Leave a Reply

Your email address will not be published.