Kebugaran Jasmani adalah : Tujuan, Manfaat dan Konsep di Dalamnya

Kebugaran Jasmani Adalah

Kebugaran Jasmani – Perkembangan era yang semakin maju dengan segala kesibukannya yang menuntut diri untuk terus bekerja, banyak sekali yang melupakan pentingnya kesehatan. Sehingga, berdampak bermunculan segala macam penyakit yang sebagian besar menyerang tubuh.

Maka dari itu penting sekali memelihara kesehatan, dengan memperbaiki pola hidup yang sehat. Olahraga merupakan aktivitas yang penting seperti halnya dengan menjaga kebugaran jasmani tubuh.


Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dengan kesanggupannya melakukan adaptasi atau penyesuaian yang membebankan fisik dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari tanpa mengakibatkan keletihan dan kelelahan yang berlebihan terhadap tubuh. Tubuh mempunyai banyak komponen-komponen yang berhubungan dengan metabilitas atau daya ketahanan tubuh dari serangan penyakit. Namun jika komponen-komponen tersebut tidak dijaga maka tubuh sangat rentan terhadap suatu penyakit. Sehingga menjaga kebugaran jasmani sangatlah penting.

Kesegaran jasmani yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap orang, supaya dapat melaksanakan pekerjaannya dengan optimal dan efisien tanpa mengalami keletihan dan kelelahan. Tidak menimbulkan keletihan dan kelelahan yang berarti setelah seseorang melakukan suatu aktivitasnya, masih memiliki kecukupan tenaga dan bahkan semangat untuk menikmati waktu senggangnya dan juga untuk menghadapi keperluan lain yang mendadak.

Baca Juga: pencemaran air


Sejarah Pendidikan Jasmani Yang Dilakukan Di Indonesia

Kebugaran Jasmani

Pendidikan jasmani sudah lama diterapkan di Indonesia. Pada tahun 1950 pendidikan jasmani sudah menjadi bagian penting pengetahuan tentang kesehatan jasmani, khususnya yang diterapkan di dunia pendidikan sampai sekarang. Namun pada tahun itu, pendidikan jasmani hanya wacana saja, karena pada masa itu terjadi perubahan kebijakan tentang ilmu pendidikan jasmani yang diterapkan di dunia Pendidikan. Sejak tahun 1960 an konsep pendidikan jasmani semakin membaik dan berkembang sampai sekarang.


Aktivitas Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani terdapat beberapa komponen-komponen yaitu daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan. Dengan melakukan berbagai macam latihan tersebut secara rutin dan benar, dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani. Terdapat banyak manfaat untuk tubuh yang telah dirasakan setelah melakukan latihan tersebut. Baiknya sebelum melakukan aktivitas kebugaran jasmani harus diawali dengan pemanasan.

Aktivitas Daya Tahan

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan dalam waktu yang cukup lama, tanpa mengakibatkan kelelahan setelah selesai melakukannya. Untuk dapat meningkatkan daya tahan , tubuh harus selalu rutin berolahraga seperti yang bisa dilakukan berikut ini :

  • Lari Joging. Lari Joging berbeda dengan lari cepat, hanya berlari pelan saja. Jadi yang terpenting dalam lari joging ini bukanlah jarak tempuhnya tetapi seberapa lamanya melakukan joging. Sehingga tubuh tidak terlalu kelelahan dalam melakukan latihan ini.
  • Lompat tali. Lompat tali menjadi pilihan yang tepat untuk melatih ketahan tubuh. Untuk melakukannya tidak perlu berlebihan hanya saja dengan lompatan yang lambat sudah bisa menjadi tubuh lebih segar.

Aktivitas Kekuatan

Kekuatan tubuh adalah kemampuan otot tubuh untuk mengerakkan tenaga terhadap suatu beban. Otot yang kuat merupakan unsur yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Dengan kekuatan otot yang baik seseorang akan lebih tangkas dalam bergerak dan melakukan beban fisik yang dihadapi dalam aktivitas sehari-hari. Untuk melatih kekuatan otot tubuh dapat dilatih dengan melakukan aktivitas berikut ini :

  • Push Up. Push up merupakan gerak tubuh naik dan turun dengan menekuk dan meluruskan kedua tangan didepan badan. Untuk melakukan push up idealnya harus berulang-ulang sesuai dengan kemampuan tubuh saat itu. Push up dapat dilakukan dengan bertumpu pada satu tangan lalu bergiliran satu tangan lagi, apabila rajin berlatih aktivitas kekuatan otot tubuh.
  • Pull Up. Pull up dan push up memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk melatih kekuatan otot. Perbedaannya tumpuan badan saat push up pada tangan dan kaki. Sedangkan pull up tumpuan badan hanya pada tangan saja. Untuk berlatih pull up dapat dilakukan dengan menggunakan palang tunggal, namun lebih mudah jika pull up dilakukan dengan bantuan teman. Sehingga, kekuatan otot lengan, bahu dan dada teman juga ikut berlatih.
  • Sit Up. Latihan sit up berguna untuk menguatkan otot perut. Untuk melakukan latihan ini, dilakukan dengan posisi telentang hingga posisi duduk secara bergantian. Manfaat latihan sit up bukan hanya untuk menguatkan otot perut saja. Tetapi berguna juga untuk menguatkan otot dibagian kaki.
  • Back Up. Latihan back up ini berguna untuk menguatkan otot punggung. Untuk melakukan gerakkan back up, dilakukan dari posisi telengkup dengan mengangkat punggung.

Aktivitas Kecepatan

Kecepatan merupakan suatu kemampuan organisme seseorang untuk melakukan gerakan dengan waktu yang relatif singkat agar mencapai hasil sebaik mungkin. Adapun aktivitas kecepatan terdiri menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Kecepatan reaksi. Adalah kemampuan seseorang untuk menerima umpan rintangan secepat mungkin untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya
  • Kecepatan bergerak. Adalah ketangkasan dan kecekatan seseorang untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus-putus. Kecepatan bergerak dapat dilakukan dengan lari sambil mengangkat paha.
  • Sprint. Adalah kemampuan seseorang untuk berlari cepat dengan kecepatan yang maksimal untuk mendapatkan hasil yang baik. Kecepatan sprint dapat dilakukan dengan lari cepat dengan jarak 50 meter.

Aktivitas Kelincahan Tubuh

Kelincahan adalah kemampuan dan kelincahan yang dimiliki seseorang untuk berpindah posisi dan arah dengan cepat sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi. Seseorang yang lincah didukung oleh kecepatan, kelentukan serta keseimbangan yang dimilikinya. Beberapa aktivitas kelincahan yang dapat meningkatkan kecepatan adalah sebagai berikut :

  • Lari bolak-balik (Shuttle run). Latihan ini dilakukan dengan berlari cepat untuk mencapai titik tertentu. Kemuadian dengan cepat berhenti, berbalik arah dan dengan cepat berlari kembali ke titik semula.
  • Lari berbelok-belok (zig-zag run). Latihan ini dilakukan dengan berlari cepat melewati rintangan zig-zag. Dapat dilakukan dengan melewati beberapa rintangan dengan berbelok-belok membawa bola.

Baca Juga: flora dan fauna di indonesia


Manfaat Yang Diperoleh Dari Aktivitas Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani

Setelah tubuh terbiasa melakukan latihan berbagai aktivitas jasmani, maka tubuh akan merasakan manfaat yang baik. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari akitivitas latihan tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Badan menjadi lebih sehat, sehingga melakukan pekerjaan lebih produktif.
  • Kesegaran tubuh meningkat
  • Daya tahan tubuh semakin meningkat, karena melakukan olahraga rutin dan memperbaiki pola hidup yang sehat.
  • Konsentrasi lebih baik. Sudah banyak penelitian yang teruji bahwa dengan olahraga konsentrasi otak lebih meningkat daripada orang yang jarang berolahraga.
  • Sebagai media refreshing diri. Kegiatan hiburan untuk menghilangkan kejenuhan dapat dilakukan dengan berolahraga. Dengan olahraga bersama teman-teman akan lebih mengasyikkan dan lebih semangat berolahraga.
  • Sebagai media menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Jika memperbaiki pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga dan mengatur makanan yang bergizi dan sehat. Maka daya tahan tubuh akan semakin baik, dengan begitu tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

Kebugaran jasmani bisa dikatakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Karena setiap harinya banyak aktivitas-aktivitas yang dilakukan yang membuat tubuh menjadi kurang produktif. Dari beberapa ulasan diatas dapat menjadi pilihan yang tepat dan sederhana untuk mengembalikan intensitas tubuh dengan latihan olah tubuh yang ringan namun membuat badan lebih bugar kembali.

Kebugaran Jasmani

Leave a Reply

Your email address will not be published.