Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional Beserta Pengertian, Contoh dan Jenisnya

Kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional merupakan kerjinan dengan bahan utama yang berasal dari serat, yang biasa digunakan sebagai pembuatan kerajinan. Yang berbahan utama dari kain contohnya seperti produk kerajinan tekstil.

Dan ada beberapa jenis kerajinan tekstil yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Karena kerajinan tekstil terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah kerajinan tekstil tradisional dan yang kedua kerajinan tekstil modern, terus. Apa sih perbedaanya?.

Nah, agar kita lebih mengerti lagi apa itu kerajinan tekstil modern dan apa itu kerajinan tekstil tradisional. Anda dapat membaca pada ulasan dibawah ini, yuk disimak terlebih dahulu pengertian kerajinan tekstil.Pengertian Kerajinan Tekstil

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
waliyuladly199.student.umm.ac.id

Sebelum membahas lebih jauh lagi mengenai kerajinan tekstil, tentunya anda juga harus mengetahui terlebih dahulu. Mengenai pengertian tekstil itu sendiri, karena tekstil merupakan bagian yang sulit dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kita setiap hari sering menemui beragam kerajinan tekstil dalam kehidupan sehari-hari. dan apa sih sebenarnya kerajinan tekstil itu.

Kerajinan tekstil adalah kerajinan yang berasal dari serat dan diolah menjadi benang dan diolah lagi menjadi kain, dari kain inilah yang digunakan sebagai bahan utama kerajinan tekstil. Produk tekstil meliputi produk serat, benang, kain pakaian dan berbagai produk kerajinan yang lainya.

Pada dasarnya bahan tekstil dikelompokan berdasarkan jenisnya, sebagai berikut:

  • Berdasarkan jenis produk dan bentuknya seperti, benang, serat staple, serat filamen, benang, kain dan produk kerajinan lainya.
  • Berdasarkan jenis bahannya, seperti serat sintetis, serat alam, serat campuran.
  • Berdasarkan jenis warna dan motifnya apakah berwarna, bermotif dan bergambar.
  • Berdasarkan jenis konstruksinya, rajut, tenun, benang tunggal, tempa, benang gintir.

Mengenal Kerajinan Tekstil melalui vidio dibawah ini, yuk disimak sebentar klik mulai.

Macam-macam Kerajinan Tekstil

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
teknologitekstil.com

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa kerajinan tekstil di Indonesia dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional.

Karena perkembangan industri tekstil berkembang sangat pesat di Indonesia. Serta pada saat ini banyak perancang atau desainer yang menghasilkan karya-karya busana modern.

Tetapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengembangkan ide kreatif dari kerajinan tekstil tradisional atau kerajinan tekstil modern Indonesia, agar dikenal luas oleh dunia. Berikut pembagian kerajinan tekstil Indonesia.

Baca Juga: Kerajianan dari Kardus

1. Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
isigood.com

Kerajinan tekstil tradisional merupakan kerajinan yang dibuat dengan cara alami, tanpa mengguanakan alat bantu mesin dalam memproduksinya. Dan bisa disebut juga buatan manual hanya dengan tangan manusia.

Pada umumnya kerajinan tekstil tradisional, memiliki nilai seni dan harga yang relatif tinggi dari pada kerajinan modern. Selain kelebihan memiliki harga dan nilai seni yang tinggi, kerajinan tekstil tradisional memiliki daya tahan yang lebih lama, karena pembuatanya masih secara manual, tanpa menggunakan mesin.

Selain memiliki beberapa kelebihan kerajinan tekstil tradisional juga memiliki kekurangan, beberapa kekurangan kerajinan tekstil tradisional adalah proses produksi yang lama. Sehingga membutuhkan waktu produksi yang lumayan untuk menghasilkan produk jadi.

Kerajinan tekstil tradisional indonesia, berkembang mengalir secara kreatif di setiap daerah setempat. Dengan kebiasaan masyarakat indonesia yang berbeda-beda dan suku bangsa yang beragam. Sehingga menghasilkan macam-macam tekstil yang beragam di Indonesia.

Fungsi Kerajinan Tekstil Tradisional

Fungsi kerajinan tekstil tradisional beserta contohnya di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

  • Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang yang digunakan untuk melindungi dan menutupi tubuh, seperti kain, baju, celana dan yang lainya.
  • Sebagai sarana alat bantu atau alat rumah tangga yang digunakan dalam keseharian, seperti kain gendong bayi, serambu atau kordeng. Serta kain kain gendong barang dan alat alat kebutuhan yang lainya yang berbahan dasar dari kain, yang biasa digunakan oleh masyarakat indonesia.
  • Sebagai alat ritual, karena banyak sekali tradisi indonesia yang beraneka ragam, sehingga fungsi tekstil tradisional digunakan sebagai busana khusus ritual dalam tradisi tertentu. Seperti kain songket untuk pernikahan dan khitan, kain tenun ulos, kain poleng dari Bali yang digunakan untuk ruwatan (ritual penyucian).

2. Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
information-slovenia.com

Kerajinan tekstil modern merupakan kerajinan pada proses memproduksinya menggunakan mesin canggih sebagai alat pengolahannya secara otomatis. Berbeda dengan kerajinan tekstil tradisional yang masih menggunakan tenaga manusia dalam proses pembuatannya.

Sudah mengikuti kemajuan perkembangan jaman yang semakin canggih, kerajinan tekstil modern memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh kerajinan tekstil tradisional. Perbedaanya adalah dalam proses memproduksinya, secara otomatis.

Karena dalam sudah mengguanakan teknologi mesin, maka dalam produksi tidak terlalu menguras tenaga dan tidak menguras waktu yang lama. Dalam memproduksinya dan kerajinan tekstil modern bisa diproduksi secara massal dalam skala waktu yang singkat.

Sebagaimana kelebihan kerajinan tekstil modern, tentunya juga tidak lepas dari kekurangan yang dimilikinya juga. Karena proses produksi secara masal singkat dan menggunakan mesin, tentunya kualitas bahan yang kurang serta daya tahan produk kurang maksimal.

Fungsi Kerajinan Tekstil Modern

Fungsi kerajinan tekstil modern beserta contohnya di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

  • Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang dan fashion, yang sudah mengalami perubahan secara bertahap dalam fungsinya. Seperti busana, aksesoris, sepatu, topi dan tas yang mengguanakan bahan tekstil sebagai bahan pembuatanaya.
  • Sebagai perlengkapan interior yang digunakan sebagai pelengkap kebutuhan dan penghias suatu tempat, seperti alas makan, keset, kap lampu, dan hiasan dekor ruangan.
  • Sebagai wadah yang digunakan sebagai sarana pelindung benda seperti aneka tas, tas laptop, aneka wadah, dompet dan lainya. Karena perkembangan tren yang selalu berubah, sebagai salah satu hal yang selalu dicari untuk kebutuhan dalam perkembannya.

Contoh Kerajinan Tekstil

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
metrazne-tkanine.si

Di Indonesia banyak sekali kerajinan kain mulai dari berbagai contoh kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional yang dapat kita temui. Dalam tiap daerah pasti memiliki kerajinan tekstil yang berbeda-beda, baik dalam motif tekstil dan desain tekstil berbeda setiap daerah.

Karena dalam mendesain kerajinan tekstil merupakan langkah awal untuk merancang suatu karya seni. Agar dalam proses pembuat kerajinan tekstil dapat tercapai tujuan dalam pembuatan karya tersebut. Berikut ini contoh kerajinan tekstil di indonesia.

Kerajinan Batik

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
negarawanindonesia,com

Kerajinan batik merupakan karya seni yang bernilai tinggi, yang sangat populer hingga manca negara dan sudah diakui dunia. Peralatan batik sederhana seperti canting dan kuas untuk membuat pola batik terlebih dahulu.

Dalam mewarnai kain tekstil menggunakan teknik tutup celup, dan proses pembuatan batik tradisional membutuhkan waktu cukup lama. Dalam proses membatik, kerajinan batik merupakan sebuah warisan secara turun temurun warisan budaya indonesia dan menjadi ciri khas indonesia.

Kerajinan Sulam

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
satujam.com

Kerajinan sulam merupakan suatu hiasan bordir pada kain, atau bahan lain yang dibuat menggunakan benang dan jarum. Dalam pembuatan sulam bahan lain yang bisa kita gunakan, bisa berupa manik-manik, logam, bahkan bulu burung juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan sulam.

Dalam jenis kerajinan sulam terdiri dari berbagai jenis tergantung pada hasil kerajinan yang telah dibuatnya. Misalnya seperti kerajinan sulam terawang, kerajinan sulam timbul, kerajinan sulam datar dan masih banyak lagi jenis kerajinan sulam yang lainya.

Kerajinan Tenun

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
gulalives.com

Kerajinan tenun merupakan sebuah teknik membuat kain yang ada di berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Dalam pembuatan tenun dalam setiap daerah, memiliki berbagai macam cara sendiri-sendiri dalam proses membuat kain tenun.

Maka dari itu, untuk mengetahui motif kain tenun, disetiap daerah berbeda jadi untuk mengetahui dari mana asal kain tenun berasal. Bisa kita bedakan dari ciri khas setiap daerah masing-masing.

Kerajinan Jahit Perca

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
blogoinformasi.com

Kerajinan jahit perca merupakan kerajinan yang dibuat menggunakan sisa-sisa kain untuk membuat pakaian atau kerajinan tekstil lainya. Jahit perca biasa dilakukan menggunakan bahan-bahan dan potongan-potongan kain perca.

Cara membuat kain perca sendiri tidak begitu sulit, hanya butuh ketelitian dalam menggabungkan kain perca. Kemudian dijahit kembali menggunakan pola kain perca yang sudah direncanakan.

Kerajinan Makrame

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
berbagigagasan.blogspot

Kerajinan makrame merupakan jenis kerajinan membuat simpul dalam memadukan setiap untain benang yang disambung menjadi satu. Dalam membuat kerajinan makrame, butuh keterbiasaan dalam membuat simpulnya. sehingga mendapatkan hasil yang bagus dalam membuat makrame.

Kerajinan Jahit Tindas

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
caturprasetyow.blogspot

Jahit tindas biasa dikenal sebagai quiting atau salah satu teknik menghias perukaan kain dengan cara membuat lapisan dengan lapisan bahan lagi. Kemusian dijahit dan di tindas dengan kain lagi pada permukaannya, Kerajinan jahit tindas biasanya digunakan pembuatan selimut dengan hiasan timbul pada permukaannya.

Kerajinan Cetak Saring

Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional
chanelsaya.blogspot

Kerajinan cetak saring adalah sebuah proses cetak menggunakan layar yang biasa dibuat dari bahan nilon atau sutra. Dalam proses pembuatan telah diukur dan didesain dengan kerapatan tertentu.

Dalam membuat kerajinan cetak saring dapat membuatnya dengan kain yang direntangkan dengan kuat. Sehingga menghasilkan layar dan hasil dari cetakan akan datar, kemudian dimasukan ke fotoresis dan disinari. Layar tersebut akan terbentuk bagian yang bisa dilalui tinta yang bisa dilalui oleh tinta, contoh dari kerajinan cetak saring adalah sablon bisa juga digunakan untuk konveksi jaket.

Demikian artikel tentang kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional Semoga bermanfaat. 😀

Satu pemikiran pada “Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional Beserta Pengertian, Contoh dan Jenisnya

Tinggalkan komentar