16 Bahaya Kurang Minum Air, Inilah Penyakit di Sebabkan Malas Minum Air Putih

Kurang Minum Air Putih – Jangan menganggap minum air putih itu tidak terlalu penting, pada dasarnya di dalam tubuh kita, sebagian besar berisi dengan air. jadi dapat kita bayangkan, seandainya di dalam tubuh kita kekurangan cairan.

Maka, fungsi sebagian tubuh manusia akan terganggu, air putih dinilai sebagai air yang paling sehat, untuk mengisi cairan tubuh. karena air mineral masih murni belum terkena campuran bahan campuran apapun.

Dan tubuh setiap harinya memerlukan asupan air putih sekurang-kurangnya 2 liter per hari. seandainya kita kurang minum air putih akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh.

Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

Kebiasaan seseorang yang malas minum air putih dapat mengganggu keseimbangan air dalam tubuh dan bisa menyebabkan risiko penyakit beberapa penyakit akibat kurang minum air putih:

Dehidrasi

l-men.com

Dehidrasi diakibatkan karena kondisi tubuh yang kekurangan cairan, beberapa hal yang mengakibatkan dehidrasi ialah. Kurangnya  pasokan air pada tubuh dalam waktu yang lama.

Bisa juga di akibatkan karena melakukan kegiatan olahraga atau bekerja, tidak menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh yang keluar.

Karena saat tubuh dalam kondisi kerja berat, maka tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga tubuh butuh cairan pengganti dan jika kurang minum air putih, akan mengakibatkan kurangnya cairan yang dibutuhkan tubuh sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Dehidrasi cukup berbahaya, kerena dehidrasi dapat mengakibatkan kematian jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Beberapa pemicu dehidrasi ialah muntah, diare dan terjadinnya pendarahan. Dan beberapa gejala dehidrasi yaitu menurunya nafsu makan, secara tidak wajar, sakit kepala, terasa lemas serta jiwa mudah cemas.

Maka dari itu penting minum air dengan cukup, supaya dapat terhindar dari bahaya dehidrasi kekurangan cairan pada tubuh.

Gangguan Pada Sistem Pencernaan

perutcakit blogspot com

Saluran pencernaan merupakan sitem organ tubuh yang sangat kompleks dan sensitif, yang sangat memerlukan pasokan air. Untuk melancarkan pencernaan, dan proses mencernakan makanan di dalam tubuh.

Kurangnya minum air putih akan mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Tubuh sangat butuh mencerna makanan atau menyerap nutrisi makanan yang di konsumsi.

Sehingga seorang yang kurang minum, akan menimbulkan penyakit sembelit dan penyakit pencernaan. Jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama, akan berakibat fatal, berupa terjadinya kanker usus.

Kurangnya air putih, atau cairan juga akan berakibat lambung dan usus, mengalami pemurunan lapisan pelindung bagian luar. Hal semacam ini sangat berbahaya, karena dapat mamacu asam lambung luka pada usus.

Tubuh Mudah Lelah

aremafood.com

Sseorang yang kekurangan cairan, akan mengakibatkan mudah lelah, hal semacam itu wajar terjadi. Karena ketika tubuh hanya meperoleh asupan cairan yang kurang,  akan mengakibatkan metabolisme pada tubuh menurun drastis.

Sehingga membuat tubuh mudah lelah, metabolisme dalam tubuh yang terganggu. Membuat sel-sel atau jarungan tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal

Tubuh yang kekurangan air putih, hanya akan membuat tubuh lemas, mudah lelah, lesu, dan sedikit-sedikit dalam beraktifitas mudah lelah, meski hanya melakukan aktifitas yang ringan.

Air juga berfungsi sebagai, pembawa oksigen serta nutrisi keseluruh jaringan tubuh, jika tubuh kekurangan air. Maka akan membuat tubuh mudah lelah dan tidak bertenaga.

Masalah Serius Pada Organ Ginjal

hellosehat.com

Fungsi Ginjal menemiliki peran yang sangat penting, yaitu menyaring cairan dalam tubuh. Dimana nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh akan diserap melalui peredaran darah.

Adapun zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh yang bersifat sebagai racun. Akan disaring untuk dibuang keluar tubuh proses urine.

Dalam proses penyaringan organ ginjal, sangat membutuhkan air agar mampu berfungsi dengan baik. Apabila kekurangan cairan pada tubuh, maka akan mengakibatkan ginjal bekerja terlalu keras.

Sehingga dapat membahayakan ginjal, selain itu kotoran atau semacam zat-zat beracun, yang berhasil disaring oleh ginjal. Tidak dapat di keluarkan secara sempurna. Sehingga racun masih berada dalam tubuh.

Masalah lainya yang diperoleh, apabila ginjall bekerja saecara keras, dalam waktu yang lama. Akan sangat membahayakan organ ginjal bisa rusak.

Kondisi yang terburuk lagi, jika berlangsung  dalam waktu yang lama, akan berakibat seorang mengalami gagal ginjal. maka dari itu betapa penting fungsi air putih untuk anggota tubuh.

Gangguan Pada Fungsi Syaraf

Kurang Minum Air Putih
ragamobat.com

Kurang Minum air putih akan mengakibatkan gangguan terhadap fungsi syaraf, karena ketika tubuh kekurangan cairan. Maka penyusutan oksigen ke otak mengalami masalah serius.

Dimana fungsi otak sebagai kordinasi, sebagai pusat syaraf yang mengendalikan sensorik maupun motorik tubuh manusia.

Biasanya terjadinya gangguan terhadap fungsi syaraf dikarena ke kurangan, cairan pada tubuh. Sehingga akan mengakibatkan penurunan daya konsentrasi, mudah lupa, mudah bingung dan mudah ngantuk.

Mudah Terserang Radang Sendi

tokoobatherbal23.com

Radang sendi yang beresiko tinggi, di karenakan kurang minum air putih, hal ini merupakan penyusun tulang rawan, serta pemulasan bagian sendi tubuh.

Tulang rawan, setiap persendian terdiri sekitar 80% air, tulang rawan sendi memiliki. Permukaan yang halus, sehingga dalam pergerakan setiap tubuh harus di lumasi.

Malas minum air putih, akan mengakibatkan kurangnya pelumas pada sendi, yang akan membuat gesekan yang besar.  Sendi yang kehilangan pelumas, akan menurun fungsinya.

Asupan air sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh dan sendakit i, agar tetap terlumasi dengan baik. Serta agar tetap terhindar dari nyeri karena penyakit artharitis.

Dengan begitu kekurangan cairan, dalam kebutuhan tubuh akan memicu gangguan yang serius pada sendi. Terutama reumatik dan osteoarthititis.

Tekanan Darah Tinggi

jualproduktiens com

Kekurangan cairan dapat mengakibatkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Hal semacam ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Pembatasan pergerakan darah, akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Karena organ jantung bekerja lebih ekstra untuk memompa darah.

Selain itu jika aliran darah ke ginjal akan menjadi bermasakaah, di karenakan kekurangan air. Maka menimbulkan gangguan pada konstrakuat tekanansi pembuluh darah, dan arteri.

Berbeda dengan tubuh yang memiliki cukup cairan, maka komposisi darah sangat baik. Dan tingkat keenceran normal, adapun pada saat tubuh ke kurangan cairan, mengakibatkan darah akan sangat mengental memicu hipertensi.

Gangguan Kulit

dedaunan com

Kurang minum air putih, akan mengakibatkan, kulit kehilangan kesegaran dan elastisitasnya. Yang akan membuatdak optimti kulit menjadi kusam, kasar, dan mudah rusak.

Jika kekurangan cairan tubuh, akan membuat enzim yang tidak dapat optimal, dan membuat struktur lapisan pada kulit luar. Memburuk sehingga mengakibatkan kulit kering dan kasar.

Dengan demikian, jika ingin merawat kulit agar selalu segar, halus dan tetap sehat. Minum air  putih, yang cukup pada setiap harinya.

terbiasa dalam minum air putih setiap harinya secara teratur, akan membuat kesegaran pada tubuh. tubuh terhindar dari masalah telihat pucat dan seperti tidak bersemangat.

Urin Berwarna Pekat

csobindonesia.blogspot.com

Salah satu tanda yang paling mudah di ketahui, saat tubuh kekurangan cairan adalah urin yang berwarna sangat pekat. jika urin normal, maka akan berwarna bening atau warna bening agak ke kuningan.

Pada kasus orang yang kekurangan cairan, dapat kita ketahui bahwa urin yang keluar. Berwarna kuning pekat, dan warna urin yang pekat jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan masalah serius pada kesehatan.

Nyeri Ketika Buang Air Kecil

pain.com

Tanda yang lain dari ke kurangan minum air putih adalah rasa sakit ketika buang air kecil. Hal ini karena kantung kemih sangat membutuhkan cairan yang banyak untuk mengeluarkan urin dengan lancar.

Kondisi kekurangan cairan yang sangat sedikit dalam tubuh, akan menyebabkan kantung kemih mengalami infeksi dan menyebabkan rasa nyeri saat proses buang air kecil.

Kurang Konsentrasi

fifaahhlr.blogspot.com

Daya konsentrasi sangat bergantung dari kondisi kesehatan otak, jika kita malas dalam minum air putih, akan mengakibatkan otak kita. Mengalimi kekurang cairan.

Salah satu yang mengakibatkan, tubuh kekurangan asupan oksigen, termasuk oksigen ke otak akan mengalami masalah.  Sehingga sel-sel pada otak, akan mengalami penurunan kinerjanya.

Organ otak yang mengalami kekurangan cairan, akan membuat timbul masalah, semisal kinerja otak dan daya konsentrasi. Akan mengalami penurunan, dan membuat sesorang sulit dalam memecahkan masalah.

Mengalami Halusinansi

Pinkkorset.com

Halusinasi dapat di akibatkan oleh beberapa hal, bisa dikatakan kondisi seperti melihat sesuatu. Namun benda atau objek yang di lihat tidak nyata.

salah satu pemicu, penyebab halusinasi di akibatkan oleh kekurangan minum air putih, masalah halusinasi seperti ini. Dapat menggangu aktivitas yang dilakukan sehari-hari, terutama pada saat melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi.

Mudah Ngantuk

apotikantar com

Mudah mengantuk, salah satu sebab kekurangan air putih, karena hal ini karena air putih. Mimiliki kegunaan salah satunya menjaga kesehatan tubuh.

Jika setelah bangun tidur tidak segera atau belum minum tidur saat bangun, maka pada hari itu pula bisa di pastikan. Tubuh akan terasa lemas, tidak bertenaga dan mudah nganruk.

Sehingga kebutuhan, dalam mencukupi cairan dalam tubuh membutuhkan minum air putih yang cukup. Agar tubuh menjadi segar dan tidak mudah ngantuk.

Radang Tenggorokan

dedaunan.com

Kurang minum air putih dapat membuat tenggorokan menjadi kering, setelah itu akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Salah satu penyebab penyakit di tenggorokan akibat kurang minum air putih bagi kesehatan adalah radang tenggorokan. Yang di sebabkan kurangnya cairan ke tenggorokan.

Yang akan membuat aktifitas sehari-hari terganggu, karena rasa perihnya dan membuat rasa perih, membuat susah menelan makanan. Serta membuat suara hilang

Tidak Seimbang Antara Cairan Dan Elektrolit

ladangbambu.blogspot.com

Kurang air putih, akan berakibat keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh menjadi temapat dimana. Elektrolit larut kemudian nantinya akan tersebar ke bagian-bagian tubuh.

Elektrolit memiliki peran utama bagi kierja jaringan tubuh, sehingga dalam menjaga ke seimbangan. Kadar elektrolit sangat dibutuhkan untuk membantu sel-sel pada tubuh agar bekerja dengan baik

Tidak seimbangnya, elektrolit pada tubuh akan menyebabkan hal-hal buruk, seperti kejang otot. Kelemahan pada jantung, serta akan mengakibatkan detak jantung tidak teratur.

Gangguan Pengaturan Suhu

alibaba.com

Manfaat air putih untuk badan, dapat menjaga suhu pada tubuh agar tetap stabil, sehingga fungsi sel-sel pada tubuh dapat bekerja dengan baik.

Air mampu bekerja untuk menyerap dan membuang panas yang terbentuk dari efek metanolisme. Dan kelenjar keringat juga kan mengeluarkan cairan pada kulit, ketika lingkungan panas.

Hal itu sangat penting untuk menjaga kondisi suhu tubuh agar tetap stabil, dengan begitu. Masah dehidrasi yang di alami membuat akan mengalami kesulitan dalam menjaga suhu tubuh.

Serta mendinginkan tubuh jika kondisi lingkungan yang panas, jika kondisi tubuh sedang dehidrasi. Dan lingkungan sekitar terasa panas, maka tubuh kita akan mengalami sakit kepalam kejang hingga hal yang butuk ialah kematian.

 

Kesimpulan

Selain kita semua membutuhkan air mineral yang cukup, agar tubuh tetap terjaga kondisisinya. Maka hal penting yang perlu diperhatikan adalah kondisi makanan yang bergizi seimbang.

Penuhi kebutuhan tubuh seperti makan buah-buahan dan sayur-sayuran, selain itu. Batasi makanan yang berlemak, yang bisa menyebabkan tingginya kolestrol jahat, dalam tubuh.

Serta lakukan olahraga rutin dan teratur, istirahat yang cukup serta jaga hati dan pikiran untuk menghindari stres yang berlibihat saat berfikir.

Tinggalkan komentar