Budaya Indonesia : Sangat Unik dan Menarik, Banyak Memikat Wisatawan

By | 18 September 2020
Keragaman Budaya Indonesia

Keragaman Budaya Indonesia – Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai negara di dunia yang memiliki keragaman budaya yang sangat banyak. Keragaman budaya Indonesia ini, membuat banyak mata dari seluruh dunia penasaran akan keunikan dan kesakralan budaya di Indonesia. Membuat Indonesia, menjadi salah satu destinasi favorit bagi para turis yang tertarik dengan wisata budaya.


Keragaman Budaya yang Majemuk

Keragaman Budaya Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali suku dan juga Bahasa. Ada lebih dari 200 suku dengan 1000 lebih bahasa yang digunakan pada percakapan sehari – hari di tiap–tiap daerah. Belum lagi lagu, tarian, jenis pakaian adat bahkan juga makanan khas daerah yang tak terhitung lagi jumlahnya.

Hal ini membuat Indonesia menjadi negara yang sangat unik di mata dunia. Mengingat, Indonesia adalah negara yang terdiri dari pulau – pulau namun tetap bersatu menjadi satu kesatuan. Perbedaan pendapat dan ketersinggungan mungkin terjadi. Namun, Indonesia tetap bersatu dalam Bhenika Tunggal Ika.

Keragaman ini, membuat Indonesia beberapa kali memecahkan rekor dunia dalam setiap pagelaran kebudayaan yang di adakan di Indonesia. Seperti pada event Solo Menari, dimana telah memecahkan rekor penari terbanyak yang menari selama 24 jam. Dan yang pasti, dengan adanya berbagai pertunjukan tersebut membuat banyak turis – turis datang ke Indonesia

Melihat begitu banyaknya, acara kebudayaan di Indonesia yang sering mendatangkan banyak turis. Merupakan salah satu tanda bahwa keragaman budaya Indonesia ini dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan sektor ekonomi di bidang pariwisata. Apalagi, jika pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama dalam meningkatkannya.

Memanfaatkan keragaman budaya untuk menjadi sumber penghasilan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bayangkan saja, jika banyak turis yang datang maka akan banyak sekali sektor industri yang juga akan ikut menggeliat maju. Seperti jasa penyewaan penginapan, transportasi, tour guide dan juga kuliner.

Hal ini dikarenakan, banyak orang di dunia yang haus akan hal baru. Apalagi, masih banyak sekali kegiatan kebudayaan atau acara adat di Indonesia yang belum banyak di explore secara menyeluruh. Dengan dikenalkannya beragam kebudayaan Indonesia kepada dunia, diharapkan mampu membuat para turis berdatangan dari berbagai pelosok dunia.

Baca Juga: Budaya Jawa Barat


Contoh Keragaman Budaya Indonesia Yang Berpotensi Mendatangkan Turis Mancanegara

Keragaman Budaya Indonesia

Tempat wisata yang menarik itu, tak selalu berkutat pada pemandangan yang indah seperti pantai ataupun gunung. Melainkan tradisi apa yang sering diadakan atau dilaksanakan di tempat tersebut. Di Indonesia, banyak sekali kegiatan – kegiatan adat yang sering mendapat perhatian lebih dari turis untuk berkunjung dan menikmati suasana sakral yang tercipta. Berikut ini, beberapa upacara adat atau festival masyarakat yang sering menjadi sasaran para turis mancanegara yang ingin belajar tentang keragaman budaya Indonesia :

Baca Juga: Budaya Jawa Timur

1. Upacara Ngaben, Bali

Bali memang merupakan surganya berbagai macam acara adat, salah satu yang paling terkenal adalah Upacara Ngaben. Upacara ini adalah prosesi penghantaran seorang manusia yang telah meninggal ke alam selanjutnya. Prosesi penghantaran tersebut dilakukan lewat proses pembakaran jenazah yang disertai dengan penyerahan berbagai macam hasil bumi untuk para leluhur.

Upacara ini merupakan upacara khas umat Hindu yang ada di Bali. Masyarakat Hindu Bali yang melaksanakan upacara ini membagi upacara ini menjadi 5 bagian yakni sebagai berikut:

  • Ngaben Sewa Wedana: Upacara Ngaben yang dilakukan dengan mengikut sertakan tubuh dari jenazah yang baru meninggal atau belum pernah dimakamkan.
  • Ngaben Asti Wedana: Upacara Ngaben yang dilakukan dengan mengikut sertakan anggota tubuh manusia yang pernah dikubur. Prosesi ini dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan Upacara Ngagah, dimana dilakukannya pembongkaran makam untuk orang yang bersangkutan.
  • Swasta: Upacara Ngaben yang dilakukan tanpa melibatkan jenazah untuk melakukan proses kremasi. Upacara ini dilakukan ketika orang yang telah meninggal tersebut meninggal di tempat yang jauh atau bahkan jenazahnya tidak dapat ditemukan (Hilang).
  • Ngelungah: Upacara Ngaben yang dilakukan khusus untuk anak – anak yang meninggal sebelum gigi susunya ada yang tanggal.
  • Warak Kruron: Upacara Ngaben yang dilakukan untuk bayi – bayi yang meninggal akibat keguguran.

2. Festival Lembah Baliem, Papua

Festival Lembah Baliem diambil dari nama daerah di Papua yang bernama sama yakni lembah baliem. Lembah ini merupakan lembah indah yang ada di pegunungan Jayawijaya. Lembah ini merupakan tempat tinggal dari tiga suku asli papua yang hidup berdampingan yakni, suku Dani, suku Yali dan suku Lani.

Kegiatan ini merupakan upacara perang antar ketiga suku dalam mempertontonkan atraksi perang. Tak hanya itu, dari tiap suku juga akan memamerkan berbagai macam kesenian khas sukunya. Tiap tahun, animo turis mancanegara terhadap festival ini juga cukup tinggi. Terutama, turis-turis yang tertarik pada bidang fotografi atau yang ingin melakukan penelitian kebudayaan.

3. Festival Karapan Sapi, Madura

Festival Karapan Sapi merupakan festival tahunan yang diadakan di pulau Madura, Jawa Timur. Pada festival ini, diadakan lomba pacuan sapi yang diikuti bukan hanya dari masyarakat sekitar saja tapi juga oleh para turis yang ingin mencobanya. Trek pacuan yang digunakan untuk balapan ialah berjarak 100 meter.

Saat akan melakukan lomba, ada dua ekor sapi yang akan dipasang pada semacam kereta kayu. Kereta tersebut nantinya, akan menjadi tempat duduk joki pacuan. Festival ini diadakan pada bulan Agustus sampai bulan Oktober. Kemeriahan dari festival inipun juga turut memikat perhatian dari turis mancanegara seperti dari Australia, Jepang bahkan Tiongkok.

4. Jember Fashion Carnaval, Jember

Karnaval tahunan yang dilaksanakan setiap tahun di kota Jember ini, seringkali disamakan dengan Festival Rio yang ada di Brazil. Festival ini, memamerkan banyak sekali keragaman budaya Indonesia yang tergambarkan lewat kostum–kostum spektakuler. Desainer yang ikut pada pagelaran ini pun tidak hanya dari dalam negeri melainkan juga dari luar negeri.

Ajang karnaval ini juga telah banyak menyabet penghargaan international dalam kategori Best National Costume. Ajang Internasional yang dimaksud tersebut seperti Miss Universe, Miss Word, Miss International dan masih banyak lagi. Pemerintah Kabupaten Jember juga selalu meningkatkan target kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

5. Upacara Rambu Solo, Tana Toraja

Upacara Rambu Solo memiliki tema yang mirip dengan Upacara Ngaben di Bali. Yakni, prosesi penghantaran tubuh kerabat yang telah meninggal ke alam selanjutnya. Ritual pemakaman yang di lakukan oleh masyarakat Toraja ini, memiliki runtuntan persiapan selama berbulan-bulan. Dan selama berbulan-bulan tersebut, jenazah akan dirawat seperti orang yang masih hidup.

Hal yang menjadikan upacara ini bertambah megah adalah dengan mengorbankan hewan kerbau yang jumlahnya dapat mencapai ratusan ekor. Upacara ini juga dikenal sebagai symbol sebuah kemakmuran dan kekayaan bagi keluarga di masyarakat Tana Toraja. Pihak keluarga yang ingin melakukan hal ini harus merogoh kocek yang sangat dalam untuk mempersiapkannya.

Sekian pembahasan dari keragaman Budaya Indonesia yang ternyata juga mampu menciptakan peluang ekonomi di sektor pariwisata. Hal yang diharapkan, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Keragaman Budaya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.