Macam-Macam Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani – Setiap hari kita tidak akan lepas dengan yang namanya aktivitas. Agar kita dapat melakukan aktivitas dengan baik kita harus memiliki kesehatan yang baik pula. Baik itu kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

Untuk mendapatkan kesehatan jasmani yang baik, tentunya kita harus memiliki kebugaran jasmani yang baik pula. Kebugaran jasmani adalah ketahanan tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tanpa menimbulkan rasa lelah yang berlebihan.

Faktor yang dapat mempengaruhi kebugaran jasmani adalah membiasakan hidup sehat dan makan makanan yang bergizi. Kebugaran jasmani dapat ditingkatkan dengan berbagai macam bentuk latihan. Berikut beberapa bentuk latihan yang dapat dilakukan :

sayamausehat.com

1. Kecepatan (Speed)

Kecepatan disini berhubungan dengan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan aktivitas yang berkesinambungan. Seseorang dikatakan memiliki kecepatan yang bagus apabila sedikit waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Latihan utama yang dapat dilakukan untuk melatih kebugaran jasmani dengan kecepatan adalah melakukan olah raga lari dengan jarak sekitar 50-200 meter.

2. Kekuatan (Strength)

Jika anda ingin memiliki tubuh yang bugar, maka anda harus memiliki kekuatan yang bagus. Latihan yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan adalah push up, sit up, back up, angkat beban dan squad jump.

3. Kelenturan (Flexibility)

Latihan senam, yoga, dan renang dapat melatih kelenturan tubuh untuk menunjang kebugaran untuk jasmani yang mengandalkan kelenturan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau aktivitas sehari-hari.

 4. Daya tahan (Endurance)

Latihan kebugaran jasmani yang selanjutnya berhubungan dengan daya tahan tubuh. Untuk memperoleh daya tahan tubuh yang baik, anda bisa melakukan latihan angkat beban dengan berat yang ringan dengan set yang banyak. Berlari naik turun bukit juga dapat anda lakukan untuk melatih kebugaran jasmani anda.

5. Kelincahan (agility)

Kelincahan disini merupakan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan gerakan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lain. Latihan kebugaran jasmani yang harus anda coba adalah lari naik turun anak tangga dan lari zig-zag.

6. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah kemampuan organ dan syaraf otot dalam mengendalikan gerakan tubuh dengan benar. Contoh latihan kebugaran jasmani yang mengandalkan keseimbangan adalah berdiri dengan satu kaki jinjit, sikap lilin, berdiri dengan tangan sebagai sandaran tubuh, dan bisa juga dengan melakukan jalan diatas balok kayu dengan lebar kira-kira 10 cm.

7. Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah respon tubuh dalam menanggapi rangsangan yang berasal dari orang lain ataupun lingkungan secara tepat dan cepat. Bentuk latihan yang dapat dilakukan adalah lempar tangkap bola.

8. Daya ledak (Eksplosive Power)

Daya ledak merupakan salah satu yang masuk dalam latihan kebugaran jasmani. Daya ledak merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan semaksimal mungkin dalam waktu yang sesingkat mungkin. Latihan yang dapat dilakukan adalah latihan yang bersifat cepat, contohnya front jump, side jump, dan vertical jump.

9. Ketepatan (Accuracy)

Beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk melatih kebugaran jasmani yang berkaitan dengan ketepatan adalah melempar botol yang sudah disusun sejajar dan memasukkan bola ke dalam keranjang. Hal itu karena latihan seperti itu melatih kemampuan tubuh dalam menentukan gerakan untuk mencapai sasaran.

10. Koordinasi (Coordination)

Dalam koordinasi dituntut juga adanya konsentrasi yang tinggi dan insting yang kuat. Latihan memantulkan bola ke dinding dengan tangan kanan kemudian ditangkap kembali dengan tangan kiri atau sebaliknya.

Demikian pembahasan kami mengenai latihan kebugaran jasmani yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh guna mendapatkan jasmani yang bugar. Semoga bermanfaat.