Sifat Logam Dan Jenis Logam

11 Jenis Logam Dan Sifat Logam Beserta Contoh dan Pengertian

Jenis Logam Dan Sifat Logam dapat kita temui pada kehidupan sehari-hari, kita akan sering menemui unsur logam yang ada pada benda-benda disekitar yang sering kita lihat dalam keseharian. Salah satu contohnya adalah barang elektronik yang mempunyai unsur logam didalam dan banyak contoh lainya.

Pengertian logam berasal dari bahasa Yunani yaitu Metallon, apa itu metallon? metallon adalah sebuah unsur kimia yang siap membentuk ion kation dan memiliki sebuah ikatan logam. Bisa diibaratkan seperti kation pada awan elektron. Istilah logam seringkali digunakan untuk menyebut semua unsur yang lebih berat dari pada helium.

 

Jenis-jenis Logam

Jenis Logam yang dapat dimanfaatkan ada beberapa dapat dimanfaatkan dengan baik, baik itu yang berdiri sendiri sebagai bagian dari aloi atau campuran dari 2 buah logam maupun lebih dan zat lainnya. Aloi dibuat agar dapat membuat logam yang memiliki sifat berbeda dari sebelumnya, dan juga supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Beberapa jenis logam diantaranya sebagai berikut.

Jenis Logam Emas

Jenis Logam Dan Sifat Logam
freedomfly.tk

Unsur logam emas mempunyai struktur sifat yang lunak, dan mempunyai warna bentuk kuning terang. yang biasa digunakan untuk perhiasan dan juga alat-alat elektonik.

Jenis Logam Perak

Jenis Logam Dan Sifat Logam
pixabay.com

Logam perak merupakan suatu logam yang mudah untuk dibentuk, yang memiliki warna dasar putih abu-abu. yang mampu sebagai konduktor panas listrik yang sangat baik, logam biasanya digunakan sebagai perhiasan serta peralatan berbahan dari logam perak.

Jenis Logam Perunggu

Jenis Logam Dan Sifat Logam
indonesiantraitchinese.com

Jenis logam perunggu merupakan sebuah aloi dari tembaga serta timah, yang sudah dikenal sejak jaman kuno, aloi memiliki sifat tahan korosi dan juga mudah untuk dibentuk. Dari kebanyakan negara logam biasanya digunakan sebagai mata uang terbuat dari logam yang bernilai rendah.

Jenis Logam Tembaga

Jenis Logam Dan Sifat Logam
pixabay.com

Logam tembaga merupakan logam yang mudah untuk dibentuk, memiliki warna putih keperakan. Jenis logam yang baik digunakan untuk membuat kawat listrik adalah tembaga salah satunya, biasa digunakan sebagai tangki air panas, kebel listrik, serta aloi kuningan dan juga kupronikel.

Jenis Logam Kuningan

Jenis Logam Dan Sifat Logam
tokopedia.com

Kuningan merupakan aloi, campuran dari tembaga dan juga seng , dalam pemanfaatan kuningan sangat banyak digunakan olehh masyarakat. seperti barang-barang hiasan, sekrup, paku-paku kecil serta alat-alat musik, yang menggunakan tembaga sebagai komponennya.

Jenis Logam Besi

Jenis Logam Dan Sifat Logam
pixabay.com

Besi merupakan logam yang dihasilkan dari peleburan biji hematit di dalam tanur sembur. yang biasa digunakan di tempat bangunan dan juga pada bidang teknik digunakan sebagai pembuatan aloi baja.

Jenis Logam Aluminium

Jenis Logam Dan Sifat Logam
satujam.com

Aluminium merupakan logam yang mempunyai sifat logam sangat ringan dan termasuk logan tahan korosi, alumunium terbuat dari bijinya, bauskit dengan proses elektrolisis. Aluminium bisanya diguanakan pada kabel-kabel listrik lintas udara pesawat terbang, mobil, kapal dan juga kaleng aluminium.

Jenis Logam Timah

Jenis Logam Dan Sifat Logam
pixabay.com

Timah merumpakan logam lunak, seta mudah untuk dibentuk yang mempunyai warna putih keperakan . Logam tersebut digunakan sebagai menyapuh baja, guna menghentikan korosi pada aloi perunggu, timah terbuat dari logam campuran timah dan timbal juga, dan biasa digunakan untuk solder.

 

Sifat Logam

Sifat logam mempunyai sifat-sifat istimewa yang menjadi dasar dalam penggunanya, kuat kecuali raksa, dapat ditempa dan dapat direnggangkan. Konduktor listrik yang baik dan penghantar panas yang baik bila bagian tertentu dipanaskan,

Mengkilap jika digosok atau terkena cahaya, pada suhu kamar berwujud padat kecuali raksa dan memiliki karapan relatif tinggi dan sifat-sifat logam sangat banyak sekali tentunya. dan yang harus anda tahu juga ada beberapa jenis logam diantaranya adalah.

Sifat logam dikaitkan dengan ke elektro negatif, yaitu cenderung melepaskan elektron yang membentuk ion positif. Sehingga sifat logam tergantung pada energi ionisasi. Ditinjau kembali berupa konfigurasi elektron, terhadap unsur- unsur logam cenderung melepaskan elektron, sedangkan unsur-unsur non logam cenderung menangkap elektron.

Sesuai dengan kecenderungan energi ionisasi dan keelektronegatifan, maka sifat logam-nonlogam dalam periodik unsur adalah:

  1. Dari atas ke bawah dalam satu golongan, sifat logam bertambah, sedangkan sifat nonlogam berkurang.
  2. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, sifat logam berkurang, sedangkan sifat nonlogam bertambah.

Sifat-sifat Logam

Sifat Logam Dan Jenis Logam
pixabay.com

Sifat-sifat Logam mempunyai beberapa sifat istimewa yang menjadi sifat dasar dalam penggunaanya. Sifat logam dapat dirangkum sebagai berikut:

1. Kuat Kecuali Raksa

Kekerasan dan kekuatan logam dapat ditingkatkan dengan cara mencampur logam satu dengan logam yang lainya, atau bisa juga dengan nonlogam yang bisa disebut dengan aliase. Misalnya seperti aliase aluminium dengan magnesium yang dimanfaatkan sebagai bahan konsturksi jembatan, bangunan dan digunakan pada kendaraan bermotor.

2. Dapat Ditempa dan Dapat Direnggangkan

Tergantuk kepada lapisan-lapisam atom menggelincir terhadap lapisan atom yang lainya, terdapat pada kristal logam. Semakin simetris pada susunan atom suatu logam, akan semakin mudah untuk ditempa dan direnggangkan.

3. Konduktor Listrik yang Baik

Elektrolit valensi yang bergerak akan memudahkan muatan negatif yang berasal dari luar akan mendorong lautan electron. Sehingga akan menyebabkan listrik dapat mengalir pada logam. Sifat ini yang mendasari oleh para pengguna logam menggunakanya sebagai kabel listrik.

4. Penghantar Panas yang Baik bila Bagian Tertentu di Panaskan
Elektron-elektron pada logam akan mnerima sejumlah energi kinetiknya bertambah, sehingga mengakibatkan bertambah dan gerakanya semakin lama semakin cepat. Elektron yang bergerak cepat akan menyerahkan sebagian enrgi elektron kepada elekteon lainya, sehingga bagian logam yang lainya menghasilkan panas.
5. Mengkilap Jika Digosok Atau Terkena Cahaya

Kilap logam terjadi dikarenakan permukaan pada logam dapat memantulkan semua cahaya, elektron-elektron bebas pada logam akan naik kepada tingkat energi yang lebih tinggi. kemudian memancarkan kembali semua energi cahaya yang telah diserapnuya pada saat kembali ketingkan awal.

 

Sifat Non Logam

Sifat non Logam Dan Jenis non Logam
pixabay.com
  • Penghantar panas yang buruk.
  • Tidak dapat ditempa atau digembleng.
  • Tidak dapat direntang atau ditarik.
  • Pada sebuah suhu kamar ada yang berwujud padat, cair, dan gas.
  • Pada umumnya tidak mengilat kecuali karbon dalam bentuk intan.
  • Sifatnya penghantar listrik yang buruk kecuali karbon dalam bentuk grafit.

Itulah beberapa ulasan mengenai jenis logam dan sifat logam beserta contoh dan pengertiannya, sebenarnya semua jenis logam. Sering kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan kita, bisa secara sadar maupun tidak sadar pasti kita sering menemuinya. Demikian semoga bermanfaat yang dapat saya sampaikan tentang jenis logam dan sifat logam, terimakasih.

 

 

Tinggalkan komentar