Pengertian Ketahanan Nasional (Sifat, Fungsi, Tujuan, Dan Asas)

Ketahanan Nasional – Kita semua menyadari bahwa setiap bangsa mempunyai cita-cita luhur dan indah yang menghendaki dicapainya. Orang menjelaskan bahwa cita-cita yang menghendaki dicapai oleh suatu bangsa mempunyai manfaat sebagai penentu berasal dari obyek nasionalnya.

Lazimnya dalam bisnis raih obyek tersebut, bangsa terkait hadapi tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan yang selalu wajib dihadapi ataupun ditanggulangi. Oleh karena itu, suatu bangsa wajib mempunyai kemampuan, kekuatan, ketangguhan dan keuletan.

Umumnya inilah yang dinamakan ketahanan nasional, yang dapat termasuk disebut sebagai ketahanan bangsa (Suhady dan Sinaga, 2006).  Kita pasti sering mendengar jika negara yang kuat adalah negara yang mampu mengendalikan segala aspek yang ada di negara tersebut.

Ketahanan nasional (Tannas) merupakan konsep, keselamatan nasional ataupun kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Tannas sendiri juga sering disebut-sebut sebagai comprehensive security. Lalu, apa itu pengertian ketahanan nasional?


Pengertian Ketahanan Nasional

Sifat Ketahanan Nasional

Kondisi dinamika suatu bangsa yang mempunyai keuletan dan ketangguhan, sehingga dengan begitu negara mampu mengembangkan kekuatan nasional. Selain itu dengan mempunyai keuletan dan ketangguhan negara mampu menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman.

Ketahanan nasional merupakan di mana kondisi kehidupan nasional harus diwujudkan dari pembinaan sejak dini. Akan tetapi pembinaan sejak dini harus dimulai secara pribadi, keluarga dan selanjutnya dalam suatu daerah. Yang terpenting itu semua diwujudkan secara nasional.


Sifat Ketahanan Nasional

Pengertian Ketahanan Nasional

1. Mandiri

Mandiri di sini adalah percaya pada kemampuan, kekuatan diri sendiri dan yang pasti tidak mudah menyerah. Sifat-sifat itulah yang kemudian menjadi syarat untuk menjalin suatu kerjasama. Kerjasama sendiri juga perlu dilandasi dari sifat kemandirian, bukan hanya semata-mata tergantung pada pihak-pihak lain.

2. Dinamis

Dinamis sendiri berarti tidak tetap atau naik turun, Biasanya tidak tetap di sini tergantung dari situasi ataupun kondisi bangsa dan negara serta lingkungan strategisnya. Dinamika inilah yang selalu diorientasikan kedepannya, dan kemudian diarahkan pada kondisi yang lebih baik.

3. Wibawa

Wibawa dalam arti keberhasilan pembinaan yang berlanjut dan berkesinambungan tetap dalam rangka meningkatkan kekuatan maupun kemampuan bangsa. Dengan ini diharapkan agar bangsa Indonesia memiliki harga diri dan juga diperhatikan oleh bangsa lain.


Fungsi Dan Ideologi Ketahanan Nasional

Tujuan Dan Hakikat Ketahanan Nasional

Sebagai pengarah untuk menyatukan pola pikir, tindakan, dan cara kerja intersektor maupun multidispliner. Fungsi lainnya adalah sebagai pengarah bagi pengembangan potensi kekuatan bangsa dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, dan juga pertahanan keamanan.

Menangkal segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap identitas, integritas dan eksistensi suatu bangsa juga termasuk fungsi dari ketahanan.

Ideologi sendiri terkandung suatu nilai dasar tentang kehidupan yang diimpi-impikan atau dicita-citakan oleh suatu bangsa dan negara. Kemampuan ideologi pun juga tergantung pada rangkaian nilai yang dikandungnya.

Nilai yang dikandungnya pun dapat memenuhi dan menjamin segala aspirasi hidup dari kehidupan manusia. Selain itu ideologi juga tercipta dari pemikiran ataupun falsafah, dan pelaksanaan dari suatu sistem falsafah itu sendiri


Tujuan dan Hakikat Ketahanan Nasional

Asas Ketahanan Nasional

Tujuannya bisa dilihat dalam UUD 1945 alinea ke-4. Dari alinea tersebut telah disebutkan secara jelas mengenai tujuan dari ketahanan yang ada di Indonesia. Yang paling penting adalah bertujuan untuk mengusahakan negara agar bisa terus bertahan menghadapi segala situasi yang sulit, khususnya di Indonesia.

Sedangkan pada hakikatnya adalah kemampuan dan juga ketangguhan suatu bangsa untuk menjamin dari kelangsungan hidup negaranya. Penyelenggaraan ketahanan tersebut dilakukan melalui pendekatan keamanan dan juga melalui kesejahteraan.


Asas Ketahanan Nasional

Ketahanan Nasional

Setiap masing-masing negara mempunyai cara untuk mempertahankan negaranya. Kelangsungan hidup dari suatu negara di lihat dari segi keserasian aspek politik, ekonomi, sosial, militer dan aspek lainnya. Keseluruhan aspek-aspek tersebut saling mempengaruhi kemakmuran maupun pertahanan suatu negara. Semakin kuat aspeknya semakin kuat juga ketahanan negaranya.

Ketahanan nasional pun tidak lepas dengan asas-asas yang mendasari ketahanannya. Asas ketahanan merupakan suatu asas yang didasari dari nilai-nilai yang terkandung pada pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara. Di dalam Indonesia ketahanan didasari pada empat asas, yaitu kesejahteraan dan keamanan, utuh menyeluruh terpadu, kekeluargaan dan mawas diri.

Tinggalkan komentar