Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi Di Indonesia

Kegiatan ekonomi – Tentunya setiap manusia dalam  kehidupan ini mempunyai keinginan untuk bisa memenuhi setiap kebutuhannya.  Untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut manusia tentunya tak lepas dari kegiatan ekonomi.

Dengan begitu manusia akan mendapatkan uang untuk bisa mencukupi  beragam kebutuhannya. Kegiatan ekonomi sendiri mempunyai pengertian sebuah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang maupun jasa untuk dapat memperoleh kebutuhan hidupnya.

Di Indonesia kegiatan tersebut sangatlah beragam, mulai dari perkebunan, pertanian, pertambangan, peternakan dan juga perikanan.


Kegiatan Ekonomi Di Indonesia

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan ekonomi agraris dan ekonomi non agraris. Berikut jenis kegiatan yang dilakukan di  Indonesia


A. Kegiatan Ekonomi Yang Bersifat Agraris

Ekonomi agraris yaitu kegiatan di bidang ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan alam sekitar. Berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai kegiatan  di bidang ekonomi agraris.

1. Pertanian

Pertanian adalah kegiatan produksi  yang dilakukan dengan menggunakan tanah sebagai faktor utama.   Hasil dari pertanian ini adalah bahan makanan.

2. Peternakan

Peternakan adalah kegiatan dalam rangka memelihara dan mengembangbiakkan berbagai hewan ternak untuk diambil manfaatnya.  Peternakan ini yang nantinya akan menghasilkan daging dan juga turunannya yang bisa di jual di pasaran.

3. Perkebunan

Perkebunan ialah sebuah kegiatan pembudidayaan dan penanaman dalam sebuah tempat tertentu. Kegiatan ini sebenarnya hampir sama dengan pertanian hanya saja tempat dan jenis tanamannya yang berbeda.

4. Perikanan

Perikanan adalah kegiatan dalam rangka pembudidayaan ikan.  Kegiatan ini dibedakan menjadi 2 yaitu perikanan air tawar dan  juga perikanan air laut. Indonesia ini merupakan sebuah negara kepulauan sehingga banyak sekali lautan. Hal ini yag mempengaruhi banyaknya tempat budi daya ikan di Indonesia.


B. Kegiatan Ekonomi Yang Bersifat Non Agraris

Kegiatan  yang berkaitan dengan ekonomi ini biasanya berkembang di daerah perkotaan. Berikut penjelasannya :

1. Perdagangan

Perdagangan adalah sebuah kegiatan mengenai transaksi jual beli antara konsumen dengan produsen.  Kegiatan ini menyediakan dan mendistribusikan barang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.  Perdagangan juga merupakan salah satu faktor penentu ekonomi di Indonesia.

Dalam perdagangan ini juga terbagi ke dalam beberapa kategori yaitu perdagangan besar dan juga perdagangan eceran.  Pedagang besar yaitu pedagang yang melakukan jual beli kepada perusahaan ataupun kepada eceran. Sedangkan pedagang eceran adalah kegiatan yang dilakukan dari pedagang kepada konsumen.

2. Perindustrian

Industri adalah sebuah kegiatan mengelola bahan mentah menjadikan bahan setengah jadi maupun menjadi bahan jadi yang bisa dikonsumsi dengan menggunakan fasilitas serta beberapa peralatan. Sedangkan makna dari perindustrian adalah  kegiatan yang di dalamnya berhubungan dengan proses produksi.

3. Pertambangan

Indonesia sudah sejak dahulu terkenal sangat kaya akan sumber daya alamnya sehingga di negara Indonesia sangat banyak sekali kegiatan pertambangan. pertambangan tersebut biasanya menghasilkan produk migas dan juga batu bara. Hampir setiap daerah di Indonesia ada pertambangannya.

4. Jasa

Kegiatan ekonomi non agraris yang terakhir yang akan kita bahas adalah perdagangan jasa.  Kegiatan ini memiliki pengertian sebuah kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan layanan ataupun jasa.

Semisal di bidang transportasi baik itu transportasi laut, darat maupun transportasi udara. Selain di bidang transportasi juga dapat bergerak dalam bidang pariwisata.

kegiatan ekonomiSemisal memenuhi segala kebutuhan yang berkaitan dengan wisata yang ada di Indonesia, hal ini lah yang menyebabkan bertambahnya penghasilan dalam negara.

Demikian beberapa kegiatan ekonomi yang dapat disampaikan. Tentunya dalam penulisan ini banyak hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca. Semoga bermanfaat.