Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang – Indonesia memiliki ragam budaya serta kesenian di berbagai daerah. Setiap wilayah memiliki ciri khas masing-masing mulai dari bahasa, rumah adat, baju adat maupun lagu daerah yang masih dipertahankan dan tetap menjadi kelestarian budaya setempat hingga sekarang.

Misalnya saja lagu daerah Ampar ampar pisang menjadi lagu yang cukup populer dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat khususnya anak-anak.


Identitas Awal Lagu daerah

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Apa yang menjadi identitas awal dari lagu daerah? Jawabannya berdasarkan bahasa yang digunakan. Identitas tersebut menjadi ciri khas dan seni yang tinggi pada lirik lagunya. Contohnya lagu rasa sayange yang berasal dari maluku. Lagu ini banyak dinyanyikan dengan mengkolaborasikan sehingga dapat mengurangi orisinalitas.

Setiap lagu daerah memiliki makna tersendiri dan pesan kemasyarakatan. Maka dari itu jangan sampai lagu daerah tergerus atas beberapa faktor yaitu faktor kurangnya sajian sejarah pada pendidikan sekolah, dampak akulturasi budaya semakin mengikuti budaya barat, kurangnya wadah untuk mengeskplorasi dan mengapresiasi budaya.

Baca Juga: Lagu Daerah Bengkulu


Keunikan Lagu Daerah di Indonesia

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Masing-masing wilayah di Indonesia memiliki lagu daerah sesuai bahasa masing-masing yang menjadi ciri khas. Contohnya lagu padang bulan berasal dari Jawa Tengah menceritakan tentang sekumpulan anak-anak yang sedang bermain saat bulan purnama tiba.

Semakin majunya perkembangan zaman kini lagu daerah semakin mulai terlupakan dikarenakan banyak genre musik yang baru. Padahal lagu daerah memiliki nilai seni tinggi dan keunikan tersendiri seperti kedaerahan, turun temurun dan sederhana. Pada umumnya lagu daerah bersifat sederhana menggunakan nada pentatonis yang tidak dapat dijabarkan dalam notasi umum.

Berikutnya lagu daerah turun temurun dari pendahulu dan diajarkan tiap generasi dimaksudkan untuk tetap dilestarikan dan menerima musik daerah tersebut. Keunikan yang ketiga bersifat kedaerahan dengan lirik yang hanya dipahami oleh daerah setempat saja. Karena setiap daerah memiliki cirri khas bahasa yang berbeda-beda.


Kisah Lagu Ampar-Ampar Pisang

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

 

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi di hurung bari-bari
Masak bigi di hurung bari-bari

Manggalepak manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya cang curupan

Nang mana batis kutung
Dikitipi dawang (2x)

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi di hurung bari-bari
Masak bigi di hurung bari-bari

Lagu ampar-ampar pisang berasal dari Kalimantan Selatan yang mengisahkan tentang makanan khas kalimantan yang terbuat dari pisang. Pada asal muasalnya awalnya lagu ini dinyanyikan iseng oleh ibu-ibu yang sedang menjemur pisang sebagai olahan makanan. Kata ampar-ampar pisang dimaknai dengan pembuatan yang disusun hingga matang.

Lalu pisang dijemur hingga kering mengeras dan mengeluarkan bau manis. Nama makanan aslinya yaitu rimpi. Isi dan lirik lagu daerah ampar ampar pisang tak jauh beda dengan proses pembuatan kue Ampar. Di lagu ini juga menceritakan pisang yang dihinggapi binatang-binatang kecil yang dikenal oleh masyarakat kalimantan dengan nama bari-bari. Hewan tersebut menyukai bau manis.

Baca Juga: Lagu Daerah Maluku


Fungsi Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Fungsi dari lagu ampar-ampar pisang yaitu untuk melestarikan budaya. Selain itu juga untuk mensyukuri makanan yang ada sehingga dijadikan sebagai lagu daerah. Fungsi selanjutnya dari lagu ini yaitu sebagai media bermain karena lagu ini dinyanyikan oleh anak.-anak. Kemudian juga bisa difungsikan sebagai sarana menghibur serta dapat meningkatkan keharmonisan kekeluargaan.


Fakta-Fakta Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar-ampar Pisang memang sudah banyak di kalangan masyarakat lagu tersebut biasa dinyanyikan oleh anak-anak untuk acara pentas tari dengan diiringi lagu Ampar-ampar Pisang maupun sebagai media hiburan. Namun, tak banyak yang tahu fakta-fakta unik dari lagu ini. Berikut ini akan diulas 5 fakta tentang lagu daerah ampar ampar Pisang :

1. Berasal dari Kalimantan Selatan

Lagu Ampar-ampar Pisang diciptakan oleh Hamidan AC menjadi populer di berbagai daerah. Lagu ini berasal dari Kalimantan Selatan. Lirik lagi tersebut menceritakan budaya setempat ketika membuat makanan bernama kue rimpi. Di akhir lagu ini terdapat pesan moral untuk menakut-nakuti anak yang konon suka mencuri pisang yang sedang dijemur.

2. Menceritakan Makanan Khas Yang Terbuat dari Pisang

Di balik lagu daerah ampar ampar pisang terdapat makna tersendiri dari penciptanya. Lagu ini menceritakan makanan khas Kalimantan Selatan. Pembuatannya dari olahan pisang yang bernama kue rimpi. Proses olahan makanan ini diampar hingga hampir membusuk kemudian dijemur di bawah paparan sinar matahari hingga pisang kering dan mengeluarkan aroma manis yang menandakan pisang tersebut sudah selesai tahap pengolahan.

3. Arti dari Bari-bari Yang Unik

Terdapat lirik lagu Ampar ampar pisang di dalamnya “masak sabigi di hurung bari bari” makna dari penggalan tersebut berdasarkan pada kata sebelumnya. Penggalan dari lirik lagu tersebut memiliki makna pisang rimpi sedang dijemur ketika sudah mengeras akan mengeluarkan aroma manis. Aroma tersebut dapat mengundamg binatang yang bisa terbang bernama Bari-bari. Hewan tersebut kemudian mengrumuni pisang yang sedang dijemur.

4. Lagu yang Berguna Untuk Menakut-nakuti Anak

Fakta berikutnya yang terkandung pada lagu ini selain proses pembuatan olahan pisang rimpi. Lagu Ampar-ampar pisang memiliki penggalan untuk menakut-nakuti anak zaman dulu. Pasalnya, ketika olahan pisang yang masih dijemur banyak anak-anak yang mencuri. Untuk itu terdapat penggalan lirik “dikitip bidawang” memiliki makna akan digigit kura-kura besar.

5. Mengajari Anak Untuk Bersabar

Fakta selanjutnya pada lagu Ampar-ampar pisang yaitu memiliki pesan moral mengajari anak untuk bersabar. Seperti halnya dalam pembuatan olahan pisang yang tidak mudah dengan tahap demi tahap. Hal lain bahwa jika ingin mendapat sesuatu yang baik juga membutuhkan waktu yang lama. Bersabar dalam menjalani setiap proses kehidupan yang sedang dijalani.


Pentingnya Mengenalkan Lagu Daerah Untuk Anak-anak

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Berbagai penelitian membuktikan bahwa mengenalkan musik kepada anak akan memberikan pengaruh posisif. Pasalnya musik dapat memberikan rangsangan terhadap sel otak. Mengenalkan lagu daerah kepada anak tandanya tetap meneruskan budaya daerah. Adapun manfaat yang dapat dipetik diantaranya mengenalkan budaya daerah sambil memperkenalkan lagu daerah sekaligus juga bisa mengajarkan tentang adat istiadat dari alat musik daerah, baju adat.

Mengambil pesan positif sembari mengajarkan lagu daerah anak dengan diajari arti dan makna yang terkandung dalam syair lagu. Berikutnya dapat memperkaya musikalitas anak dengan mengenalkan lagu daerah dan mengetahui beragam jenis musik. Menumbuhkan kepercayaan diri dan kreatifitas serta meningkat kecerdasan anak dengan mendengarkan musik daerah anak akan lebih mengapresiasikan rasa emosi yang dapat berdampak positif.


Perkembangan Lagu daerah Masa Kini

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Semakin berkembangnya zaman musik mengalami variasi berbagai genre musik yang beraneka ragam hingga lagu daerah makin terlupakan. Misalnya saja genre musik zaman dulu seperti keroncong. Tentunya genre musik semakin berkembang, dulu memainkan musik hanya menggunakan alat seadaanya sekarang alat musikpun juga sangat bervariasi.

Lagu dijadikadikan sebagai sarana hiburan bagi kalangan masyarakat lagu-lagu yang didengarkan lagu kekinian sedangkan lagu daerah hampir punah. Teknologi yang semakin maju juga membuat budaya semakin terabaikan. Contohnya saja anak-anak SD ketika ditanya lagu daerah belum tentu ada yang bisa menjawab.

Ada beberapa yang mengetahui judulnya namun perlu berfikir terlebih dahulu. Kurangnya ilmu serta pengetahuan yang membahas kebudayaan di sekolah juga berpengaruh terhadap wawasan anak tentang budaya daerah. Ironinya lagi banyak anak-anak tingkat SD yang lebih menguasai lagu barat dibanding lagu daerah.

Demikianlah ulasan lagu daerah ampar ampar Pisang yang menjadi popular di berbagai daerah. Lagu daerah dengan alat music sederhana dapat dijadikan sebagai hiburan. Lagu daerah biasa didengar pada upacara adat memiliki pesan tersendiri yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang

Lagu Daerah Palembang

Vera Apriani
5 min read

Lagu Daerah Maluku

Vera Apriani
5 min read

Lagu Daerah Lampung

Vera Apriani
7 min read

One Reply to “Lagu Daerah Ampar Ampar Pisang”

Leave a Reply

Your email address will not be published.